The Light of Aceh, Potensi Wisata di Titik O Km Indonesia


Kalo kamu termasuk tipe orang yang luar negeri minded dalam hal travelling, sekarang juga kamu harus mulai eksplor lagi destinasi wisata di Indonesia. Karena Indonesia itu memiliki potensi pariwisata yang sangat kaya dan nggak kalah dibandingkan objek wisata di luar negeri. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden kita untuk fokus mengembangkan 5 destinasi wisata yaitu Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika dan Manado.
 


Saat ini, Pemerintah Provinsi Aceh pun mulai mengembangkan sektor wisata sebagai fokus agenda kerjanya. "Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh mengidentifikasi, setidaknya ada 797 objek wisata serta 774 situs dan cagar budaya yang tersebar di 23 Kabupaten/kota di seluruh Aceh," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT saat membuka kegiatan Forum Silaturahmi Aceh Meusapat II, di aula kantor Badan Penghubung Pemerintah Aceh, Jakarta Pusat, Sabtu, 21 Desember 2019.

Menurut Nova, berbagai destinasi wisata di Aceh dapat dikunjungi lewat jalur darat, laut dan udara. Kini tersedia pula penerbangan internasional ke Aceh dari Penang, Kuala Lumpur dan juga Jeddah. Bahkan sekarang sedang dalam tahap pembahasan mengenai jalur penerbangan baru dari Aceh ke India (Port Blair), serta rute Sabang–Phuket– Langkawi. Terpilihnya Aceh sebagai “World’s Best Halal Cultural Destination” membuat Pemerintah Provinsi Aceh untuk meraih Peringkat terbaik pada Global Muslim Travel Index (GMTI) 2020.

Baca Juga: Tips Travelling Aman 

Dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran surat Ar-Rum ayat 6 – 9, acara Forum Silaturahmi Aceh Meusapat ini menghadirkan beberapa narasumber. Karena Pemerintah Aceh sadar akan penting kolaborasi untuk menyukseskan pariwisata di Aceh. Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ibu Yuana R. Astuti, S.E., M.Si., siap memberikan dukungannya untuk Pemerintah Aceh dengan berbagai programnya. Dukungan berbasis teknologi pun siap dihadirkan menurut Key Account Manager Traveloka, Dicky Andriansyah.

Bahkan Pemerintah Aceh pun mau belajar dari kesuksesan Pemerintah Banyuwangi yang mendapatkan penghargaan dari Badan Pariwisata PBB. Kolaborasi pun siap diadakan dengan Ketua Pengelola Desa Wisata, Doto Yogantoro untuk menciptakan desa-desa wisata baru di Aceh.

The Light of Aceh, 7 Destinasi Wisata di Aceh

1.      Masjid Baiturrahman

Masjid yang dibangun semasa pemerintahan Sultan Iskandar Muda pada tahun 1606-1636 ini awalnya ditujukan sebagai pusat penyebaran agama Islam di Indonesia. Gaya arsitekturnya banyak berkiblat pada gaya Kesultanan Turki Ustamani. Kapasitas masjid yang termasuk dalam 100 masjid terindah di dunia dapat menampung sekitar 1900 jamaah.

2.      Pulau Rubiah

Pulau ini berada di sebelah barat laut dari pulau Weh dengan luas sekitar 26 hektar. Pesona keindahan biota laut pulau Rubiah menjadi surge tersendiri bagi para penyelam. Tidak hanya menarik wisatawan domestic, eksotisnya Pulau Rubiah pun menarik minat wisatawan mancanegara.

3.      Museum Tsunami

Museum ini merupakan monument simbolis untuk mengenang tragedy tsunami Aceh pada tahun 2004 yang lalu. Museum Tsunami dijadikan pusat penelitian bencana dan bias dijadikan pusat perlindungan darurat andaikata terjadi tsunami lagi. Menariknya, pengunjung akan melewati lorong-lorong sempit untuk menghadirkan suasana dan kepanikan saat tsunami.

4.      Sabang (Pulau Weh)

Sabang terkenal dengan keindahan pantai-pantainya yang masih alami. Spot menarik di kota Sabang adalah tugu kilometer nol yang menandakan titik awal wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pantai Anoi Hitam memiliki daya Tarik tersendiri karena pasirnya yang berwarna hitam dan kemungkinan berasal dari gunung api yang masih aktif di Pulau Weh.

5.      Pulau Breueuh

Pulau ini memiliki pesona bawah laut yang digadang-gadang tak kalah dengan Raja Ampat. Letaknya cukup terpencil, cocok untuk kamu yang memang ingin menikmati damainya suasana disana. Tapi, perjalanan menuju pulau terpencil ini seolah terbayar lunas dengan keindahan pemandangan alamnya yang sangat indah.

6.      Pulau Tailana

Pulau ini surganya para penggila nuansa tropis. Pasir putih dan perairannya yang jernih menjadikan Pulau Tailana destinasi favorit para turis untuk aktifitas snorkelling. Pulau ini merupakan satu diantara 70 pulau-pulau kecil di gugusan Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

7.      Pantai Lampuuk

Pantai ini merupakan destinasi andalan Aceh. Deretan pohon pinus yang rimbun membuat Kawasan wisata pantai Lampuuk menjadi sejuk. Kamu yang suka berselancar, di pantai ini kamu bisa melakukan hobi kamu loh dengan ombak-ombak yang besar.
Pemprov Aceh pun menegaskan bahwa syariat Islam tidak akan menjadi hambatan dalam pengembangan pariwisata di Aceh. Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan selama ini tidak ada benturan antara penerapan syariat Islam dengan pariwisata Aceh. Wisatawan mancanegara yang datang ke Aceh dan diharuskan berpakaian sesuai syariat sejauh ini tidak mengalami kendala.

Yuk kita dukung potensi wisata Aceh yang akan segera bersinar mulai tahun depan. Karena masih banyak lagi potensi wisata di Aceh yang bisa kita eksplor. Nah, kalo kamu penasaran sama destinasi wisata yang mana di Aceh?





69 comments :

  1. Saya penasaran sama Kota Sigli. Soalnya ada mantan di sana. Hahaha ...
    Bohong deh. Dulu waktu saya masih kerja di luar negeri saya suka chat dan korespondensi sama Bang Aldi. Dari beliau banyak tahu soal Aceh yang saat itu masih ada konflik GAM. Sekarang pariwisata Aceh terus dikembangkan, ingin banget ke sana. Ajak Mbak Alaika Abdullah bikin open trip ke Aceh nih kayanya biar kesampaian ke sana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak, cuss buka open trip tapi nabung dulu yaaa aku nih :)

      Delete
  2. Pengen ke Kilometer 0 mbaak, sama ke Masjid Baiturrahman. Semoga ada bujet liburan tahun depan ke Aceh 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mari mba, aku juga penasaran banget pengen eksplor ke Aceh nih

      Delete
  3. Oh may...indah sekali Aceh...
    Kalau ditempuh lewat darat butuh berapa lama dari Bali, ya?
    Ada kan dulu kawan blogger c=juga yang 30hari melakukan perjalanan sampai ke ACEH.
    Dia bukukan juga kalau tidak salah perjalanannya tersebut.

    Titik Okm sepertinya menjadi promadona ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari Bali kayanya sih perlu waktu yang lumayan ya mba kalo lewat jalur darat. Tapi seru bisa sekalian trip panjang tur de java dan sumatra.

      Delete
  4. Aceh.. MasyaAllah sudah sekali ke sini, keliling dari masjid Baiturahman, pantai Lampuuk, dan lainnya. tapi masih sangat kurang. masih banyak tempat wisata yang belum didatangi terutama Sabang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus ya mba pantai Lampuuk? Pengen kesana dehhhh

      Delete
  5. Saleum, saya pun orang Aceh karena KTP saya Aceh. Aceh emang kaya budaya dan alamnya kerennnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalo aku ke Aceh, kita kopdar ya kak. Penasaran banget saya sama pesona pantai-pantainya.

      Delete
  6. Duh keren banget ya Aceh
    Nabung ah, supaya bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mbak kita nabung untuk eksplor wisata Aceh

      Delete
  7. emang keren2 ya wisata di Aceh, semoga satu saat bisa datang ke Aceh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, terutama pantainya yang bikin aku penasaran.

      Delete
  8. Masih harus lebih nyari detail tentang Aceh. Soalnya byk berita negatif, seperti hukum syariat yg sangat ketat, membuat wisatawan agak2 parno ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu hanya perspektif media mba. Percayalah, coba datang sekali ke Aceh dan lihat bagaimana suasananya. Pasti yang nggak seperti diberitakan media, atau nanti bisa aku bawa jalan2 keliling Aceh Mba.
      Salam kenal, saya dari Aceh 😊

      Delete
    2. Nah, ada yang asli dari Aceh nih bisa bantu counter stigma-stigma negatifnya ya mba.

      Delete
  9. Alhamdulillah, udah pergi ke semua tempat ini kecuali pulau Tailana. Insyaallah, next time akan pergi menjelajah ke sana serta beberapa pulau lainnya di Pulau Banyak.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ditunggu mba review dong yaa di blognya nanti aku meluncur deh.

      Delete
  10. Sebagai blogger yang tidak suka travelling, saya bersyukur sekali membaca artikel ini.. Makasih ya mba, sangat menambah wawasan saya.. InsyaAllah jika ada kesempatan berkunjung ke Aceh bisa kesampaian berkunjung ke tempat2 indah di Aceh, khususnya masjid Baiturrahman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo postinganku bermanfaat mbak :)

      Delete
  11. Selain masjid Baiturrahman, Aceh punya banyak potensi wisata y..

    Sebagian besar berupa wisata pantai ya mba

    Jadi pengen foto di titik 0 kilometer Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya memang penasarannya sama area pantainya, tapi banyak kok mba destinasi wisata historikal kaya rumah Cut Nyak Dien dan beberapa museum.

      Delete
  12. Wah, banyak destinasi wisata Aceh yang baru aku tahu setelah baca postingan ini..banyak pulau-pulau yang namanya cukup unik..semoga aku nanti bisa ke Aceh juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo postinganku bermanfaat infonya. Yuk mbak kita jalan-jalan :)

      Delete
  13. cantik bangeet pantai dan pulaunya yaah... lautnya juga cantiikk... ada banyak potensi wisata di Aceh yang harus wajib dieksplor nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba, aku juga jatuh hati pas liat foto-foto pantainya. wajib nabung sih buat eksplor ke sana.

      Delete
  14. Sebenarnya aku sangat ingin bisa menjelajah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Tapi memang beneran lho terbentur oleh urusan transportasi yang mahal. Bener kan, bener kan? Rasanya pendapat ini bakal diiyakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Semoga saja, langkah yang dikembangkan Pemerintah Provinsi DI Aceh bisa terlaksana maksimal. Ah, pulau dan pantai-pantai di sana kelihatannya menggoda banget, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa banget, ini peernya pemerintah pusat juga nih untuk menekan biaya transportasi biar wisata nusantara kita juga makin maju. masa iya, lebih murah ke luar negeri dibanding negeri sendiri kan?

      Delete
  15. Banyak sekali destinasi wisata Aceh yg mesti di eksplorasi, pantai, laut dan pulau cantik semua, kapan ya ... Aku ke Aceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo Bu, saya juga pengen kesana. Nabung dulu kita :)

      Delete
  16. Sudah lama saya ingin ke Aceh, yang katanya Serambi Mekkah. Disana ternyata banyak sekali destinasi wisatanya ya mbak, ah semua destinasi wisatanya cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, yuk maari kita cuss lah eksplor wisata di negeri kita tercinta

      Delete
  17. Benar sekali, Mbak Shyntako. Indonesia itu sangat indah dan penuh pesona. wisatanya lengkap dari Sabang sampai Merauke. Makanya turis manca negara saja happy wisata ke Indonesia. Makanya perlu dipromosikan terus dan ditingkatkan pariwisata Indonesia.

    Dan Aceh salah satunya. Saya jujur ingin sekali ke Aceh karena banyak sekali wisata memikat. Baca postingan Mbak ini, saya sudah ada gambaran apa saja wisata-wisata yang akan saya datangi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, makasih banyak Pak sudah mampir di blog saya. Iya mba, saya aja kemarin pas liat pemaparan dari pemerintah Aceh tentang potensi wisatanya jadi pengen banget kesana.

      Delete
  18. MasyaAllah itu pantai lampuuk bagus bangettt.. penasaran juga dengan museum tsunami. Semoga industri pariwisata Aceh semakin berkembang yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aku penasaran pengen snorkeling katanya bagus banget viewnya.

      Delete
  19. Kakaaaak, engkau membuatku kangen kampung! Hiks... apa daya, tiketnya mahal amat! Harus dari KL deh ini. Hihi.
    Btw, ku merasakan semangat membara membaca postinganmu ini, loh! Jadi pengen segera bikin open trip, untuk bawa teman-teman dari luar Aceh main ke sana. Mengunjungi daerah-daerah cantik nan eksotis di sana. Aih, kurindu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aw, thanks kak. Aku kalo udah bahas pantai semangat 45 memang kak. Suka banget sama suasana pantai. Yuuuuk, bikin open trip kak, biar ak nabung dulu nih.

      Delete
  20. Wow.. selamat Aceh atas terpilihnya sebagai World’s Best Halal Cultural Destination ❤️ You deserve it 😊 semoga suatu saat aku bisa mengunjungi Aceh, selalu ingin pergi kesana dan menikmati berbagai destinasi wisata Aceh 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, memang wisata di Indonesia itu nggak kalah kok sama objek wisata di luar negeri. Wajib banget kita eksplor.

      Delete
  21. Saya tuh suka jalan-jalan tapi jarang jalan-jalan. Jadi baca-baca kek gini lumayan mengobati keingintahuan tentang semua hal di luar sana yang tak b8sa saya kunjungi langsung. Thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak, diluangkan waktu dan nabung biar bisa eksplor destinasi wisata keren di Indonesia kita tercinta.

      Delete
  22. Selamat ya ... Aceh terpilih sebagai World's Best halal cultural Destination. Jadi pengen ke Aceh, terus terang aku belum pernah ke Aceh, pengen banget ...

    ReplyDelete
  23. Aceh salah satu destinasi wisata yang ingin kukunjungi, penasaran sama museum Tsunaminya dan masjid yang selamat ketika diterjang tsunami itu.
    Huhuhu ya dan mungkin malah lbh ramah kantong kalau ke Aceh via negeri sebelah kalau pakai jalur udara. Ngarepnya bisa lewat ibukota dan ramah kantong aamiin #optimis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih peer pemerintah pusat untuk benahin harga tiket pesawat ya, masa lebih murah lewat negara sebelah kan.

      Delete
  24. Wow, 797 wisata dan 774 cagar budaya. Ini keren banget mbak. Andai ramah kantong buat pergi ke sana. Pasti aku udah happy banget. Yg bikin heran cagar budayanya banyak banget

    ReplyDelete
  25. Iya mba, Indonesia itu kaya akan pariwisata tapi sayangnya masih belum optimal digarapnya. Semoga juga tahun-tahun ke depan dari tiket pesawat bisa lebih ramah kantong juga ya mbak.

    ReplyDelete
  26. Wah,, saya yg orang Medan br 2x ke Aceh n pingin lagii... Yg belum itu ke Sabang sm Nol Kilometer. Pingin snorkeling bareng keluarga tp kok msh punya anak batita kan blm bs ikutan snorkeling semuanya. Insyaallah kl si kecil gedean dikit, ke sana lg deh The Light of Aceh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, akupun penasaran pengen snorkeling di Aceh, liat fotonya bagus-bagus banget

      Delete
  27. Aceh menjadi salah satu destinasi wisata impian. Apalagi baca keterangan tempat wisata kayak pantai Rubiah, juga museum Tsunami, semoga tahun depan bisa berkunjung ke Aceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin semoga ya mba bisa berkunjung keliling Indonesia yang alamnya bagus banget

      Delete
  28. Haduduh smakin pingin ke Aceh setelah baca artikel ini. Andai saja punya waktu cuti lebih panjang, dan ada subsidi buat liburan hahaha aku pasti segera kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada waktu dan rejekinya ya mba kita berkunjung ke Aceh

      Delete
  29. wow...destinasi wisatanya sudah banyak ya. pengen lagi ke sana. terakhir 2011. Semoga 2020 bisa main kesana ya...kangen aku tuh sama Aceh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaamin kak, saya aja belum pernah kesana. Penasaran sama pantai-pantainya.

      Delete
  30. Impian banget nih bisa travelling ke Aceh kak, apalagi menikmati pantai Lampuuk yg masya Allah indah bangettt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, yuk kita nabung, semoga tahun 2020 ini tiket pesawat domestik jauh lebih murah yaa biar wisata dalam negeri kita juga makin maju

      Delete
  31. salah satu kota impian aku nih Aceh. Apalagi titik 0 km nya.
    Apalagi disana juga banyak potensi budaya yg seru buat di explore

    PS
    Peluk dari jauh
    lilpjourney(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, penasaran banget pengen snorkeling akutu bagus-bagus dari fotonya

      Delete
  32. wah, pengen banget aku ke aceh.. Pantainya indah2

    ReplyDelete
  33. Ya Alloh foto mbak di Pantai Lampuuk cantiik banget. Btw selain titik 0 km rasanya pingin berkunjung ke pantai2 lain di Aceh. Bismillah bs keturutan.

    ReplyDelete
  34. Dari dulu aku kepingin banget ke Aceh ajak anak2ku liburan, semoga ada kesempatan dan rezekinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin kak, akupun pengen kesana bareng anakku dan ortuku

      Delete
  35. Masya Allah pantainya masih bersih banget ya pemandangannya juga bagus, semoga bisa kesana juga sama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama, aku pengen bisa berkunjung ke Aceh. Semoga ya bisa kesana suatu hari nanti Mel

      Delete
  36. Iya mba, ternyata pantainya indah kaya di Bali. Indonesia emang kaya ya sama pesona alamnya

    ReplyDelete
  37. Pernah 8 tahun tinggal di Banda Aceh, dan sebelumnya beberapa bulan di Lhokseumawe., membuat Aceh tidak akan lekang dari ingatan saya. Karena masa kecil anak-anak memang dihabiskan di Banda Aceh.

    Pernah kemping juga di Pulau Rubiah.
    Pantai Lampuuk itu jadi semacan tempat kami sekeluarga ber weekend ..
    dan pantai-pantai lainnya.

    ReplyDelete
  38. Sudah ke Aceh cuman rasanya kayak kurang lengkap ya kalau belum main kesini, hmmm

    ReplyDelete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates