Tips Travelling Aman: Jangan Asal Colok Chargeran!

by - November 27, 2019

tips travelling
sumber gambar: pexels.com
Setiap orang di dunia ini pasti pernah travelling, entah untuk liburan atau urusan pekerjaan. Di era teknologi 4.0, kita hampir nggak bisa lepas dari yang namanya gadget. Jadi, nggak heran kalo produk powerbank atau jasa sewa powerbank sekarang ini laku keras. Untuk menunjang kenyamanan, berbagai tempat umum seperti bandara, stasiun kereta api dan tempat perbelanjaan menyediakan charging corner booth gratis. Tapi, tahukah kamu bahwa mencolok gadgetmu di sembarang charging booth bisa berakibat fatal?
Menurut Caleb Barlow, Wakil Presiden Intelegensi Ancaman X-Force IBM, para pengguna gadget yang sedang travelling sangat rentan terhadap cyber crime. Terkadang, saat menunggu waktu boarding dan batre handphone lemah kita mencari charging booth gratis. Dan umumnya, di jaman serba praktis ini kita cukup mecolokkan kabel usb untuk mengisi daya gadget. Disitulah, para pelaku cyber crime melihat peluang untuk mengambil keuntungan saat kita lengah. Mereka melakukan modifikasi pada lubang kabel usb dengan memasang perangkat lunak khusus untuk melakukan pencurian data pribadi kita.
Kita seringkali tidak menyadari bahwa cyber crime makin hari pun makin canggih. Sekali kita lengah, kita nggak pernah tahu trik apa yang dilakukan para pelaku cyber crime ini. Begitu gadget kita terhubung dengan kabel usb di charging corner yang tidak aman berbagai data pribadi seperti email, alamat rumah, kontak, foto dan bahkan data perbankan bisa langsung berpindah tangan. Teknologi ini dikenal dengan nama juice jacking. Serem banget ya!
Faktanya, fasilitas transportasi menjadi target prioritas kedua para pelaku cyber crime setelah lembaga keuangan. Bahkan mereka memiliki teknologi yang bisa merekam aktifitas yang kita lakukan di gadget kita dari mulai pesan yang kita ketik dan apa yang sedang kita cari di mesin pencarian seperti Google. Satu lagi trik yang biasa mereka gunakan adalah memasang kabel USB yang sudah mereka modifikasi dan sengaja mereka tinggalkan di fasilitas charging booth. Caleb Barlow mengibaratkan kabel USB tersebut layaknya kita menemukan sikat gigi di jalan dan kita nggak tahu siapa saja yang sudah memakainya dan digunakan untuk apa.

Tips Travelling Aman Bebas Cyber Crime  

Para produsen gadget Android dan Apple melakukan berbagai antisipasi dengan mengembangkan berbagai perangkat keamanan tambahan untuk mengantisipasi ancaman cyber crime ini. Pastikan kamu juga lebih waspada walaupun gadgetmu memiliki perangkat keamanan yang meminta persetujuanmu saat akan tersambung ke perangkat eskternal. Yuk simak tips travelling aman agar terhindar dari cyber crime.

Hindari mengunggah foto paspor dan tiket perjalananmu

Tentunya, kita seringkali melihat banyak sekali teman bahkan keluarga kita yang mengunggah foto tiket pesawat beserta paspor saat akan travelling. Rasanya seperti kurang afdhol ya kalo nggak ikut tren kekinian ini. Tapi, tahu nggak sih kalo ini adalah awal dari sebuah masalah besar. Para pelaku cyber dapat dengan mudah mengakses data paspor, email dan nomor program loyalitasmu. Mereka bisa saja membatalkan tiket perjalananmu dan acara travellingmu dijamin berantakan. 

Hindari melakukan pengisian batre di charger booth umum

Jika batre gadgetmu lemah, gunakanlah kabel charger dan colokkan di terminal listrik biasa dan bukan memakai kabel USB. Trik lainnya, jika terpaksa harus melakukan pengisian daya dengan USB, colokkan kabel ke power bank dan gunakan kabel USB lain untuk mengisi daya batremu ke power bank.

Gunakan perangkat keamanan tambahan

Sekarang ini banyak tersedia kabel USB khusus untuk mengisi batre gadgetmu dan memiliki fitur pengaman untuk mencegah pertukaran data selama pengisian daya. Atau, kamu juga bisa mengikuti trik pengamanan ala Gedung Putih dengan menggunakan perangkat khusus penangkal juice jacking dengan budget dibawah 500 ribuan.

Pastikan selalu mengupdate sistem operasi gadgetmu

Terkadang, kita seringkali mengabaikan dan menunda untuk mengunduh sistem operasi terbaru untuk gadget kita. Padahal, itu bisa membantu meningkatkan sistem pengamanan gadget kita dari berbagai malware, virus dan ancaman cyber crime. Jadwalkan selalu mengubah juga sandi berbagai akun kita termasuk akun perbankan setiap 6 bulan sekali. Hindari menggunakan kombinasi nama, tanggal lahir, alamat dan nomor paspormu sebagai kata sandi akunmu.
Well, teknologi seharusnya sih digunakan untuk memudahkan hidup kita ya. Miris sih, melihat perkembangan cyber crime yang makin hari makin memprihatinkan. Yang bisa kita lakukan sekarang hanya bersikap lebih waspada dan melakukan antisipasi terutama ketika travelling. Travelling biasanya merupakan sebuah pelarian sejenak dari rutinitas yang memang terkadang membuat kita lengah. Happy travelling guys, dan selalu waspada ya. Jadi, next travelling kalian mau kemana nih?

You May Also Like

78 Comments

  1. Makasih infonya�� bermanfaat banget apalagi dengan tekhnologi yg semakin maju banyak banget yg usil juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, senangnya bisa berbagi info yang bermanfaat

      Delete
  2. Betul. Saya biasanya kalau di bandara, ngecharge tetap pakai powerbank, kemudian powerbank yang habis baru dicolok ke USB di charging station. kalau HP, tetap dichargenya pake yg colokan listrik AC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, betul banget mas, colokan charger biasa emang paling aman.

      Delete
  3. betul juga, kita harus berhati-hati dengan gadget kita, jangan asal sambung dengan peralatan apapun yang belum kita kenal. lebih aman kalau pakai power bank. sebab sekarang ada banyak cara untuk mencuri data... tetap waspada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, abis ini yang jualan powerbank makin laku nih :D

      Delete
  4. Waduh, saya tidak pernah berpikir bahaya traveling oleh Cyber Crime begitu. Selama ini lebih khawatir saya uang jajan dan ketersediaan batrei gawai. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, kalo kena cyber crime lebih serem mas, boro-boro khawatir uang jajan gak cukup kalo sampe kebobol. Amit-amit yaa :(

      Delete
  5. Wah makasih infonya ya kak makin canggih teknologi penjahatnya makin canggih jg ya kak harus selalu waspada

    ReplyDelete
  6. Wah saya baru tahu kalau ngecharge sembarangan bisa bahaya juga ya. Thankyou infonya. Semoga kita terhinder dari cyber crime. Ngeri juga kalau sampai data kita dibobol, apalagi kalau ada m-bankingnya >,<"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling ditakutkan ya itu mba, data-data keuangan kita :(

      Delete
  7. Yap bener, banyak juga temen yang suka upload foto passport nya, mau ditegur takut dikira iri, haha
    padahal demi keamanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dia nih suka dilema ya, mau ngasi tau dikira kita kepo or iri. padahal niat kita baik.

      Delete
  8. saya berpikir jika ada penjahat cyber crime hanya ingin mengambil data kita lewat lembaga keuangan dan kesehatan, namun sekarang dan bahkan jika ngecas sembarangan pun akan bisa di rekam oleh cyber crime waduhh ngeri banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. parah sih kak, jaman now penjahat juga makin canggih. serem.

      Delete
  9. wah bener banget nih, biasanya sih aku sebelum kemana-mana pasti isi daya baterai sampai 100% dan bijak dalam pemakaian hp :D

    ReplyDelete
  10. Bener banget, maka dari itu kalo mau traveling harus menyiapkan perlengkapan yang maksimal, salah satunya ya harus sedia powerbank agar bisa charge handphone lebih aman.

    ReplyDelete
  11. iya, beberapa tahun lalu isu ini sempat marak, karena stop kontak jaman sekarang bisa dimodif membaca data2 yg ada di hp. Hmm.. bisa gitu ya? Percaya aja sih kalau di negara maju.

    Perlu bawa powrbank saat travelling, tapi jangan lebih dari yang ditentukan. Soalnya sering banget ngelihat powerbanknya orang-orang kena sita di bandara, mana itu merknya bagus dan mahal pula. kan sayang ya...

    Salam,
    Brillianty

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, asalkan nggak menyalahi aturan sih, daripada disita kan kesel juga yaa udah beli mahal-mahal itu powerbank

      Delete
  12. Ini catatan penting bagi saya juga, bahwa kriminalitas ada di mana-mana dan kian canggih caranya. Tak menyangka bahwa kejahatan hackung yang biasa saya tonton di drakor atau film tentang mata-mata kian canggih saja praktiknya.
    Jadi pengen beli cadang daya (power bank) untuk bekal jika bepergian.
    Soalnya belum tentu setiap tempat yang kita kunjungi aman. Di dalam KRD Cicalengka-Bandung adanya terminal untuk colokkan charger ponsel kita, tetapu di bandara ternyata beda cara. Harus waspada juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, sekarang penjahat makin canggih, harus lebih hati2. Dan memang better charge di powerbank deh.

      Delete
  13. Saya senang bisa membaca artikel informatif ini. Saya juga baru tahu istilah juice jacking ini. Serem ya. Sayangnya saya pernah beberapa kali menggunakan fasilitas ini di lounge bandara dan lounge rumah sakit. Next time harus lebih berhati-hati. Poin update sistem operasi gadget bener banget tuh, saya pribadi suka menunda-nunda. ya ampun, harus rajin dari sekarang. Hehehe. Makasih yaaa sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, rajin-rajin update krn di updatean itu sk ada tambahan untuk secure gadget kita

      Delete
  14. Wah bermanfaat banget nih sharingnya. Terus terang saya kok baru kepikiran ya kalau kita pakai charger booth umum yg dari kabel USB itu bisa mengancam data kita. Bener nih, nggak boleh asal colok mentang2 dapet colokan gratisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, karena namnya pelaku cyber crime kan paham banget teknologi tuh bisa dimodif macem serem deh

      Delete
  15. Next travelling ke rumah calon mertua kak hehehe. Ya ampun aku juga enggak sadar kalau pakai colokan di charging booth itu bisa menyebabkan peretasan data-data dalam handphonenya karena bisa saja si USB nya udah disetting sama pelaku kejahatan. Sumpah enggak kepikiran sampai situ. Ngeri juga juice jacking ini. Makasiu tipsnya,aku kebetulan belum pernah nyobain charging booth. Karena biasanya bawa powerbank sendiri, sewa powerbank atau kadang-kadang charging di kereta. Mudah-mudahan di kereta mah aman. *semoga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga berhasil ya kak ke rumah camer langsung menuju pelaminan :)

      Delete
  16. Powerbank emang penyelamat para traveller. Saya pun kini selalu bawa powerbank demi perbanyak dapat konten heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, power bank penyelamat traveller dan blogger ya memang

      Delete
  17. Saya pernah punya pengalaman buruk terkait ngecas HP di charger booth umum. Tetiba smartphone gak mau dihidupkan alias ngehang, huhuu... kapok dek sembarangan colok. TFS ya Shyntako

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, namanya charging corner itu instalasinya biasanya simpel banget, terkadang kita kan g tahu daya listriknya bisa aja g sesuai sm kabel chargeran kita jadilah kejadian kaya gitu hape ngehang

      Delete
  18. setuju nih, pakai usb khusus biar klo colok2 lebih aman



    tapi klo untuk jarak jauh biasa aku tetep bawa powerbank yg gede, 2 biji wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia solusinya bawa powerbank yang kapasitasnya gede dan gak cukup satu ya ternyata

      Delete
  19. Serem ya ternyata. Bisa saja orang jahat tu ambil peluang. Memang penting banget ini, waspada. Mksh ya infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, orang jahat makin ajaib aja caranya sekarang ya

      Delete
  20. Wah ternyata ada juga ya yang seperti ini, baru tahu.

    Selama ini baru tahunya kalo menggunakan fasilitas WiFi atau internet gratis yang bisa kena hack.

    Harus tetap waspada dimana pun kita berada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa soalnya kan kita masuk ke jaringan mereka dan otomatis mereka masuk kedalam smartphone yang kita miliki.. Jadi harus hati hati sih

      Delete
  21. Saya emang jarang tergoda buat numpang charge, sebab biasanya bawa powerbank sendiri.
    Malah sering kegoda buat numpang wifi, padahal lebih bahaya ya. Lagi ngurangi kebiasaan yg terakhir sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, itu dia tuh kita masih gampang tergoda untuk numpang wifi apalagi ada wifi gratis di kafe or tempat kita nongkrong kan.

      Delete
  22. Bener banget.asal colok bisa berbahaya untuk gadget kita. Apalagi asal cantolin ke wifi. Teman saya pernah berapa akunnya ada yang berusaha membobol, gara-gara dia mengakses internet lewat free wifi. Untungnya masih selamat karena segera mengubah semua password

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tadinya juga saya pikir yang rentan bahaya cuma wifi, eh ternyata ke colokan pun bisa dimodif.

      Delete
  23. Wah tipsnya bagus banget, membuat para traveler jadi waspada bahwa kejahatan cyber bisa terjadi dimana saja dan kapan saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget kak, karena kan kalo sudah mood jalan-jalan biasanya kita lengah dan pengennya mengabadikan segala momen sampe batre habis. Terus ngechargenya better emang bawa powerbank deh.

      Delete
  24. Kalau kabel USB untuk charging saya biasa pakai kabel yang khusus untuk charging, bukan kabel USB untuk transfer data, kelebihan kabel itu beberapa pin-nya tidak tersambung, jadi meskipun dicolok ke laptop, kabel itu hanya mengambil powernya saja.

    ReplyDelete
  25. yes sekarang ini powerbank menjadi salah satu tambahan kebutuhan para pelancong, dia sudah seperti penyelamat gadget kita. dan penggunaan wifi publik juga jangan terlalu sering, apalagi ketika digunakan untuk mengakses transaksi onlen

    ReplyDelete
  26. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi tips:)

    ReplyDelete
  27. Oh gitu ya. Nggak nyangka banget. Padahal gratisan itu membantu banget kalau charger lagi ada di koper paling dalam.

    ReplyDelete
  28. setiap traveling biasanya sedia powerbank full gitu, hahaha trus malamnya di charge full, karena susah kan ya colok-colok ke mana aja

    ReplyDelete
  29. aku sih prefer charge power bank di tempat colokan umum, dan charge HP pakai powerbank, selain itu mending kita beli kabel chargeran yang bukan buat data transfer. yang khusus buat listrik aja. its better.

    ReplyDelete
  30. Kalau ditanya mau kemana aku mau pulkam kak setelah pandemi berlalu lanjut Jogyakarta haha..makasih infonya ya

    ReplyDelete
  31. Saya belum pernah sih traveling sampai harus memakai charger booth, karena kemana-mana selalu bawa powerbank sendiri. Baca tulisan ini jadi semakin waspada dan jangan sampai lupa bawa pb kalau pergi-pergi. Terima kasih sharing nya, Mbak..

    ReplyDelete
  32. Biasanya bawa power bank sih, atau pakai charger biasa. Cuma pas ke luar negeri kemarin karena gak bisa bawa power bank (powernya kegedean), jadi aja kayak pemuja USB charger gitu. Semoga nggak kejadian apa-apa nih :(

    ReplyDelete
  33. Duh, jadi pengen traveling lagi. Semoga corona cepat pergi... Dan penting banget nih tulisan diketahui teman2 yg suka traveling biar aman... Sejauh ini aku ngga ada kejadian aneh2, alhamdulillah. Walau dulu sempat nginap di bandara Ho Chi Minh. Wkwk

    ReplyDelete
  34. Pernah denger sih kalo daya dari charger atau peralatan elektronik disini dengan diluar negeri itu beda. Noted siapa tau bisa jalan2 lagi ke luar negeri.

    ReplyDelete
  35. Sangat setuju dengan yang ini karena kita tidak tahu apa yang bisa membuat perangkat rusak, kalau sembarang isi daya malah tidak bagus nantinya

    ReplyDelete
  36. betul banget, makanya yang ku charger itu powerbank aja. kecuali di hotel ya

    ReplyDelete
  37. Baru tau saya kl data bs di curi saat nge chas, kl lewat inet gratis sering sy dengar

    ReplyDelete
  38. duhhh serem banget sih ya kak. kalau semua data penting kita dicuri, apalagi terkadang di ponsel kita terhubung dengan data keuangan. Kudu hati hati banget. Aku pun sering jaga jaga akses keuangan kalau lagi diluar

    ReplyDelete
  39. Serem si juice jacking ini...trus emang big no banget posting foto paspor, tiket dsb yg ada data kita...pernah gemes banget liat temen posting foto paspor 3 orang anaknya yg masih kecil2 dan yg bungsu masih bayi pula...trus aku kasih tau aja itu bahaya...alhamdulillah postingannya gak lama dihapus dari feed..ya kan kita gak mau ya terjadi hal2 yg gak diinginkan terhadap temen kita dan keluarganya.

    ReplyDelete
  40. Hai Mba Shintaaaaa, kemana aja dirimu? Duuuh, aku kangen loh jarang listing lagi di BW Asik. Hihihi.

    BTW, terima kasih banyak ini tipsnya super duper manfaat mba. Juice jacking ini bahayyyyyyaaaaa. Aku pun takut kalo asal colok gadget di box yang biasanya sudah disediakan, apakah itu di bandara atau di rumah sakit. Aku lebih prefer cari colokan yg nempel ke dinding, trus ngemper bentar di lantai gak apa, atau bawa power bank sendiri.

    ReplyDelete
  41. makin canggih teknologi, makin usil juga hacker dengan segala cara. makasih tips nya mba, habis pandemi langsung dipraktekkin deh

    ReplyDelete
  42. Terimakasih informasi serta reminder nya
    Antisipasi semua itu saya selalu bawa power Bank sendiri, sekaligus charger hp bawaan. Saat harus ngisi daya memilih menggunakan milik sendiri dan tidak berbagi dengan yg lain
    Kalau dibilang pelit, lah saya juga kan perlu...

    ReplyDelete
  43. Wih ngeri banget ya. Untungnya aku jarang sih nyolok di sembarang tempat, karna gak bebas. Barang yang wajib dibawa ya powerbank yang full. Kalau terpaksa mending ngisi powerbank aja hihi

    ReplyDelete
  44. Duh, aku yang yang termasuk suka asal colok dimana mana nih.. ternyata termasuk ngga aman ya.. kemana aja ya aku sampe ngga aware gitu.. well noted ini infonya amat sangat berguna.. mmm next traveling gimana kalo kita ke raja ampat?

    ReplyDelete
  45. Terima kasih infonya mom, bener bgt mom, travelling bukan hanya sekedar travelling tapi banyak hal yg tetap harus diperhatikan agar kita tetap nyaman selama travelling

    ReplyDelete
  46. Saat akan bepergian, hal pertama yang menjadi prioritasku adalah baterai handphone harus full dari rumah. Power bank juga sudah di charge full. Jadi sebisa mungkin menghindari ngecharge di tempat umum. Tapi kalau sudah kepepet banget, jalan keluarnya ya pake charge sendiri, tinggal cari colokan listrik. Lalu ditungguin jangan sampai ditinggal..Soalnya ngeri juga ya dengan modus kejahatan jaman sekarang :(

    ReplyDelete
  47. Tips yang sangat bagus. Mencegah lebih baik dari pada kecolongan data. Serem juga ya, kejahatan sudah termodifikasi sesuai dengan perkembangan jaman. Alih-alih ingin sharing dan terkenal, ternyata kejahatan selalu mengintai kita ya kak. Harus bijak dalam segala hal terutama traveling di luar negeri.

    ReplyDelete
  48. nah, iyah betul jangan sala colok aja, perlu dicek ricek dulu sebelumnya karena kalo error, bukannya nolong malah bikin melolong nanti

    ReplyDelete
  49. Aduh kebiasaan aku asal colok nih, ternyata nggak baik doooong yaa. Selain itu aku jarang update OS bawaan, takut lemot atau apa biasanya. Tp coba deh abis nih mau upgrade

    ReplyDelete
  50. Cyber crime makin hari makin canggih ya. Kita jadi harus lebih berhati-hati nih.

    ReplyDelete
  51. Artikelnya keren nih memberikan banyak informasi menarik thanks infonya ya.

    ReplyDelete
  52. Selama ini klu traveling aku asal nyolok lho mba wah kudu hati2 ya klu ada pencurian data. Noted deh makadih bnyk infonya. Jd lbh waspada...

    ReplyDelete
  53. Pengen banget ih, kangen jalan jalan lagi. Kangen liburan...go go go New Normal...

    ReplyDelete