Tips Merawat Motor Matic, Kuncinya Harus Rajin Servis Rutin

by - October 24, 2023

Motor masih menjadi pilihan favorit orang Indonesia, terlebih lagi banyak kemudahan saat ini untuk memiliki kendaraan bermotor yang satu ini. Terutama bagi warga yang tinggal di kota-kota besar yang harus kuat mental menghadapi kemacetan. Pengendara motor lebih leluasa untuk bermanuver menyelinap diantara kendaraan di tengah macet.

Nah, karena itu kita mesti paham nih cara merawat motor matic kesayangan agar tetap nyaman dan aman saat digunakan. Sayangnya, gak sedikit orang yang suka menunda-nunda untuk menyervis motornya dengan alasan sibuk dan banyak aktivitas. Alhasil, motor jadi lebih sering bermasalah dan ujung-ujungnya biaya untuk perawatan motor pun membengkak!

Agar kondisi motor maticmu tetap prima, setidaknya ada 8 bagian motor yang harus dirawat dan dilakukan servis rutin loh! Kuncinya tuh disiplin, kalau perlu pasang alarm/reminder di handphonemu untuk jadwal servis motor rutin.
Motor matic terawat dengan servis motor rutin

Oli Mesin

Rutin mengganti oli mesin adalah kunci untuk menjaga kondisi motor matic tetap prima saat dikendarai. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin motor maticmu. Umumnya, produsen motor/pabrikan merekomendasikan penggantian oli pada jarak tempuh 2.500 km. Namun, saat ini sudah ada pabrikan yang berani merekomendasikan penggantian oli hingga 5000 km, artinya 2x lebih lama dibanding oli biasa. Rahasianya karena mereka memasarkan motor yang sudah menggunakan oli motor matic berteknologi ester yang merupakan base oil tertinggi di kelas oli.
Ganti oli motor matic berteknologi ester (sumber: Planet Ban)

Oli Gardan

Biasa disebut juga sebagai oli transmisi matic, oli gardan berfungsi melancarkan kinerja gear ratio. Jika terdengar bunyi berisik pada box CVT (continuously variable transmission) di bagian belakang motor maticmu itu artinya sudah waktunya mengganti oli gardanmu. Rumusnya, ganti oli gardan setiap sudah melakukan 2x penggantian oli mesin.

Busi

Jika ada masalah pada busi, bisa dipastikan motor maticmu akan sulit untuk dinyalakan. Sangat disarankan untuk melakukan pengecekan berkala, rekomendasinya sih setiap 2x ganti oli barengi dengan penggantian busi.
Tampilan busi yang harus diganti (sumber: Planet Ban)

Kampas Rem

No debat, rem motor matic tuh penting banget! Waktu yang disarankan untuk melakukan penggantian kampas rem adalah saat jarak tempuh mencapai 32.000 km, usia pakai kendaraan 21 bulan, ketebalan kampas rem kurang dari 2mm dan jika sudah ada bunyi aneh saat melakukan pengereman.

Filter Udara

Pada motor matic, filter udara memiliki fungsi untuk menyaring kotoran udara yang masuk ke mesin, menghindari terjadinya karatan, menjaga performa motor, mencegah timbulnya kerak dan menjaga kebersihan ruang bahan bakar. Minta mekanik melakukan pengecekan filter udara untuk memutuskan tindakan yang tepat apakah cukup membersihkan saja atau harus mengganti filter udara tersebut.
Penggantian filter udara (sumber: Planet Ban)

Aki/Accu

Pada motor matic, perangkat kelistrikan seperti starter, lampu, klakson, daya mesin dipengaruhi oleh tegangan aki yang mumpuni. Idealnya, tegangan aki dalam kondisi mesin mati adalah 12,3-12,6 v, sementara dalam keadaan menyala tegangan aki berkisar di 13,7-14,2 v. Kapan sih saatnya harus ganti aki? Umumnya saat aku sudah berumur 2 tahun, starter mengalami kendala, bunyi klakson tidak senyaring biasanya, cahaya lampu motor meredup hingga lampu indikator akinya berkedip.
Penggantian aki motor (sumber: Planet Ban)

Ban

Sebelum berkendara, selalu lakukan pengecekan tekanan angin dan kondisi ban. Jika ban sudah gundul, sangat disarankan untuk segera mengganti ban demi keamanan dan kenyamanan pengendara motor.

Tune Up motor rutin

Servis motor rutin umumnya mencakup pemeriksaan seluruh komponen motor. Terkadang, tune up disertai dengan penggantian oli mesin, oli gardan atau penggantian sparepart. Tapi, jangan khawatir mekanik akan meminta persetujuanmu dulu sebelum melakukan perawatan dan perbaikan motormu.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk merawat motor kesayangan, tentunya kita harus menyisihkan dananya juga loh. Nah, buat kamu yang mau mendapatkan servis motor terbaik dengan harga terjangkau, aku sih saranin kamu langsung gas aja ke Planet Ban yang memiliki slogan servis motor rasa mesin baru.

Planet Ban adalah bengkel servis motor terbaik untuk motor matic kesayanganmu. Menawarkan perawatan motor terpadu dan menyeluruh, servis motor rasa mesin baru akan fokus pada bagian vital yang letaknya tersembunyi, jarang diservis, jarang dicek maupun di stel rutin.

Jadi, apa aja sih manfaat melakukan servis motor rutin di Planet Ban? Sebagai bengkel servis motor terbaik, Planet Ban menggunakan oli dan cairan berteknologi tinggi yang melindungi dan meningkatkan performa mesin. Penggunaan sparepart asli membuat pemakaian motor matic menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin dan tarikannya lebih enteng. Planet Ban juga merekomendasikan ganti oli cukup dilakukan setiap mencapai jarak tempuh 5000 km (4-6 bulan sekali). Gak cuma itu, kita juga jadi bisa berpartisipasi dalam menjaga lingkungan hidup loh karena emisi dan polusi dari motor berkurang.
Bengkel servis motor terbaik (sumber: Planet Ban)

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan Tempat Lain

Siapa yang masih suka kecewa setiap abis servis motor di tempat lain ternyata masih banyak kotoran, debu dan sisa pembakaran tertinggal di beberapa bagian motor yang bikin motor terasa lebih berat? Hal tersebut gak akan kamu temuin kalau servis motor di Planet Ban!

Servis motor rutin di Planet Ban dijamin seluruh bagian mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body semuanya bersih dari sisa pembakaran, debu dan kotoran. Motor matic tersayang serasa pakai mesin baru, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM dan mesin pastinya bersih total.
Servis motor di Planet Ban harga terjangkau (sumber: Planet Ban)

Soal harga, tenang aja aman banget di kantong. Untuk servis motor injeksi cuma Rp20.000,-, servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan servis throttle body aja cuma Rp20.000,-. Oke banget kan?

Sekarang sudah tahu dong tips merawat motor maticmu dan bagian apa aja yang perlu diservis rutin. So, tunggu apalagi kalau mau servis motor langsung aja yuk melipir ke Planet Ban dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru!

You May Also Like

17 Comments

  1. Dulu saya abai soal komponen-komponen motor yang harus dicek saat servicw rutin. Paling mikirnya cuma ganti oli. Mulai sekarang mau belajar deh, supaya bisa lebih bertanggungjawab sama motor sendiri. Hehehe...

    ReplyDelete
  2. Setuju, Kak. Perawatan rutin pada motor tuh penting banget. Bukan cuma supaya kondisi motor tetap prima, tapi juga ikhtiar kita dalam berkendara agar lebih aman.

    ReplyDelete
  3. Murah ya servis motor di Planet Ban. Mana layanannya ada servis motor rasa baru pula. Mau langganan servis motor di sini saja.

    ReplyDelete
  4. Emang suka males kalau service motor jadinya sering nunda-nunda deh soalnya suka banyak debu yang tersisa. Tapi, beda kalau di Planet Ban yaa perawatannya menyeluruh rasa mesin baru. Kalau gini mah jadi nggak males service motornya juga.

    ReplyDelete
  5. Pas lagi mengendarai motor pasti asik aja, tetapi ya jangan sampai lupa juga buat diservis, biar makin asik lagi, karena kan mengutamakan keselamatan berkendara

    ReplyDelete
  6. Planet Ban menurutku lebih oke dan profesional sih saat servis. Pelayanannya juga oke

    ReplyDelete
  7. Saya juga sangat mengandalkan motor, Mbak. Bukan hanya di Jakarta, tapi juga pas di kebumen. Jadi bisa lebih sat set ke mana-mana. Dan memang saya pun harus servis rutin, agar bisa terus mendukung aktivitas harian saya.

    ReplyDelete
  8. Pengalaman tuh pernah ganti oli di Planet Ban deket rumah, alhamdulillaah iya loh beneran aweeet dan tarikan motor maticku lebih enak dipakenyaa, apalagi kita nih tiap hari mobilisasinya ya pake motor huhu jadi emang harus rutin service berkala

    ReplyDelete
  9. Motor matic ini harus rutin di servis ya mbak
    Biar performnya tetap bagus jadi bisa awet dipakai

    ReplyDelete
  10. Ga pnya motor matic, tp tipsnya bs ttp di pakai buat motor lainnya. Mau apapun motornya, servis rutin itu penting sih biar awet.

    ReplyDelete
  11. servis motor tuh emang gak boleh ketinggalan ya, apalagi kalau sampai skip berbulan bulan, duh brabe urusannya. apalagi soal ganti oli, cek aki dan kanvas rem terlebih buat motor matic

    ReplyDelete
  12. Bener banget, service rutin itu penting. Apalagi buat motor matic. Kemarin sempat cobain juga di Planet Ban, biaya servicenya terjangkau

    ReplyDelete
  13. Ternyata ga semudah menjalankan motor matic yang tinggal breng breng ya haha
    Harus tahu semua hal perihal motor ini
    Pun tempat service terbaiknya ga boleh ketinggalan

    ReplyDelete
  14. Dulu sih ada aplikasi Planet milik Planet Ban tp syg skrg aplikasinya ga aktif. Pdhl bs ngetrack kpn kita terakhir service. Udh kilometer brp pas service. Jd kita bs kira2 sndiri tuh kpn hrs balik sana lg. Smg appsnya bs dibalikin lg ya.

    ReplyDelete
  15. Rasanya motor matic cpt banget yah capeknya, haha.. Memang kudu di servis rutin sih biar performanya terjaga. Dan servisnya harus di Planet Ban dong ya.

    ReplyDelete
  16. Biasanya kalau mau ke bengkel ragu ragu karena banyak yang suka ngadi ngadi, tapi kalau ke planet ban ga perlu khawatir lagi deh..

    ReplyDelete
  17. Oli motor matic tuh ternyata ada 2 macem ya kak. Oli mesin sama oli gardan. Nah saya juga paling suka kalau udah service motor di Planet Ban, habis serbis berasa pake mesin baru lagi

    ReplyDelete