Manfaat Bermain Game Online

by - May 27, 2023

Bermain game bisa menjadi salah satu aktivitas yang banyak orang lakukan untuk mengisi waktu luang. Tidak hanya anak-anak saja loh yang suka main game, nyatanya banyak juga orang dewasa yang menggemarinya. Selain untuk menghilangkan penat, tahukah kamu ternyata bermain game online  memiliki dampak positif untuk kesehatan otak dan mental? Hal tersebut sudah terbukti secara ilmiah melalui sejumlah penelitian berskala internasional. Yuk, kita simak!

Main game online itu baik kok asal gak berlebihan 

1. Menghilangkan stres

Namanya juga hidup, pasti ada masa-masanya dimana tingkat stres kita cukup tinggi. Sejenak bermain game di waktu luang ternyata bisa meredakan rasa cemas loh. Apalagi jika kita memilih tipe game yang ringan dengan grafis yang memanjakan mata dan musik yang menenangkan. 

Untuk kesehatan mental, bermain game ternyata bisa menjadi salah satu terapi bagi yang mengalami gejala trauma, depresi dan cemas. 

2. Meningkatkan kemampuan berpikir 

Menurut The Australian Office of the Safety Commissioner, ada beberapa manfaat main game, diantaranya meningkatkan kemampuan berpikir, menyelesaikan masalah dan juga ketekunan. Hal ini juga didukung oleh penelitian dalam The Journal of Neuroscience yang menyatakan bahwa bermain game dapat meningkatkan kemampuan kita untuk mengingat. Nah, buat yang gak mau cepat pikun, cobain deh main game yuk. 

3. Membantu penderita dyslexia untuk membaca

Anak dengan gangguan disleksia umumnya mengalami kesulitan untuk membaca. Dengan bermain game, penderita disleksia dapat meningkatkan kemampuannya untuk berkonsentrasi sehingga bisa melatih kemampuannya untuk membaca. Penelitian terkait hal ini bisa kita baca selengkapnya di jurnal Current Biology ya. 

manfaat-main-game-online
Main game online ternyata banyak manfaat positifnya

4. Meningkatkan kemampuan multitasking

Berdasarkan hasil penelitian dalam jurnal Nature Reviews Neuroscience dijelaskan bahwa kemampuan multitasking orang yang rutin main game ternyata bisa meningkat loh. Penjelasan logisnya adalah karena selama main game kamu akan dituntut untuk menyelesaikan banyak hal dalam satu waktu.

Salah satu game yang bisa meningkatkan multitasking adalah kompetisi menemukan barang. Dalam game ini kamu harus mencari barang tersebut kemudian menyimpannya. Secara tidak langsung kamu harus mencari sekaligus melakukan hal lain seperti mengeklik barang tersebut.

5. Bisa dipertimbangkan sebagai profesi yang menghasilkan uang

Saat ini, game online sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada berbagai ajang kompetisi internasional. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang aktif berlaga dalam berbagai kompetisi game online bertaraf internasional. Apakah kamu tertarik untuk menjadi salah satu atlet cabang olahraga ini?

Rekomendasi Game Online PC Gratis

Buat kamu yang suka berlama-lama kerja atau mengerjakan tugas kuliah di depan laptop/pc, ada kabar baik nih. Kali ini, aku mau kasih rekomendasi game online PC gratis! Pilihan gamenya banyak loh dan gak perlu ribet-ribet registrasi. Kamu tinggal buka aja solitaire.org di browser dan kamu tinggal pilih gamenya. 

Game online Word Search di solitaire.org

Salah satu game favoritku adalah Word Search, ini sih bikin rileks banget, karena kan cuma tinggal cari aja tuh kata-kata yang sudah ditentukan. Hitung-hitung sekalian belajar vocabulary bahasa Inggris juga. Selain itu, aku juga suka tuh tipe game puzzle yang tugasnya mencari-cari barang atau angka. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hitung-hitung buat melatih kemampuan multitasking tuh. So, kamu juga cobain deh main game online pc gratis di solitaire.org, nanti kasih tahu ya game mana yang jadi favoritmu?

Salah satu pilihan game puzzle di solitaire.org

You May Also Like

18 Comments

  1. Bermain game juga ada manfaatnya memang, aku seorang gamer dr pas kecil sekarang temen2ku banyak dr game online. Ibaratnya from cyber to brotherhood hehe, banyak relasi yg aku kenal d dunia nyata hanya dari sebuah game

    ReplyDelete
  2. Saya juga suka main word search di Solitaire, Kak. Mainnya santai, tapi tetap menantang, yang bikin menantang itu kita bisa mencari kata tidak hanya searah.

    ReplyDelete
  3. dulu sbeelum tahu manfaatnya suka khwatir saat anak-anak main games online di rumah, tapi selama kita mengarahkan positif harusnya semuanya aman ya apalagi games seperti itu mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan otak si anak

    ReplyDelete
  4. Banyak sih manfaat bermain game online. Apalagi kalau emang niat buat profesional, bisa jadi atlet e-sport ntar. klo aku mah maen game online buat refreshing doang kalo udah burn out

    ReplyDelete
  5. Eh, baru eungeuh lho kalau ternyata bermain game malah perlu dilakukan sama anak-anak yang mengalami disleksia untuk meningkatkan konsentrasinya, Bermain game memang bisa banget sih melatih konsentrasi. Apalagi kalau game-nya itu bertema "memecahkan misi dan berstrategi".

    ReplyDelete
  6. Saya juga main di solitaire.org. Sukanya main Zuma Ball sama Atlantis Treasure. Mainnya santai, ga bikin stress

    ReplyDelete
  7. banyak manfaat dari main game online, bahkan kalau mau go profesional juga bisa kan hehe kalau buat aku paling ya bisa menghilangkan penat pikiran sih kak

    ReplyDelete
  8. Game online ini banyak sekali manfaatnya ya. Asal jangan sampai lupa waktu, nggak makan dan nggak istirahat, aku kira bermain game online sangat seru dan mengasah skill juga.

    ReplyDelete
  9. Nah iya, sekarang ini game online bisa jadi profesi yang hasilnya luar biasa kalau benar benar diseriusin ya. Ikut lomba dan juara, hadiahnya Mayan banget tuh kan...

    ReplyDelete
  10. Aku dulu tuh sering banget main game Solitaire dari komputer temenku. Sekarang wes enak ya. Nggak perlu install aplikasi di gadget kitanya.

    ReplyDelete
  11. Aku juga ngerasain sih manfaat bermain game ini, terutama ngilangin stress hahaha. Terus kalau lagi waktu nunggu pas sendirian juga.

    ReplyDelete
  12. Wah ternyata main game online juga banyak manfaatnya, terutama untuk belajar membaca bagi oramg2 disleksia.

    Hari ini aku lagi gabut nih kak dan bosen berat di rumah. Main game ahh.

    ReplyDelete
  13. Main game memang membuat hati bahagia, apalagi ini bisa melakukannya tanpa perlu unduh ya. Cuss langsung pilih games favorit

    ReplyDelete
  14. Sebenarnya game itu banyak manfaatnya. Hanya saja memang harus memerlukan filter agar anak-anak memainkan game yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  15. Aku sih main game utk melepas penat. Apalagi kalo game menghibur. Yg ga perlu main otak mulu. Haha. Soalnya kerjaan udah pusing. Jd main game yg seru2 aja yak.

    ReplyDelete
  16. Aku juga suka main di Solitaire ini sih. Terutama games freecell atau hidden Objects

    ReplyDelete
  17. Bermain games tetap bisa menjadi manfaat yang baik untuk diri sendiri karena selain memanfaatkan waktu untuk stress healing yang sederhana juga tetap konsentrasi. Bener-bener mantap main di solitaire.org

    ReplyDelete
  18. makasih sharingnya kak, ga selalu negatif ya main game itu bisa banyak jg manfaatnya. BTW saya jg kadang suka mainsolitaire kalo bosen abis nulis :)

    ReplyDelete