Tips Aman Transaksi Non-Tunai Dengan Fitur Keamanan GoPay

by - May 07, 2021

Selama pandemi, transaksi non-tunai meningkat drastis. Hal ini tentunya tidak lain tidak bukan untuk menghindari penyebaran virus covid-19 melalui kontak fisik. Transaksi keuangan menggunakan uang tunai sangat rentan menularkan virus yang mungkin saja menempel pada permukaan uang.

Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi transaksi non-tunai marak juga beredar modus penipuan. Sering sekali kita mendapatkan pesan berantai via Whatsapp terkait modus meminta nomor pin atau kode OTP dengan mengatasnamakan Gojek.

Data pemakaian Gopay saat pandemi

Waspadai Modus Penipuan Yang Mengatasnamakan GoPay

Berhubung semakin marak dan berkembangnya modus penipuan mengatasnamakan GoPay, yuk simak nih beberapa modus yang sering digunakan oleh para penipu:

1. Meminta kode OTP

Modus yang satu ini nggak cuma sering menimpa konsumen tapi juga termasuk para driver loh. Si penipu akan melancarkan modus kepada korbannya untuk memberikan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS dengan berbagai alasan. Padahal, pihak Gojek tidak akan pernah meminta kode OTP dengan alasan apapun loh! Jadi, jika mendapatkan modus penipuan seperti ini teliti kembali dan segera block saja nomor pelaku.

2. Penipuan transaksi pembayaran online dengan GoPay

Sekarang, hampir semua pembayaran transaksi online bisa menggunakan GoPay. Jangan tergoda iming-iming harga yang murahnya kebangetan ya, cek reputasi sellernya. Khusus buat kalian para gamers, untuk pembelian aplikasi atau top up game, pastikan hanya membeli dari partner resmi GoPay ya.

3. Meminta melakukan panggilan telepon dengan menyertakan kode tertentu

Guys, hati-hati ya kalau ada penipu yang mengatasnamakan Gojek dan meminta kamu melakukan panggilan telepon dengan kode awalan mencurigakan seperti **21*, **62*, **67*, **61*. Hal tersebut adalah fitur Call Forwarding yang bisa mengalihkan telepon yang masuk ke nomormu ke nomor lain tanpa sepengetahuan kamu. Biasanya mereka akan memanfaatkan fitur ini untuk me-reset dan mengakses akun Gojekmu. Dan tanpa kamu sadari, Saldo GoPay hilang diambil oleh si penipu. Duh, jahat banget sih.

Fitur Keamanan GoPay

Keamanan pembayaran non-tunai merupakan faktor terpenting transformasi pembayaran dari tunai ke non-tunai. Seiring meningkatnya transaksi pembayaran non-tunai, GoPay terus meningkatkan keamanan data dan cyber security serta gencar memberikan edukasi pada penggunanya. GoPay telah mendapatkan sertifikasi ISO 27001:2013 Information Security Management System - ISMS atau Sistem Manajemen Keamanan Informasi sejak Oktober 2020.

Untuk mewujudkan transaksi aman bagi penggunanya GoPay menghadirkan rangkaian teknologi keamanan pada aplikasi Gojek. Salah satu fitur canggihnya adalah fitur biometrik berupa verifikasi sidik jari dan scan wajah untuk mengamankan transaksi non-tunai di luar layanan Gojek.
Fitur keamanan biometrik Gopay

Selain fitur biometrik dan PIN, GoPay pun menjaga keamanan pada platform Gojek, termasuk penerapan fitur keamanan berbasis kecerdasan buatan untuk mencegah peretasan dan penyalahgunaan akun pengguna.

Nah, cara mengaktifkan fitur keamanan biometrik di GoPay tuh mudah banget, nih simak langkah-langkahnya ya:
1. Buka aplikasi Gojek
2. Kunjungi laman GoPay dan pilih menu Explore atau Eksplor
3. Lalu pilih Settings atau Pengaturan
4. Selanjutnya aktifkan fitur fingerprint/sidik jari dan face ID/scan wajah
5. Masukkan PIN 6 digit
6. Terakhir, gunakan sidik jari kamu untuk memverifikasi akun GoPay

Sebagai pengguna setia GoPay, jujur saya sih seneng banget ya dengan adanya fitur keamanan ini. Sekarang, hampir semua pembayaran saya alihkan dengan transaksi non-tunai melalui GoPay.

Buat saya, GoPay adalah alat pembayaran digital yang aman dan dapat diandalkan karena dilengkapi dengan fitur yang mengutamakan kenyamanan penggunanya. Dari mulai jajan cemilan, bayar tagihan, bayar parkir, beli pulsa sampai kirim uang semua pakai GoPay.

Tips Aman Transaksi Non-Tunai Dengan GoPay

GoPay selalu mengajak penggunanya untuk lebih sadar akan keamanan bertransaksi online/digital. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan transaksi non-tunai di masa pandemi ini, yuk kita terapkan tips keamanan berikut ini:

1. Hindari penggunaan wifi publik

Tahu nggak sih, ternyata wifi gratisan itu rentan banget sama kejahatan cyber. Nggak cuma sekali dua kali kan kita mendengar kasus pembobolan data pribadi yang berujung kerugian material. Pastikan menggunakan jaringan internet pribadimu jika ingin melakukan transaksi non-tunai saat di tempat umum.

2. Belanja online di situs terpercaya

Pandemi memang membuat kita punya lebih banyak waktu untuk berselancar di dunia maya dan alhasil kita seringkali khilaf belanja online. Pastikan kita belanja hanya di online shop yang ada di social media atau ecommerce terpercaya. Apalagi jika kita diminta mengkoneksikan akun rekening/dompet digital di situs yang mencurigakan harus super duper teliti ya guys!

Tipsnya, pastikan selalu cek apakah situs yang kita kunjungi memiliki tanda verified yang menandakan situs online tersebut merupakan situs terpercaya.

Akun media sosial resmi Gojek dan Gopay

3. Rutin mengganti password/PIN
Pastikan menggunakan password/PIN yang unik yang tidak mudah ditebak. Hindari penggunaan nama atau tanggal lahir sebagai password karena sangat mudah ditebak oleh para pelaku kejahatan cyber.

4. Jangan berikan kode OTP kepada siapapun
Guys, yang satu ini hukumnya haram ya, never ever memberikan kode OTP kita kepada siapapun dengan alasan apapun. Ingat ya, pihak bank atau operator uang elektronik seperti GoPay tidak diperbolehkan meminta kode PIN/OTP kita loh!

GoPay menghimbau seluruh penggunanya untuk selalu berjaga-JAGA agar terhindar dari modus penipuan yang merugikan. Apa itu JAGA?
J: Jangan asal transfer ke nomor tidak dikenal
A: Amankan data pribadi, jangan bagikan kode OTP
G: Gunakan PIN
A: Adukan hal mencurigakan melalui email dan halaman resmi.

So, kalau kamu mengalami/mencurigai adanya transaksi yang mencurigakan, segera adukan melalui email customerservice@gojek.com atau ke halaman bantuan pada aplikasi Gojek. Oya, hati-hati juga ya jika ada modus penipuan melalui media sosial yang mengatasnamakan Gojek atau GoPay. Pastikan akun resmi hanya yang memiliki centang biru. Yuk, biar #AmanBersamaGoPay segera manfaatkan fitur keamanan yang sudah disiapkan oleh GoPay ya!

You May Also Like

62 Comments

  1. Penjelasan penggunaan cukup baik dan lengkap, sehingga pembaca bisa praktik menggunakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nuhun mas Ferry, berbagi info biar gada lagi yang kena tipu dan bisa terlindungi pakai fitur keamanannya

      Delete
  2. iya banget, saya lebih merasa secure pakai gopay

    pakai uang tunai hanya jika terpaksa, itupun cepat-cepat cuci tangan

    Eniwei baru tau wifi publik bisa jadi sarana pembobolan

    wah kudu hati-hati ya, cepet ganti PIN jika terpaksa pakai wifi publik.

    ReplyDelete
  3. Wah semakin aman ya jadinya, keren nih inovasi gopay, bisa pakai sidik jari dan biometrik, pasti security-nya lebih bagus hehe

    ReplyDelete
  4. Saya pemakai gopay nih. Dah udah coba keamanan pake sidik jari dan biometrik. Makin aman pokoknya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, perlindungan ganda lah, ada fitur gitu memang harus dimanfaatkan

      Delete
  5. Benar nih mesti hati-hati karena banyak penipuan akhir-akhir ini terkait Gopay. Maka manfaatkan fitur keamanan yang sudah disiapkan oleh GoPay aja pastinya

    ReplyDelete
  6. Pakai gopay memang praktis banget. Bayar apa-apa jadi mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih aku pakai fitur paylater utk bayar bill indihome dan tagihan air malahan

      Delete
  7. Udah pakai Gopay sejak perdana dia ekspansi ke Bali, pas 2015. Artinya udah 7 tahun yaa saya pakainya. So far gak pernah mengecewakan, malah terbantu bangetttt dengan transaksi nontunai. Gak perlu ke ATM terus.

    ReplyDelete
  8. Ada aja ya usaha penipuan ini. Semakin kesini makin banyak canggih. Kitanya harus benar-benar ekstra proteksi dan berhati-hati dalam bertransaksi. Semoga dengan tip-tip di atas bisa membantu usaha kita dalam memproteksi diri ya.

    ReplyDelete
  9. Aku juga doyan banget pakai Gopay. Praktis dan aman juga. Nggak perlu khawatir lagi memang.

    ReplyDelete
  10. Fitur forwading ini perlu diantisipasi ya Teh. Tetap waspada, dan semoga kita selalu dilindungi Allah SWT, aamiin

    ReplyDelete
  11. Sip sipp, makasiii tipsnya kakaaa
    memang user produk digital kudu sigap dan teliti ya
    ngga boleh clumsy

    ReplyDelete
  12. Wah makasih banget infonya, langsung aku praktekan barusan. Done! Kita memang harus tetap waspada, hati-hati karena banyak cara penipuan yang dilakukan sekarang ya.

    ReplyDelete
  13. Biarpun ada sinyal wifi kenceng, saya selalu tetap pilih pakai paket data dari provider untuk koneksi di hp. Salah satu alasannya ya itu, demi keamanan.

    Gopay ini emang metode pembayaran yang top ya, segala hal bisa mudah bayarnya asal ada saldo Gopay

    ReplyDelete
  14. Wah iya nih sistem keamanan pake fingerprint atau face ID lebih diprioritaskan, jadi lebih aman menurutku. Siapa sih hari gini yang ngga memanfaatkan fitur gopay. Semua bisa lebih mudah dan instan. Ngga perlu capek-capek keluar rumah. Tapi tetep harus jaga keamanan biar ngga gampang kena modus penipuan juga.

    ReplyDelete
  15. Hallo kak, saya selalu top up saldo di gopay, karena untuk pembayaran apapun cepat praktis dan mudah. Misalnya pas belanja ke alfamart mudah karena seperti dompet digital yang multi fungsi...suka banget sama gopay app yang tinggal mudah penggunaannya. Bayar listrik, tagihan telepon dll gampang

    ReplyDelete
  16. GoPay ini andalan banget. Saya selalu mengisi saldonya setiap bulan untuk berbagai keperluan. Nah ternyata agak riskan juga ya kalau pakai wifi publik pas butuh bayar bayar dengan e-wallet. Makasih banyak reminder-nya ya Kak Shyn.

    ReplyDelete
  17. e-wallet yang paling sering saya pakai memang Gopay. Dari mulai top up hingga pemakaian gak ribet. Makanya selalu rutin saya isi.

    ReplyDelete
  18. Walaupun penggunaan gopay saya masih sebatas belanja makanan, tetapi tetap perlu hati-hati. Artikel ini sangat bermanfaat untuk era sekarang, karena hampir semua jenis transaksi sudah dilakukan secara online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru tahu kalau wifi publik bisa memicu adanya penipuan, padahal selama ini saya sering banget gunakan wifi publik soalnya gratis sih, hihihi.
      Wah, saya harus mulai waspada ini.

      Delete
  19. Aku sekarang kalo transaksi sering banget pake gopay. Udah jarang banget pake cash. Selain praktis, aman juga pembayarannya kalo pake gopay

    ReplyDelete
  20. eh baru tahu kalau ada fitur keamanan seperti ini. Seperti buka HP ya pakai sidik jari atau face recognition. Makasih ya mbak. Ku coba cek di apps-ku

    ReplyDelete
  21. Terima kasih banyak atas penjelasannya, jadi waspada dengan berbagai penipuan. Langsung deh saya aktifkan fitur keamanannya

    ReplyDelete
  22. Terima kasih infonya ya, mbak. Ini penting banget supaya ga ada lg yg tertipu ya. Karena banyak bgt yg kena tipu akhir2 ni.

    Aku juga sering sih menggunakan go pay utk transaksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transaksi menggunakan gopay itu sangat memudahkan banget. Uda gt klo mau transfer beda bank biaya adminnya ga besar

      Delete
  23. Wah iya nih aku juga sering transaksi pakai gopay buat bayar2 kudu bener2 dijaga keamanan datanya supaya gak disalahgunakan sama org lain, apalagi yang biasa nyimpen saldo banyak2 hehe

    ReplyDelete
  24. Aku andalannya pakai gopay dan terbantu kalau ada jaminan keamanan

    ReplyDelete
  25. Harus waspada nih dengan yang tidak wajar ketika melakukan transaksi online. Iya, klo OTP kan bukan untuk dibaca pihak lain, itu khusus untuk kita aja yaaa

    ReplyDelete
  26. Iya, transaksi dengan Gopay memang aman. Apalagi ada paylater sekarang, jadi pas kepepet bisa dipakai dulu, sebelum ganti bulan dilunasi. Eh, komentar OOT ya. Hihi.
    Pokoknya jangan kasih kode OTP dengan alasan apapun

    ReplyDelete
  27. kereennn.. sekarang gopay ada fitur keamanannya..makin aman bertransaksi deh

    ReplyDelete
  28. Nah, jadi inget fitur call forwarding itu pernah memakan korban pesohor Maia Estianti. Memang mesti waspada banget ya, penipuan saat ini sudah pake metode canggih.
    Untung GoPay sudah menambah fitur pengamanannya, jadi lebih aman dalam menyimpan saldo dan bertransaksi.

    ReplyDelete
  29. Oh, ternyata ada ada efeknya yaa...sering pakai wifi di tempat umum?
    Aku sering banget, huhuu...kudu hati-hati kalau transaksi yaah.. Tipsnya sangat membantu sekali, kak. Haturnuhun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, zaman sekarang niih semua bisa mudah dengan menggunakan dompet digital.
      Tapi kudu tau konsekuensinya juga yaa...agarbisa tetap waspada dan berhati-hati.
      Manalah penipuan juga semakin canggih.

      Delete
  30. Ada fitur keamanan biometrik di GoPay ... wah saya baru tahu ini padahal saya pengguna setia GoPay juga, Mbak Shynta. Harus diterapkan nih. Makasih ya ...

    ReplyDelete
  31. Dulu pernah kebobolan akun GO-PAY gra gra ad yg nelpon minta kode OTP, tp skrg udh bagus aplg dgn pengamanan ekstra dari GO-PAY

    ReplyDelete
  32. Jadi ingat ada anak teman dia ngasih kode OTP ke orang yang nelpon yang ngaku mau kasih hadiah. Alhasil uang dia jutaan kena sedot dari sistem pebayaran seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduuhh kok kesian banget ya mba kalau kejadiannya seperti ini. Memang harus hati-hati banget deh soal OTP ini, jangan pernah dikasih ke orang lain.

      Delete
  33. Aku terbantu sih pake gopay, mau bayar apapun gak bingung minta kembalian karena tinggal top up gopay aja

    ReplyDelete
  34. Makasih banyak mba, aku mengganti pin ini yang masih kurang rajin.
    Yang laing alhamdulilah aman.

    ReplyDelete
  35. Walau udah pakai Gopay 6 tahun, hal-hal kayak gini memang penting untuk diingatkan lagi. Terima kasih Mba Shinta.

    ReplyDelete
  36. beberapa kali juga pakai pembayaran via gopay nih, kadang suka ada pembayaran dari campaign di gopay dan asyik juga bayar-bayar jadinya cashless. bener juga ya harus hati-hati nih kalau mau bayar dan pakai wifi publik takunya malah di hack. makasih infonya mba.

    ReplyDelete
  37. Aku pernah ada pengalaman nyaris kena nih, diminta kode otp. Alhamdulillah googling dulu dan ketahuan deh scam

    ReplyDelete
  38. Makin seneng pakai Gopay karena fitur keamanan yang semakin baik dan membuat kita nyaman. Yang penting memang kudu hati² ya kalau ada yang minta OTP

    ReplyDelete
  39. Aku juga selalu pakai gopay sih, selain karena mudah banget ngiisinya juga banyak promo kalau pakai gopay hihi.Alhamdulillah sekarang jadi lebih aman yaa karena banyak lihat penyalahgunaan nomor hp, jadi biometric menolong bangett.

    ReplyDelete
  40. senang banget sudah ada fitur keamanan Ganda yang ngebuat kita lebih merasa aman. APalagi di masa modern gini pembayaran non tunai adalah kemudahan yang haqiqi

    ReplyDelete
  41. Wah! kl diajak ke suatu t4 sama anak2 agak lama, bunda suka tanya kode WiFinya. Ternyata hal ini hrs dihindari ya karena rentan banget dengan kesempatan orang2 jahat utk menyalahgunakan aktivitas kita via GoPay. Alhamdulillah sdh ada fitur keamanan di GoPay.

    ReplyDelete
  42. makasih tips-tipsnya mba. Saya masih pake apk gojeknya sebatas pergi-pergi dan transaksi mah nggak sih. Baru tau ternyata para gamers bisa top up game dari apk gojek harus hati2 dengan iming2 murah

    ReplyDelete
  43. Itulah mengapa saya pakai aplikasi gojek dan gopay sejak awal hingga kini hehe karena selalu berinovasi dan beneran ngebantu banget untuk transaksi non tunai apalagi sekarang ada tambahan fitur keamanannya ya..

    ReplyDelete
  44. Wah bagus nih jadi lebih aman ya... aku belum coba vitur ini... perlu juga nih dimanfaatkan ..

    ReplyDelete
  45. aku juga pakai gopay mbaa, dan sejauh ini alhamdulillah aman ga ada masalah apa2. yang penting kita manfaatkan dengan betul fitur keamanan dari gopay ini

    ReplyDelete
  46. Noted nih mba, ternyata penipuan sekarang makin canggih yaa. Harus lebih hati-hati sekarang

    ReplyDelete
  47. Waduh aku nih gak suka ganti password krn males mengingat huhu
    Baiklah demi keamanan transaksi daripado saldo kita dijebol orang kan ya kudu bener2 nih diamankan. Thanks tipsnya mbak.

    ReplyDelete
  48. Terima kasih tipsnya mbak, ya betul jangan menggunakan wifi publik untuk transaksi apapun soalnya gak aman.

    ReplyDelete
  49. wah iyaa bener banget sekarang Ujame juga suka pake gopay untuk pembayaran karen selain cepat secure nya juga mantep siih dan alhamdulillah engga pernah kenapa kenapa gituu

    ReplyDelete
  50. kita memang bisa menikmati segala kepraktisan ini tapi tetap aware dan jaga keamanan transaksi kita ya mba

    ReplyDelete
  51. Saya udah pake dong kak ini fiturnya, bagus untuk ngamanin transaksi kita di Gopay, secara sekarang Gopay tuh kepake banget buat bayar-bayar tagihan juga loh

    ReplyDelete
  52. Andalan banget nih gopay buat jajan, belanja di alfa, bayar listrik, beli pulsa dll. Yg menyenangkannya, gojek memperhatikan keamanan dan kenyamanan penggunanya dengan terus berinovasi dalam hal layanannya👍

    ReplyDelete
  53. Walau belum lama jadi pengguna GO-PAY, tapi saya puas saat menggunakannya

    ReplyDelete
  54. Penasaran ni setelah gabung sama Tokopedia, pasti bakal makin besar lag ya ini transaksi non tunai yang dijalankan Go To.... cant waittttt!!!!

    ReplyDelete
  55. Aku sering pakai Gopay kalau pas belanja di minimarket di rumah, Mbak. Soalnya banyak diskon dan kebangetan selisihnya sama bayar tunai. Alhamdulillah, karena tepercaya ya aman-aman saja. Benar, kalau mau pakai fitur Gopay ini memang harus lihat-lihat dulu, tepercaya apa nggak.

    ReplyDelete