Cara Mencegah Munculnya Maskne Hanya Dengan 2 Langkah

by - March 17, 2021

Semenjak pandemi mendunia, sekarang masker menjadi protokol kesehatan yang harus dilakukan, terutama jika kita akan beraktivitas di luar rumah. Tapi oh tetapi muncul masalah baru yang cukup meresahkan akibat pemakaian masker seharian. Yaitu munculnya maskne.

Dibalik efektivitas masker untuk melindungi kita dari penyebaran virus di masa pandemi, ternyata pemakaian masker dalam waktu lama menyebabkan timbulnya jerawat di area yang tertutup masker, yaitu pada hidung, dagu, dan area pipi bawah. Inilah yang disebut sebagai maskne alias singkatan dari mask acne.

mengenal maskne
Pengertian Maskne

Kenali Penyebab Maskne

Maskne terjadi akibat penggunaan masker dalam jangka lama dan menyebabkan kulit wajah terus bergesekan dengan masker. Dan please, jangan malas untuk rutin membersihkan wajah ya. Hal ini dapat memicu iritasi dan peradangan pada kulit.

Ini dia nih penjelasan ilmiahnya. Ketika kita berbicara dan menghela napas, hawa panas dari mulut akan terjebak di dalam masker. Itulah yang bikin kulit wajah menjadi lebih berkeringat dan lembab. Kondisi tersebut merupakan tempat yang baik bagi bakteri, jamur, dan flora misalnya Demodex (salah satu jenis tungau kulit) untuk berkembang biak. Alhasil, muncul deh jerawat yang menyebalkan. 

Plus, di masa pandemi ini dimana kita harus terus menerus mengenakan masker alhasil terjadi gesekan antara masker dan kulit wajah. Kombinasi antara iritasi, peradangan, dan berbagai kuman pada kulit merupakan ramuan yang sangat pas untuk memunculkan penyakit kulit, seperti biang keringat, eksim, dermatitis seboroik, rosacea, termasuk jerawat!

cegah maskne dengan bioderma
2 langkah mudah untuk mencegah munculnya maskne

Sebenarnya maskne tidak hanya persoalan jerawat, tapi karena faktor produksi minyak berlebih dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Selain jerawat, maskne bisa menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi.

Tips Mencegah Maskne

Walaupun dirumah saja, kita tetap harus melakukan rutinitas skincare untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Dan sesungguhnya rutinitas cleansing adalah kuncinya. Untuk mencegah munculnya maskne, kita harus rutin membersihkan wajah dengan pembersih wajah yang lembut.

Nah, aku mau share nih 2 langkah mudah agar kulit wajah kita Maskne Free, yaitu;

1. Bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang lembut.
Faktanya, ternyata walaupun dirumah aja, kulit wajah kita bisa terpapar oleh polutan dan radikal bebas yang tidak terlihat. Apalagi kalo kita sering memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, mencuci wajah yang tidak tuntas bisa membuat pori-pori kita tersumbat.

So, aku rutin pakai Bioderma Sensibio H2O Micellar Water yang ampuh untuk bersihin make-up sekaligus polutan dan radikal bebas. Formulanya disesuaikan dengan pH alami kulit 5,5, sehingga produk ini membantu melindungi lapisan pertahanan kulit.
2 langkah cegah munculnya maskne
Saran pemakaian Bioderma Sensibio H20 Micellar Water
Cara pakainya pun mudah, cukup tuangkan 1-3 tetes Bioderma Sensibio H20 Micellar Water di kapas dan bersihkan wajah secara merata. What I love the most, kandungan produknya tuh super lembut jadi rasanya di kulit wajah tuh fresh banget. So, buat kamu yang kulit wajahnya sensitif, dijamin aman sih pakai ini.

Kalo pake Sensibio H2O Micellar Water, aku biasanya selalu bersihin bagian mata dan bibir juga. Asli, gak berasa nyelekit di kulit, malahan berasa lembut dan lembab.
 
2. Pastikan kulit wajah terhidrasi dengan baik.
Sesungguhnya, kulit wajah yang sehat adalah yang terhidrasi dengan baik. So, langkah berikutnya setelah membersihkan wajah tuh aku lanjutin dengan pelembab water based yang ringan. Menjaga hidrasi kulit juga berfungsi untuk mengurangi efek gesekan antara masker dengan kulit. Yes, aku pake Hydrabio Essence Lotion, toner essence yang melembabkan, menghidrasi dan mencerahkan kulit.

Cara pakainya pun mudah, aku biasanya menuangkan 1-3 tetes Hydrabio Essence Lotion ke kapas, lalu tap-tap lembut di seluruh area wajah. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah pori-pori tersumbat. Waktu paling efektif untuk memakai produk ini adalah di pagi hari agar kulit wajah terhidrasi sepanjang hari.

Essence ini ampuh hilangkan sel-sel kulit yang mati, dan mengurangi lapisan atas kulit. Kandungan asam salisilat menyamakan dan menghaluskan permukaan kulit, yang akhirnya membuat kulit lebih cerah. Plus, ada kandungan vitamin E untuk melindungi kulit dari stres dan lawan penuaan dini pada kulit.
bioderma cegah maskne
Hydrabio Essence Lotion rahasia wajah terhidrasi sempurna.
Jujur, dulunya akutuh tipe yang malas pake pelembab setelah memakai cleanser karena biasanya bikin kulit berminyak. Tapi, Hydrabio Essence Lotion ini teksturnya lembut, mudah terserap dan nggak bikin wajah berminyak. 

Nah, 2 langkah mudah ini bisa mencegah timbulnya maskne nih asalkan dilakukan secara rutin. Dan 2 langkah ini sempurna menyiapkan kulit wajah kita untuk langkah perawatan dengan skincare kesayangan. So, mau 10 step skincare biar glowing hakiki ala orang Korea aku sih no problemo!
review produk bioderma
Bioderma Respect Your Skin
Jika dulu trennya adalah memiliki kulit wajah yang glowing, sekarang yuk kita sosialisasikan nih trem kulit wajah yang sehat. Karena glowing itu, termasuk ciri-ciri kulit wajah yang sehat. Tapi, sebenarnya apa aja sih ya ciri-ciri kulit wajah yang sehat itu, yuk simak nih.
1. Lembab dan tidak terasa kering.
2. Warna kulit merata.
3. Bebas jerawat.
4. Tidak banyak kerutan halus.
5. Plumpy alias kenyal.
6. Terlihat glowing.

So, yuk sayangi kulit wajahmu. Karena menjaga kebersihan kulit, adalah salah satu cara yang tepat untuk mencegah timbulnya jerawat. Bye-bye, maskne!

You May Also Like

72 Comments

  1. Akutuh suka bgt mba sama Bioderma ini. Tapi aku yg warna ijo.

    ReplyDelete
  2. Jangan karena di rumah malah jadi males bersihkan wajah ya Teh, justru mah harus biar gak didatengin si jiriwit pasca menggunakan masker wajah

    ReplyDelete
  3. Aku tim kulit sensitif... kelamaan maskeran aja auto mlentung jerawat.. suka kesell kayanya mesti nyoba juga deh nih biodermanya😍

    ReplyDelete
  4. saya awal pandemi donk, ga lepas dari jerawat hahaa setengah tahun sendiri ga pernah mulus, bekasnya belom ilang dah muncul lagi, untungnya sekarang udah lumayan "badak" kulitnya

    ReplyDelete
  5. Bener juga, ya. Sehat dulu kulitnya. Karena kalau udah sehat, glowing akan mengikuti. Meskipun saya jarang lama pakai masker, perlu tau juga tips ini. Siapa tau suatu saat harus pakai masker dalam waktu lama dan rutin

    ReplyDelete
  6. Waahhh bioderma!
    Ini mah produk favorit.

    Btw benar juga ya, masalah lain dari kelamaan pakai masker adalah jerawat, apalagi yang rutin pakai masker tiap hari dan lama.

    Saya aja jarang keluar dan pakai masker, tiap kali make, jadi terasa gatal di wajah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, saya pernah nyobain micellar waternya Bioderma, dan terkejut, itu tuh kayak air ajaib banget, sama sekali nggak ada rasa perih meski di mata, tapi benar-benar membersihkan kulit wajah dengan sempurna.
      Pokoknya, kalau abis keluar pakai masker, bersihin pakai ini mah, langsung bersih :)

      Delete
    2. Wah, jadi mupeng buat purchase nih.
      Kapan2 mau juga ahh pakai produk ini

      Delete
  7. Aku juga di rumah pakai micellar water cuman bukan dari bioderma. Kayanya bagus ya kalau baca review ini. Emang kelamaan pakai masker kadang bikin jerawatan makanya penting buat melakukan dua langkah di atas biar terhindar dari maskne

    ReplyDelete
  8. baru tau, maskne, ternyata gangguan kulit akibat pemakaian masker

    kulit saya kering parah selama pandemi, kayanya harus coba
    Hydrabio Essence Lotion, toner essence ya?


    ReplyDelete
  9. Yup merawat kesehatan kulit wajah memang super duper penting bangeeettt
    Maskne banyak bermunculan ya, gegara kita terlalu sering dan lamaaa pake masker.

    ReplyDelete
  10. Mom yang selalu tampil cantik ini ❤️❤️ suka lihatnya. Ternyata karena sering jaga kebersihan wajah ya Mom. Nah itu sia, saya kadang kalau malam suka ketiduran Kalau pagi malah selalu ingat, tapi PR banget nih kalau malam. Padahal siangnya kan kadang ada aktivitas di luar ruangan ya? 🤦🤦 Malam itu wajib banget bersihkan wajah.

    ReplyDelete
  11. Membantu merawat kulit di wajah bagi yang memiliki aktifitas dengan ritme tinggi.

    ReplyDelete
  12. Oalaaaaah jerawat akibat pake masker tuh namanya maskne mba 😁baru tau. Duh aku ngalamin banget mba, sampe infeksi. Sekarang mah rajin banget pokonya bersihin muka, rangkaian bioderma salah satu penolongku sih

    ReplyDelete
  13. Apakah itu maskne? Oh, ternyata acne yang ditimbulkan karena penggunaan masker selama pandemi ini ya. Iya nih, kebersihan masker juga harus dijaga dan tentunya kulit wajah kita pun harus dirawat dengan baik. So, selama maskeran, kulit wajah kita tetap sehat.

    ReplyDelete
  14. Bioderma mah ga diragukan lagi, tapi kalo teeerrrpaaaksaaaaa banget tau gak sih - P3K pada acne? Vicks ! hahahaha (jangan ditiru- kecuali kepepet - di jalan ga ada bioderma)

    ReplyDelete
  15. Sama kayak saya beberapa waktu lalu. Intinya harus menjaga kebersihan masker dan juga wajah ya kak. Bioderma ini emang bagus banget buat kebersihan wajah.

    ReplyDelete
  16. oalah namanya maskne toh, baru tahu aku
    ah benar banget ini tipsnya mbak
    Aku juga pakai Bioderma untuk menjaga kebersihan wajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. lagi kak.. aku pun sedang mengalaminya nih..

      Kebersihan wajah dan masker ya intinya. Soalnya wajah kita bersinggungan dengan masker teris

      Delete
  17. Bioderma ini memang sesuai ya sama harganya. Bagus juga kualitasnya.
    Btw, anakku yg cewek kayaknya pernah kena maskne. kulitnya luka karena kelamaan pakai masker dan berkeringat saat latihan marching band.
    Kayaknya bioderma cocok juga ya buat remaja

    ReplyDelete
  18. ya ampuuuun, ada lagi istilah baru, maskne. Hihihi. Beautycare pun ikut berevolusi yaaaa. Cerdas banget ini Bioderma.

    ReplyDelete
  19. Mencegah mask acne dengan dua langkah..beneran penting nih, aku juga kena sudah jerawatan karena maskeran diarea masker jerawat ga ilang-ilang..hiks!

    ReplyDelete
  20. eh bener banget pantesan aku jadi sering jerawatan, ternyata salah satunya karena sering pakai masker ya. Wah produknya bikin mupeng mba, udah pasti terlihat hasilnya mah kalo Bioderma :D jadi makin kepo sama Bioderma Sensibio H20 Micellar Water nya nih :)

    ReplyDelete
  21. Pengen deh punya kulit yang sehat, daripada kulit yang glowing, dan cara merawatnya gak mudah ya mba harus rutin, ini yang jadi peer masih. Wah jadi pengen cobaik produk Bioderma ini ^_^

    ReplyDelete
  22. Bioderma Sensibio H20 Micellar Water ini banyaaak yg rekomen ya mba
    Bagus banget ini produknya
    aku juga tertarik buat beli.

    ReplyDelete
  23. Bioderma sangat ringan diwajah jadi kalo abis pakai tidak Kya robot muka menjadi kaku,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah nyobain Bioderma ini mba echi. Cuma gara-gara tulisannya Mba Shinta nih, jadi tertarik mau beli. Hehehe. Secara setiap hari pakai masker kita kan.

      Delete
  24. Setuju mbak jerawat daerah wajah kena masker jerawatan terus nih. Sekarang Deket hidung tapi ya harus sabar nunggu matang biar tidak jadi bopeng.

    ReplyDelete
  25. Banyak ya yang mengalami maskne di masa pandemi ini. Wajib banget bersihin wajah biar gak mucul jerawat karena kelamaan pakai masker. Pilih pelembang agak pilih-pilih aku kadang ada yg bikn keringetan banget. Nyobain hydrabio essence lotion deh nanti kalau stok aku udah habis

    ReplyDelete
  26. Saudaraku ada yang maskne. Jadi dia gak bisa lama-lama pakai masker. Beruntung karena seringnya di rumah aja. Jadi gak terlalu gimana-gimana. Dan bersihin wajah memang wajib ya

    ReplyDelete
  27. Kalau saya, merawat kulit, terutama kulit wajah, moody an mba.
    bisa rajin, tapi pas dateng malasnya, duhhh
    Alhamdulillah gak sampe masakne sih mba sayanya...
    tapi saya tetep gak tahan lama-lama maskeran, sesak rasanya

    ReplyDelete
  28. Ternyata wajah kering juga bikin jerawatan ya. Kulitku nih lagi gampang kering. Harus dikasih toner terus deh.

    ReplyDelete
  29. Owh...aku baru tahu kalau ada efek yang timbul karena penggunaan masker terlalu lama.
    Maskne namanya.
    Jadi untuk menjaga kulit tetap sehat, kudu banget dirawat menggunakan skincare yang sesuai kebutuhan kulit.

    ReplyDelete
  30. aku di rumah malah kerjaan tambah banayak hahaha. tapi memang perawatan wajah tuh sering banget terlewat malah ya mba

    ReplyDelete
  31. Mengganti masker setiap 4 jam juga bisa jadi alternatif supaya tidak timbul maskne.

    ReplyDelete
  32. Hahaha, jadi bingung dah ya. Gak pake masker terancam corona. Pake masker ada maskne. Aku baru tahu lho ini soal maskne.

    ReplyDelete
  33. aku pakai Bioderma, meskipun harganya lumayan banget tapi bagus kualitasya. APalagi yang atoderm lip itu beneran bikin bibir lembab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mba, aku pakai pelembap yang sebium global hasilnya bagus di kulit, ga minyakan tapi tetep lembap.

      Delete
  34. Maskne tuh peer banget ya mba, bikin sedih deh. Untung banget ada informasi kayak begini, aku jadi bisa jaga-jaga biar ngga kena maskne

    ReplyDelete
  35. Oalah... Sempat bingung maskne itu apa. Ternyata jerawat yang ada di sekitar yg tertutup masker toh. Hehehe baru tahu. Iya kalau tidak dirawat, meski ditutup justru malah timbul masalah ya

    ReplyDelete
  36. Kalau saya untuk mencegah maskne harus rajin membersihkan wajah dan mencuci wajah kemudian menggunakan sunscreen tuh juga mencegah maskne

    ReplyDelete
  37. Saya baru tahu nih istilah maskne.
    Di area manapun tumbuhny jerawat pastinya ga nyenengin banget.
    Btw ini aman untuk perempuan hamil ga kak?

    ReplyDelete
  38. Maskne ini salah satu hal yang bikin sensi. Apalagi kalau lagi matang matangnya dan harus kena gesekan lagi sama masker. Malah meradang jadinya. Makanya wajib pilih produk skincare yang tepat untuk jaga kelembaban kulit biar nggak terjebak maskne.

    ReplyDelete
  39. Nah ketemu deh istilahnya, maskne ya Mbak,, noted. Aku ada nihh krn kl mau ke mana2 masih setia pake masker jadinya muncul deh maskne di bagian dagu, huhuu. Unik ya Mbak, essence Bioderma dalam bentuk loton, mau nyoba ahh

    ReplyDelete
  40. Aku jarang pakai masker sih, dan baru tahu juga soal maksne inii. Ya ampunn. Jadi penasaran sama essence nyaa

    ReplyDelete
  41. Aku nih yang termasuk malas ganti-ganti masker, alhasil sering banget jerawat nongol di area T.. terutama pipi. Padahal dulu di pipi itu juarang banget berjerawat. Eh sejak pandemi malah sering muncul. Memang selain rajin skincarean, kudu rajin ganti masker yaa :D

    ReplyDelete
  42. Nah iya bener,
    Akhirnya aku jadi ngeh kenapa kok kulit area aku menggunakan masker sering jerawat itu ternyata karena ini ya Mba.

    Kirain karena hormon atau aq makan yang bikin kulit jadi bermasalah

    ReplyDelete
  43. awal pake masker berjam-jam eh jerawat ada muncul di dagu sama pipi semept kesel sih tapi sekarang sudah hempas

    ReplyDelete
  44. Nah, ini lumayan ganggu juga ya mbak. Wajah terbuka suka pada jerawatan, ternyata ditutup masker kulitnya makin gak bisa nafas. Harus pinter2 merawat wajah biar ttp sehat & aman ya

    ReplyDelete
  45. Atuhlah ini bener banget. Saya nggak pernah jerawatan, eh pas sering masker jadi muncul maskne ya di area tertentu tersebut. Kadang jadi kesel sendiri

    ReplyDelete
  46. Penting banget nih infonya. Kalau wajah gak bersih gampang banget kena jerawat kaya aku sekarang huhu.

    ReplyDelete
  47. sepertinya banyak yang mengalami maslaah sama ya kak. apalagi masker sudah jadi pakaian wajib nih. sepertinya ini penting untuk dipraktekkan sih ya

    ReplyDelete
  48. Seketika bercermin dan bertaya-tanya... apakah jerawat-jerawat yang muncul di area pipi bagian bawah dan sekitar dagu ini karena pemakaian masker? Soalnya biasanya ga jerawatan di bagian sini. Hm sip sip saya akan lebih memerhatikan cara membersihkan wajah. Terima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  49. Aku biasanya cuek dengan penampilan tapi sejak pandemi malah rajin bersih-bersih muka bukan tanpa alasan tapi takut kena maskne sebab kalo pergi kita wajib pake masker kan?.. pandemi ada hikmahnya hihii...

    ReplyDelete
  50. emang nih ya jerawat karena masker kayak gini bandel banget dan telah merajalela di wajahku, huhuhu :(
    Thanks kak tipsnya, barangkali akan kucoba, tapi masih takut ganti-ganti skincare, takutnya nggak cocok gitu...

    ReplyDelete
  51. Pernah pake juga nih yang Micellar Bioderma. Iya, enggak bikin kering dan bikin kulitku terasa kenyal dan fresh setiap abis dibersihin.

    Btw, iya banget sih kak. Waktu awal-awal tuh pernah ngga prepare. Setelah aktivitas, kulit wajahku gatel parah sampai kemudian timbul jerawat. Huhu, bikin bete kalo udah jerawatan soalnya cukup lama treatmentnya.

    ReplyDelete
  52. Sebenarnya, untuk pemakaian produk-produk semacam ini, perlu konsul dulu ke dokter kulit atau tidak sih? Istriku pernah pakai suatu produk, ternyata malah bikin mukanya bengkak, bentol-bentol nggak karuan. Alhamdulillah, setelah dibawa ke puskesmas, dikasih obat, sekarang sudah normal lagi.

    Jadi, sarannya bagaimana? Karena setiap produk pastilah berbeda kandungannnya.

    ReplyDelete
  53. Ternyata ada efek samping juga pemakaian masker jangka panjang. Mau dilepas, takut terpapar pirus, mau dipakai terus, eh terkena maskne. Untung ada perawatan lebih lanjut dengan Sensibio H2O Micellar Water, jadi nggak khawatir lagi deh terkena maskne.

    Very nice post Kakakkkkk

    ReplyDelete
  54. Iya nih aku klo habis pakai masker, terutama masker medis biasanya besoknya kulit langsung kayak bruntusan gitu deh. Muncul jerawat kecil-kecil di area yang tertutup masker. Bikin gak nyaman
    Kayaknya aku memang butuh bioderma buat ngatasin masalah kulit ini

    ReplyDelete
  55. Walaupun pandemi ini memaksa kita untuk di rumah saja tapi emang perawatan harus jalan terus. Tips ini bermanfaat banget buat yg masih harus beraktifitas d luar rumah. Apalagi kandungannya di desain agar tidak merusak kulit.

    ReplyDelete
  56. Sempat aneh apa sih Maskne.. kirain mesakne. Hehe.. ternyata mask acne. Bener juga ya, ada bagian wajah yang tak tertutup bisa membuat garis perbedaan dan kotor. Kalau tidak rajin bersihkan bisa jadi jerawat. Tapi dengan Bioderma Sensibio H2O Micellar Water bisa ampuh bersihkan wajah

    ReplyDelete
  57. Wah, terima kasih tipsnya kak. Memang sekarang wajah gampang maskne gegara kelamaan pakai masker. Kulit yang terhidrasi dan pembersih yang tepat adalah kunci kulit enggak dihinggapi jerawat gegara masker ya....

    ReplyDelete
  58. Tak hanya perempuan yang ngalamin. Ternyata laki-laki juga bisa mengalaminya. Nah, itu yg terjadi dengan saya saat ini. Dimana daerah yang tertutup masker begitu kering, gatal, timbul ruam merah dan jerawat 😖😖

    ReplyDelete
  59. Cewek2 ini memang paling pinter ya kalo suruh bersolek hehe...perlu dicontoh nih. Baru kenal ada istilah maskne dan thanks nih kak sudah mencerahkan...

    ReplyDelete
  60. Oalah, ada sitilah maskne juga sekarang. Atau sudah lama ada?
    Kebetulan saya ga berjerawat lagi dan jangan sampai deh, ya ampun usia sudah ba'da Asar banget... hihi

    ReplyDelete
  61. Wahhh bioderma, sudah lama pengen nyobain produknya. Apalagi sejak pandemi ini ko jerawat gampang banget muncul. Ternyata efek kelamaan pakai masker ya. Thanks sharingnya mba.

    ReplyDelete
  62. Aku kan waktu gadisnya nggak mudah jerawatan nih Mba, tapi setelah punya anak kok malah mudah jerawatan ya? Kalau gitu karena apa ya?

    ReplyDelete
  63. Caranya praktis banget ya Mbak. Cukup dua langkah gitu. Saya suka perawatan wajah yang simple kayak gini, apalagi untuk hilangin jerawat yang betag bersarang di wajah ini.

    ReplyDelete
  64. Mengganti masker setiap 4 jam juga bisa jadi alternatif supaya tidak timbul maskne.

    ReplyDelete
  65. Cara mencegah maskne, bersihkan wajah dengan pembersih yg lembut dan pastikan wajah terhydrasi dengan baik yaa Mba Shyntako. Thank you for sharing...

    ReplyDelete
  66. Maskne nih maslahku banget mbak.. untunglah ya aku baca artikel ini emang sih kita harus benar2 rajin membersihkan wajah salah satu upaya supaya maskne ga muncul

    ReplyDelete
  67. akupun mengalaminya ini mbak shynta, jerawat yang terjadi gara2 3 hari ini ada acara offline tertutup sama masker. biodermai ini bisa salah satu solusi ya

    ReplyDelete