Saturdate Bersama Natur & Komunitas ISB; 5 Tips Merawat Rambut dan Merawat Blog Kita

Ada yang beranggapan bahwa perempuan berhijab pasti bebas dari masalah rambut karena rambutnya terlindungi dari paparan asap, polusi, sinar matahari dan bahaya dari styling rambut. Oh, tunggu dulu tidak semudah itu Ferguso! Justru karena sering tertutup, maka umumnya masalah utama perempuan berhijab itu adalah rambut lepek karena produksi minyak berlebih dan bisa memicu permasalahan rambut seperti ketombe dan rambut mudah rontok.

Walaupun berhijab, rambut tetap memerlukan perawatan yang intensif agar tetap sehat dan indah. Rambut yang seringkali diikat kencang juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Umumnya, perempuan berhijab seringkali mengikat rambutnya seharian. Akibat tertutup seharian penuh seringkali rambut terasa gatal. Rasa gatal pada rambut biasanya disebabkan akibat keringat yang memicu produksi minyak berlebih dan rambut pun jadi bau apek. 

Selain itu, siapa bilang perempuan berhijab gak bisa berekspresi dengan rambutnya. Saya termasuk yang suka banget mewarnai rambut saya. Terlebih lagi setelah berhijab, jadi lebih bisa bereksperimen dengan bermacam warna. Tapi, ya itu dia masalahnya rambut jadi kusam dan mudah rontok.

perawatan rambut berhijab
Hair Beauty Dating & Sharing Session Natur dan Komunitas ISB.

Minggu lalu, saya berkesempatan untuk hadir di acara kolaborasi antara Natur dan Komunitas Indonesian Social Blogpreneur. Disini kita dapat banyak banget tips seputar perawatan rambut dari Natur dan dilanjutkan dengan sesi workshop blogging dari mba Ani Berta selaku founder Komunitas ISB. Yuk, simak tips cara merawat rambut untuk perempuan berhijab berikut ini.

Tips Merawat Rambut Berhijab Secara Alami 

1. Sisir rambut sebelum mandi dan keramas

Setelah berhijab dan beraktifitas seharian biasanya rambut kita menjadi kusut. Gunakan sisir dengan gerigi jarang dan lebar untuk merapikan kembali rambut yang kusut sebelum mandi dan keramas. Ritual ini bisa mengurangi kerontokan rambut loh. Biasakan juga menyisir rambut minimal dua kali sehari untuk memperlancar sirkulasi darah ke kulit kepala.
 

2. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Perempuan berhijab yang berambut panjang umumnya mengikat rambut agar tidak berantakan dan offside keluar hijab yang pastinya bikin gak nyaman. Tapi, kebiasaan ini bisa membuat rambut mudah rapuh dan rontok. Tipsnya, ikatlah rambut secukupnya dan agak longgar agar rambut bisa bernafas.
Jika sudah dirumah, biasakan segera melepas ikatan rambut. Biarkan rambut tergerai alami setelah seharian berhijab. Oya, untuk menghindari garis tepi rambut menipis, coba ganti arah belahan rambut sesekali ya.
 

3. Keringkan rambut secara alami sebelum memakai hijab

Jangan mengenakan hijab jika rambut masih dalam keadaan basah. Hal ini bisa memicu munculnya ketombe. Kalo memang lagi terburu-buru, gunakan hairdryer dan atur pada suhu paling rendah. Ada baiknya juga rambut sesekali terkena sinar matahari agar mendapat asupan vitamin D pada kulit kepala.

4. Pilih bahan hijab yang nyaman

Gunakan hijab dengan bahan serat alami yang memudahkan sirkulasi udara di kulit kepala. Bahan katun umumnya paling baik. Karena dapat menyerap keringat dan mengurasi gesekan dengan rambut yang bisa membuat kondisi rambut rusak.

5. Gunakan produk perawatan rambut khusus

Untuk perawatan rambut berhijab disarankan memakai sampo khusus dengan bahan alami. Tidak perlu juga keramas setiap hari karena rambut bisa jadi rapuh. Keramaslah 2-3 kali seminggu. Selain itu, biasakan juga menggunakan masker rambut secara rutin 1-3 kali seminggu. Cara pemakaian hair mask pun terbilang sangat mudah. Pertama, usapkan hairmask di helaian rambut setelah keramas. Diamkan 1-2 menit, lalu bilas sampai bersih.
  
perawatan rambut berhijab
Cara pemakaian Natur Hair Mask Olive Oil.

Kalo ngobrol tentang perawatan rambut dengan bahan alami, sudah pasti deh semua pasti langsung ingat sama Natur. Sejak dulu kala, sudah nancep banget brandingnya. Plus, sekarang Natur melakukan inovasi juga dengan menambahkan aroma yang lebih segar pada produknya. 

Produk Perawatan Rambut Alami Dari Natur

 
perawatan rambut berhijab
Varian Produk Perawatan Rambut Natur.

Solusi untuk masalah rambut rontok

Rambut rontok bisa diakibatkan oleh berbagai penyebab mulai dari keturunan, kurangnya asupan gizi sampai kesalahan memilih produk perawatan rambut. Natur menghadirkan rangkaian perawatan rambut untuk mengatasi masalah rambut rontok dengan kandungan ekstrak ginsengnya.

Solusi untuk masalah rambut tipis

Aloe Vera terkenal karena khasiatnya dalam menutrisi rambut sehingga merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Produk Natur dengan varian Aloe Vera ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki masalah rambut tipis.

Solusi untuk masalah rambut berketombe

Kandungan Tea Tree Oil dalam varian produk Natur ini berfungsi untuk mengurangi jamur penyebab munculnya ketombe. Dan bisa dikombinasikan dengan seri Ginseng untuk mengurangi kerusakan rambut yang jadi mudah patah dan rontok karena gatal akibat ketombe.
 

Solusi perawatan rambut berwarna

Aneka seri perawatan rambut Natur. (Foto: dokumen Yo Ayo Project)

Kamu termasuk tipe seperti saya yang suka banget hair coloring walaupun berhijab? No worries beb, karena sekarang Natur pun hadir dengan seri perawatan rambut untuk rambut berwarna dengan kandungan Natur Olive Oil yang menutrisi dan menjaga kilau rambut agar tetap sehat dan indah.

Nah, Sabtu sore kemarin tepatnya 11 Januari 2020 yang lalu, selain membahas tentang perawatan rambut ala Natur. Saya juga mendapat kesempatan langka untuk menyimak materi workshop tentang bagaimana merawat dan mengembangkan blog yang sekarang mulai tergeser Instagram dan Twitter. Untuk kali pertama, saya bertatap muka langsung dengan founder komunitas ISB yang kerap dipanggil dengan panggilan akrab Teh Ani Berta.

Ani Berta, Founder Komunitas ISB.

Di saat jaman now di era teknologi 4.0, saat ini dunia profesi blogger mulai bergeser ke arah key opinion leader/influencer dengan berbasis platform Instagram dan Twitter. Sudah mulai banyak blogger yang akhirnya mulai meninggalkan dan melupakan blognya.

Menurut Teh Ani, kita harus kembali ke fitrahnya blogger, ingat kembali niat awal kita mulai nge-blog. Berikut tips untuk menggiatkan kembali aktifitas nge-blog kita:

1. Cari konten yang relevan dengan situasi jaman now
Kita bisa membuat artikel yang topiknya memang sedang hangat jadi pembicaraan di tengah masyarakat. Tapi, tetap sesuaikan dengan gaya dan kaitkan dengan niche blog kita juga.  

2. Buka hati dan pikiran untuk mencoba menulis niche lain
Terkadang, kita harus membuka diri untuk berani menulis artikel dengan niche yang beda dari yang biasa kita buat. Hal ini tentu saja bisa menjadi peluang untuk klien yang mungkin industrinya berbeda dengan niche kita pun akhirnya melirik kita sebagai blogger berkualitas.
 
3. Konsisten post artikel organik (jangan hanya sponsored post)
Memang sekarang banyak berterbaran job blogger dari klien, tapi alangkah baiknya jika kita rajin juga postingan artikel organik. Usahakan jumlahnya berimbang antara yang sponsored post dengan postingan organik.
 
4. Rajin menambah knowledge dan skill
Salah satunya rajin baca buku atau datang ke event yang bisa menambah wawasan kita. Jadi, ketika akan posting artikel kita tidak kehabisan ide. Lengkapi juga skill kita dengan keahlian fotografi dan videografi untuk kebutuhan job yang berkaitan dengan instagram. Dan, penting juga sih untuk bertanggung jawab terhadap image yang kita wakili sebagai influencer.
 
5. Networking
Yuk, perluas networking dan aktif di berbagai komunitas blogger. Kita juga harus punya branding sebagai blogger yang beda dengan blogger lainnya. Hal ini yang membuat klien bisa tertarik untuk berkolaborasi/bekerja sama dengan kita.

Gimana, apa kamu termasuk yang sedang melirik dan ingin menekuni profesi sebagai blogger? Jadi, penting banget kan yaa merawat rambut kita sebagai penunjang penampilan kita dan juga merawat blog dan mengembangkan brand image kita sebagai blogger. Semoga tipsnya bisa berfaedah ya. 





38 comments :

  1. Walaupun memakai hijab, rambut harus selalu terjaga keindahannya dong yah kak. Nature sih gak diragukan lagi nih semua produknya beragam banget tinggal dipilih sesuai kebutuhan yah. Semangat mengurus rambutnya kak :3

    ReplyDelete
  2. Ah kangen deh ikutan gathering Natur ini :)

    Suka karena biasanya kolaborasi memberikan materi yang keren-keren :)
    Noted banget untuk tips Teh Ani, memang paling sulit menulis kalau cuman 1 niche, butuh pemikiran yang lebih buat mengumpulkan bahan tulisan.

    Makanya saya milih tema beragam, tapi tetep mencoba berlakukan tema harian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang terberat itu kayaknya konsisten.
      Konsisten update konten, terutama yang organic.
      Keterbatasan waktu tentunya jadi masalah.

      Khususnya bagi mamak-mamak kayak saya, tapi bukan berarti nggak bisa konsisten nulis :)

      Delete
  3. Tips dari teh ani keren ya mbak dari banyak hal yang disampaikan jadi inspirasi banget

    ReplyDelete
  4. Teh Ani tsakeepp bgt pake baju serba hitam, so elegant!
    Aku mauu juga ikutan acara NATUR, semoga suatu hari nanti bisa join acara yg keren ini

    ReplyDelete
  5. Saturdatenya seru bgt mbak...
    Slain bisa kopdaran sesama blogger juga bisa dapat banyak ilmu yg bermanfaat...

    ReplyDelete
  6. Pergi juga ya? Sama donk kita. Besok pergi bareng ya

    ReplyDelete
  7. Problem aku banget nih
    Rambut rontok dan rusak sesudah pake jilbab
    Sesudah pakai jilbab berkurang rontoknya

    ReplyDelete
  8. Saturdate yang bergizi. Terimakasih sudah berbagi reportase acaranya. Senang saya ikut menyerap ilmu nya ya

    ReplyDelete
  9. Seperti rambut yang butuh dirawat dengan NATUR blog pun butuh dirawat ya?

    Kalau Blog curhat hore kaya punyaku perawatannya lebih mudah, hahaha

    Btw, NATUR kualitasnya emang ga diragukan lagi.
    Pokoknya selama 20tahunan aku punya rambut panjang sudah tak trrhitung gimana NATUR menolongku dari rambut rontok dan ketombe.

    ReplyDelete
  10. Eh sisiran sebelum mandi keramas? Aduh yang ini nggak pernah saya lakukan. Abis mandi aja kadang nggak sempat sisiran hehehe...

    Rambut terawat, blog juga terawat. Keren ini konsep acaranya

    ReplyDelete
  11. Wah, sebagai perempuan yang doyan ngaca sambil nyisirin rambut, aku patut bangga karena sudah melakukan tahapan perawatan rambut yang dianjurkan, hahaha ... Nyisir doang, ke bawahnya zonk. Malah sering juga rambut masih basah eh langsung pakai kerudung lalu ngacir pergi beraktivitas.

    Sewaktu kepala ditutupi kerudung, terasanya seger banget, sih. Tapi sore harinya sewaktu sampai di rumah, terasa banget jadi lepek. Duh, jangan-jangan di sini nih awal ketombe suka singgah, ya.

    ReplyDelete
  12. Duh saya nih mbak, sering banget setelah keramas, rambut masih basah, karena buru-buru langsung pakai jilbab terus pergi kesana-kemari, pantesss lah itu kotembe kadang bandel dateng lagi dan lagi!

    ReplyDelete
  13. Pas abis bersalin, rambut rontok itu rasanya neraka banget ya Mba Shin. Rontoknya itu gak sehelai dua helai, tapi udah kayak abis dijambak mak lampir. Hahaha. Saya pas lahiran pertama langsung shock. Tapi begitu baca sana-sini kalo rambut rontok setelah melahirkan itu karena pengaruh hormon, baru lah mengerti. Sisanya adalah perawatan rutin, salah satunya menggunakan Natur untuk rambut rontok.

    ReplyDelete
  14. Aku tipe yang males ngerawat rambut hehehe thanks for sharing ya mbak. Biar semangat deh jaga mahkota ini

    ReplyDelete
  15. Natur emang sudah terpercaya sih soal perawatan rambut rontoknya.
    Saya harus coba nih.
    Eh tips dari mba Ani Berta juga ngena banget buat saya yang lagi semangat belajar nge Blog.

    ReplyDelete
  16. Banyak kesaalahan yang masih sering aku lakukan mba, mengikat terlalu kencang dan nggak ngeriingin dulu sebelum make hijab, akhirnya rambut bermaslah deh. Untung ya sekarang ada Natur, daridlu juga sudah ada natur ya jadi kita bisa aman rambutnya.

    ReplyDelete
  17. Ngerawat rambut berhijab dan ngerawat blog sama2 susah-susah gampang ya mbak 😄 perlu ketelatenan.. sekarang rambut ku juga bermasalah khususnya rontok dan ketombe, kan pas banget ini sama produk2 terbarunya Natur 😍

    ReplyDelete
  18. Nah aku kalau pakai jilbab rambutnya ga pernah dikuncir, tapi pakai jedai si jepitan badai hahaha lebih ga rontok! Anw noted tipsnya dari Mbak Ani mbaak. Makasih banyak!

    ReplyDelete
  19. Diriku berarti masuk kategori kurangnya asupan gizi nih. Masalahku rambut rontok :D
    Tapi iya sih, aku memang seringnya nggak makan kalo udah minum banyak :D

    ReplyDelete
  20. Masalahku ada di rambut rontok. Entahlah karena berhijab atau karena rambut panjang ya, aku juga gak paham. Trus juga mudah lepek sih, jadi pengennya keramas tiap hari. Wakaka kok jadi banyak ya masalahnya. Mungkin aku emang harus cobain natur ya

    ReplyDelete
  21. Seru ya mbak acaranya, andai acara seperti ini juga diadakan di Aceh. Terima kasih tips merawat rambutnya. Sepertinya perlu dipraktekkan biar kulit rambut dan rambutnya tetap terjaga.

    ReplyDelete
  22. Ternyata pemakaian dari masing-masing jenis shampo Natur ini bisa dikolaborasikan ya, misal untuk kasus rambut rontok dan rambut ketombean bisa menggunakan dua jenis sekaligus

    ReplyDelete
  23. Rambut ini salah satu mahkota perempuan yang susah-susah gampang ngerawatnya. Aku berhijab dan dari dulu masalahnya selalu sama; kalau rambut ga rontok, ya ketombe. Dua itu aja udah. Makin gede, makin nyadar kalau perawatan tubuh itu nggak bisa ala kadarnya tapi harus bener-bener paham ilmunya maupun produk yang dipakai.

    ReplyDelete
  24. Wah nature ini bisa jadi solusi untuk berbagai permasalahan rambut ya. Apalagi rambut saya rontok parah nih, mungkin cocok dengan shampoo ini.

    Btw materi dari teh Ani oke juga, "kembali ke fitrahnya blogger", yap semoga tahun ini postingan organiknya bisa lebih mendominasi ya.

    ReplyDelete
  25. Rambut berhijab bukan berarti gak ada masalahnya ya..
    Justru karena sering ditutup, suka rontok dan lembab. Saay juga suka perawatan menggunakan natur, rontok berkurang.

    ReplyDelete
  26. Setuju. Rambut berhijab justru harus tetap dirawat. Begitupun dengan blog. Sedihlah pokoknya kalau salah satu atau keduanya gak terawat

    ReplyDelete
  27. Seru ya acaranya, bisa dapat tips mengenai cara merawat rambut dan dapat tips terkait influencer. Kalau menurutku merawat rambut gampang-gampang susah ya. Aku juga sesekali pakai Natur yang hair toniknya, cuma masih kombinasi juga dengan produk lain

    ReplyDelete
  28. Aku nih rambut rontoknya parah banget jadi males nyisir pas keramasan sekali sisir duh sedih deh banyak yg copot

    Tipsnya mantab nih teh Ani untuk blog

    ReplyDelete
  29. tipsnya oke juga ya..dan ini sekalian merawat rambut plus merawat blog kita. AKu udah lama ngga pakai produk yang satu ini

    ReplyDelete
  30. wah sambil menyelam minum air ini

    udah dapat tips rawat rambut eh dpt tips rawat blog jugaa

    aku pake natur dulu buat rambut rontok.. dan work bgt

    ReplyDelete
  31. Nah, masalah mengeringkan rambut ini yang jadi PR ya. Biasanya habis keramas langsung pergi jadi rambut masih basah gitu.

    ReplyDelete
  32. Nightmare banget yaa...kalau perempuan rambutnya rontok parah.
    Aku pakai Natur yang ginseng juga...alhamdulillah, mulai berangsur membaik.
    **shy

    ReplyDelete
  33. Wah senengnya ada teh Ani Berta yang sharing. Oia aku juga pake Natur nih buat mengurangi kerontokan rambut dan manjur banget hasilnya

    ReplyDelete
  34. Wah berarti selama ini aku udah bener nih kalau keramas seminggu 2 kali aja hehe :D
    Tapi aku sumpek emang ma rambut jd seringnya potong pendek di atas telinga gtu :D
    Wah seru acaranya selain dapat ilmu merawat rambut juga dapat ilmu merawat blog ya :D

    ReplyDelete
  35. Dalam perjalanan hidup , merawat karir juga sama pentingnya dengan merawat diri sendiri.
    sharing ini menarik sekali
    makasih ya

    ReplyDelete
  36. Seru ya kak acaranya. Dapat ilmu baru seputar perawatan rambut. Terkadang memang merawat rambut juga butuh prhatian khusus. Sama halnya seperti merawat anggota tubuh yang lain.

    ReplyDelete
  37. Seruu banget ya acaranya mbak. Banyak ilmu yang didapat terutama ilmu perawatan rambut. Saya tuh keder soal rambut. Suka rontok.

    ReplyDelete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates