Cara Buka Tabungan Emas Pegadaian; Investasi Kekinian

by - December 10, 2019

Di era teknologi 4.0 ini, hampir segala hal semakin mudah dan bisa dilakukan hanya melalui gadget kita. Hal ini pun berlaku untuk perencanaan keuangan. Pada prinsipnya, perencanaan keuangan itu harus mencakup proteksi dan investasi. Kita nggak bisa tuh hanya fokus di investasi terus tanpa juga memiliki proteksi yang mumpuni. Investasi tanpa proteksi itu ibarat bermain bola tanpa kiper. Begitu lengah, bisa kebobolan dan ambyar semua investasi yang sudah kita rencanakan.
Investasi sendiri sebenarnya secara sederhana bisa diartikan sebagai aktifitas menempatkan dan mengumpulkan dana pada instrumen keuangan dalam jangka waktu tertentu dengan harapan akan mendapatkan keuntungan (hasil investasi). Menabung sebenarnya bisa dibilang sebagai investasi. Tapi karena habit orang jaman now yang lebih sering menggunakan rekening tabungan untuk kebutuhan biaya hidup, maka tujuan investasinya biasanya seringkali meleset. Lebih banyak pengeluaran dibandingkan uang yang kita setorkan ke rekening tabungan. Selain itu, bunga yang didapatkan dari bank biasanya jauh dibawah tingkat inflasi. Hal ini jelas, menurut saya sih nggak cuan ya.
Kita perlu instrumen keuangan yang menawarkan keuntungan/hasil investasi diatas nilai inflasi. Itu trik utamanya. Saham atau reksadana tentunya sangat menggiurkan, tapi juga harus dipahami bahwa resikonya juga tinggi. Deposito juga ada yang menawarkan hasil investasi yang bagus, tapi kalo saya kurang sreg sama sistem penalti dan kewajiban lamanya menyimpan dana kita. 
tabungan emas pegadaian
sumber gambar: pexels.com
Logam mulia (LM) pun sekarang jadi salah satu alternatif untuk investasi loh. Cuma terkadang berat ya untuk langsung menyisihkan dana sekian rupiah untuk membeli LM terkecil misal 5 gram. Nah, menjawab permasalahan tersebut, Pegadaian menawarkan solusi tepat untuk kita yang berminat investasi Logam Mulia tapi budgetnya terbatas. Kini, sudah tersedia Tabungan Emas di Pegadaian. Dan kita bisa buka Tabungan Emas tersebut secara online.

Langkah-langkah Membuka Tabungan Emas di Pegadaian Digital

  1. Unduh dulu ya aplikasi Pegadaian Digital di Playstore atau Appstore.
  2. Lanjut kalian registrasi dan bikin akun di Pegadaian Digital.
  3. Di halaman utama, pilih menu dengan icon Emas dan pilih Daftar Rekening.
  4. Lalu, klik Buka Tabungan dan isi data-data yang diminta di setiap stepnya. Siapin KTP ya, guys.
  5. Nanti akan tertera nominal Rp50.000 sebagai setoran awal untuk buka Tabungan Emas ini.
  6. Pilih cara pembayaran transfer ke rekening Virtual Account (BNI, BRI, BCA, Mandiri atau Bank Permata).
  7. Begitu pembayaran kamu diterima dan sudah tervalidasi, kamu resmi sudah memiliki Tabungan Emas di Pegadaian.
Setelah itu, kamu bisa mulai deh untuk top-up Tabungan Emas kamu di menu Beli. Kamu juga akan dapat info harga emas per harinya di aplikasi ini loh. Dan nanti, saat jumlah gramnya sudah mencukupi untuk dicetak kita bisa pilih untuk mencetak emas LM kita. Tersedia pilihan emas LM Antam atau emas LM UBM. Atau, kamu bisa pilih untuk cairkan nilai emas yang kamu punya ke rekening bank kamu. Nah, untuk bisa bertransaksi seperti ini kamu memang harus datang sih ke Pegadaian terdekat yang kamu pilih sebelumnya saat pembukaan rekening. Nanti, kita akan mendapatkan juga buku rekening Tabungan Emas Pegadaian.
Simple banget kan? Intinya kita harus konsisten dan disiplin sih kalo mau berinvestasi. Tidak pernah ada kata terlambat loh untuk memulai. Dan, satu lagi nih kita perlu tentukan juga tujuan investasi kita apakah untuk dana pensiun, dana pendidikan atau dana untuk naik haji. Yo ayo ah kita mulai berinvestasi!






You May Also Like

81 Comments

  1. Saya pernah baca tentang tabungan emas dari pagadaina ini. tapi kemaren cuma sekilas aja.

    setelah baca artikel kaka, saya jadi penasaran untuk lebih tau dan membuka tabungan emas ini kak

    -PS-
    Peluk dari jauh
    lilpjourney(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kak, tahun 2020 ini kita mulai investasi. Hati-hati milih investasi ya jangan yang investasi bodong. Kalo di pegadaian sih insya Allah aman lah ya.

      Delete
  2. Keren postingannya! Terimakasih ya kak sudah berbagi tips :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk dicoba kak mulai nabung emasnya, tahun 2020 harus mulai investasi nih

      Delete
  3. AKu kemarin sudah nyobain sistem arisan emas di pengadaian. Emang enak. BAru tahu kalau ada tabungan emas juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mba tabungan emasnya, nanti kalo sudah mencukupi untuk dicetak bisa kita cetak emas LM nya di cabang Pegadaian terdekat

      Delete
  4. Mudah sekali transaksi ini.nanti aku ikutan juga ah kalau udah punya duit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kak, nabung mulai dari 10 ribu juga bisa loh ini. Asal kita mau mulai menyisihkan aja.

      Delete
  5. Aku dah pernah punya tabungan emas lah, bisnis emas lah yg online online tp ribet pada akhirnya.tp yang pegadaian punya sih belom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya sih milih yang bisa online gini mba transaksinya jadi praktis gak ribet

      Delete
  6. Bermanfaat artikelnya mbak. Pengen coba nabung sampe banyak, apalagi nabung pahala untuk bekal kita ke surga ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tabungan emas dari pegadaian saya sudah punya lho. Bulan lalu saya daftar hehe

      Delete
    2. ayo dong muai nabung mbaknya, jangan hedon teyuuus :p

      Delete
    3. Oh mbak yang mulai ya, sungguh mbak keterlaluan kata bang haji

      Delete
  7. Menyesal deh buatkan anak tabungan pendidikan. Sekarang aku baru tau lebih efesien pakai Logam Mulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku sih untuk tabungan pendidikan lebih pilih investasi kaya gini mba daripada cm setor uang ke rekening bank doang

      Delete
  8. Makasih banyak infonya mba, aku memang dari dulu tertarik buat nabung emas karena tiap tahun naik terus dan sangat mwnjanjikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak dimulai dari sekarang, apalagi di Pegadaian mulai dari 10 ribu juga bisa kok nabungnya

      Delete
  9. Mudah banget ternyata, ya. Kalau di Pegadaian udah dijamin aman, 'kan? Saya pengen deh jadi investasi emas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah kak, insya Allah sih ya aman karena ini kan BUMN punya negara juga

      Delete
  10. BAru tahu ada tabungan emas digital pegadaian, biasanya aku beli LM dengan DP sisanya cicilan setiap bulan setelah lunas baru bisa ambil LM nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mba sekarang tabungan emas, kemarin juga tahu infonya dari temenku dan beberapa selebgram hehehe

      Delete
  11. tertarik banget. jd nabung emas gak perlu lagi jauh2ke kantor penggadaian. cukup lewat aplikasinya ajah ya. waaah menarik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba praktis kalo aku cari yang transaksinya bisa online kaya gini

      Delete
  12. Tabungan emas pegadaian lagi hangat di perbincangan karena lewat aplikasi saja sudah bisa sudah tersampaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bu, patut dicoba ini lumayan jadi itung-itung nabung tapi bentuknya investasi LM

      Delete
  13. Daku belum coba buka tabungan emas pegadaian kak, masih belum paham sih tata caranya bagaimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini artikelku kan isinya tentang cara bukanya mba, hayoo dibaca

      Delete
  14. Mau nyoba ahh buka tabungan emas lewat pengadaian dengan langkah2 di atas makasii y infonya,, nabung emas lebih simpel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cusss mba yuk kita mulai investasi dengan tabungan emas ini

      Delete
  15. Saya udah punya tabungan emas di pegadaian dong. BUkanya udah dari setahun lalu, tapi saldonya masih yaa, gitu deh, hahaha :D

    ReplyDelete
  16. Wah simple banget buat tabungan emas di pegadaian ya, rencana juga nih nabung emas di pegadaian dan bisa jadi dana darurat buat keuangan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, penting banget loh untuk mulai investasi sejak dini. Yuk mulai sekarang juga

      Delete
  17. Mudah banget ya buka tabungan emas di Pegadaian. Bisa nih buat simoanan ataupun investasi jangka panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, yuk mulai nabung kalo aku sih daripada cuma nyimpen uang di rekening mending invest kaya gini

      Delete
  18. target 2020 harus punya tabungan emas, karena kalau tabunga duit jajannya mudah ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kak, tabungannya mulai dari 10 ribu juga bisa kok

      Delete
  19. dulu 2015 belum ada pegadaian digital, saya buka rekening tabungan emas offline dengan langsung ke kantor cabang. kalo sekarang makin canggih, untungnya pegadaian berinovasi, apply tabungan emas bisa lewat aplikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, saya pilih yang bisa transaksi online jadi bisa kapan aja dan dimana aja

      Delete
  20. Mba shyntako, aku pun bulan lalu udah buka tabungan emas ini. Asyik banget loh, mulai dari 7 ribuan aja Udah bisa nabung (Setelah buka pertama).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa kan kak, oke banget yaa nabung tapi sebenarnya investasi. Aku sih yes.

      Delete
  21. Ooh ada pilihan emas UBM ya, saya pikir emas Antam saja. Berarti sekarang sudah lebih variatif layanan di Pegadaian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kita dikasih pilihan mau cetaknya nanti emas UBM atau emas Antam

      Delete
  22. Pernah baca waktu itu masih manual. Sekarang sudah sudah bisa via online investasi emas di Pegadaian ya. Udah ada aplikasinya jug. Mengikuti perkembangan dan kebutuhan Pegadaian. Makin ingin punya jg. Mudah2an.
    Pilihannya juga sudah bervariasi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, saya pilih online jadi praktis bisa kapan aja dan dimana aja nabung emasnya

      Delete
  23. Aku belum pernah buka tabungan emas di pegadaian ini, Kemarin pernah ikut arisan emas di sana. Alhamdulillah prosesnya aman. Sekarang pegadaian makin berinovasi dalam menyediakan produk-produk yang bermanfaat bagi konsumennya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aman ya mba kemarin ikut arisan emasnya? Yuk coba lagi tabungan emas pegadaiannya

      Delete
  24. Jadi ingin coba mba.. Secara duit kalau ngga dibelikan aset gampang banget ambyar.. Ditabung juga dicuilin pake atm. Bisa jadi solusi nih.. Thanks for share yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak biar gak ambyar rekening kita karena bocor alus

      Delete
  25. Thanks for sharing this, Mbak.
    Say aemang ada niatan buat bikin tabungan Emas di Pegadaian.
    Ternyata gampang banget ya...hanya dowload application, register dan bisa nstart dengan 50rb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cukup terjangkau untuk mulai buka tabungan emas ini

      Delete
  26. Sekarang bisa semudah itu ya?
    Udah lama pingin invests emas di pegadaian, tapi selalu ga sempet
    Semarang Alhamdullilah bisa Pakai apps

    ReplyDelete
    Replies
    1. YUk mba mulai invest emas karena prkatis bisa pake apps

      Delete
  27. Sekarang saya baru paham tentang tabungan emas, dan ternyata cukup mudah ya mbak.. 😊 bisa jadi pertimbangan nih untuk investasi. Thanks for share mbak ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah banget mbak, yuk kita mulai nabung dan invest emas ini, karena kalo duit cuma nangkring di rekening biasanya sering bocor alus dan ambyar

      Delete
  28. Saya sudah daftar dong, hehe. Lumayan buat invest

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaaay, semangaat mba nabung emasnya biar bling-bling bertabur emas

      Delete
  29. Langkahnya mudah banget ya Mbak. Praktis pula. Jadi kalau mau buka tabungan emas di pegadaian digital cukup daftarnya lewat aplikasi saja ya. Ok mbak, thanks informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba praktis jadi bisa nabung kapan aja dan dimana aja, plus terjangkau juga nabungnya mulai 10 ribu

      Delete
  30. Terima kasih Mbak informasinya langkahnya praktis juga ya buka tabungan emas di Pegadaian bisa pakai aplikasi digital. Jadi makin penasaran pengen nyoba.

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah aku juga sudah punya tabungan emas dari pegadaian ini. Biaya adminnya sangat ringan dan senengnya kita bisa nabung emas yang tidak terlalu terpengaruh dengan inflasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kalo pilih investasi itu harus pertimbangin inflasi jadi yang bisa sih nutupin inflasinya

      Delete
  32. Saya juga sudah punya tabungan emas
    Cara bikinnya mudah sekali memang bahkan memudahkan nasabahnya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss mba, selamat menabung dan menimbun emas LM yaa

      Delete
  33. Tampilan bukunya sekarang beda yaa, bagus euy. Saya udah punya, buka tabungannya pas awal awal banget dulu. Seingat saya warna bukunya putih hijau gitu.

    Met menabung yaa mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kak, selamat nabung emas biar kita cukup menimbun emas yaa jangan menimbun lemak

      Delete
  34. Aaaakk, asik nih Mbaaa. Makin banyak alternatif buat investment.
    Apalagi Pegadaian kan reputasinya cihuy banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaa cusss, biar kita punya segudang emas batangan

      Delete
  35. Simple bener ternyata buka rekening tabungan emas di Pegadaian. Dan bisa juga dicairkan sewaktu-waktu. Tapi mending enggak dicairkan jika enggak perlu. Emas termasuk tinggi imbalnya euy..beneran menguntungkan jadi investasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, akupun tertariknya karena nilainya oke

      Delete
  36. Semudah itu?
    Udah lama pingin invest emas di pegadaian karena lebih flexible, eh dipermudah dengan on line
    Mau ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ambu, mudah dan murah juga karena bisa start dari 10-50 ribu nabungnya

      Delete
    2. iya mbak, semudah itu. Saya udah dari kapan hari buka tabungan emas di Pegadaian. Cuma nambah setorannya lagi nih yang belum. Wkwkwkk

      Delete
  37. udah punya dan mau cetak bukunya nih. biar kece ada buku tabungan gak cm dalam bentuk digital. ahaha... gampang banget yaa caranya

    ReplyDelete
  38. Aku nasabah tabungan emas ini. Untuk jangka panjang, bagus investasi gini. Kelihatan hasilnya.

    ReplyDelete
  39. Lumayan kalau bisa investasi emas ya. Menjadi tabungan jangka panjang.

    ReplyDelete
  40. Wuih, aku baruuuu aja tadi searching tentang ini. Dan pas banget Nemu pegadaian. Eh di sini nemu juga. Aku jadi kepikiran kepengen buka tabungan inj.

    ReplyDelete
  41. Wah pembukaan rekeningnya bisa secara online ya. Memudahkan sekali, apalagi buat yang mager kayak saya ini

    ReplyDelete
  42. Wah, saya baru tahu kalau pegadaian juga punya tabungan. Ini bagus, ini. Dulu saat saya masih sering diminta ke pegadaian mewakili ibu, saya sering bertemu para perempuan yang mengandalkan periuk nasinya dari membantu menggadaikan. Kadang, uang mereka banyak, lho, karena selalu ada orang yang enggan menggadai sendiri.
    Lha kok malah ingat mereka.

    ReplyDelete
  43. Aku juga suka beli emas di pegadaian. Tapi belum pernah buka tabungannya di sana. Bagus nih program pegadaian ini.

    ReplyDelete
  44. Sepertinya awal td saya salah tpt commwnt hihi
    Tulisan imi membuat saya tertarik unt invest emas
    Tercerahkan hehe

    ReplyDelete