Bermain Bersama Dino Dengan Play Curio

by - November 21, 2020

Rasa-rasanya, hampir semua anak menyukai dinosaurus. Termasuk anak lelaki kesayanganku, yang sejak dulu fans garis keras dinosaurus. Dia suka banget tuh main play role jadi arkeolog yang menemukan fosil dino.

Bermain adalah cara terbaik dan menyenangkan untuk belajar. Anak-anak bisa menyalurkan energinya yang besar dengan bermain, dan membuat mereka merasa bahagia. Selain itu, bermain juga bisa menambah pengetahuan dan membuat anak belajar saat menghadapi masalah.

Mengenal Dunia Fauna & Dinosaurus

Ternyata, bermain bersama anak itu penting loh. Sedih loh rasanya kalo anak protes bahwa dia kangen main bareng kita. Tapi, terkadang orang tua suka membuat sesi bermain menjadi tidak menyenangkan!

Orang tua terkadang lupa esensi dari sebuah permainan, yaitu merangsang naluri anak untuk bereksplorasi. Jadi, kita gak bisa tuh hanya sekedar menemani anak bermain. Ada 3 hal penting yang harus diingat yaitu adanya interaksi, partisipasi dan keterlibatan.

Kita tidak bisa hanya menemani mereka, sementara kita tetap sibuk dengan gadget. Menurut psikolog anak, setidaknya luangkanlah waktu minimal 10 menit setiap harinya untuk bermain bersama anak.

Manfaat Bermain Bersama Anak

Senang ya melihat si kecil sedang aktif-aktifnya? Mumpung nih masih masa work from home, kita punya banyak kesempatan untuk bermain bersama anak. Ternyata banyak sekali loh manfaatnya bermain bersama anak, yaitu

Membuat kenangan masa kecil yang memorable

Waktu tidak akan pernah terulang kembali. Mari kita buat kenangan masa kecil yang indah untuk anak. Ayo, kita seringkali kan mengabadikan momen spesial anak? Memori masa kecil yang indah akan menjadi kenangan yang gak terlupakan bagi si kecil.


Bermain bersama anak dapat membantunya meningkatkan skill interaksi sosialnya. Dan ada fakta yang menarik nih moms, ternyata balita yang sering diajak bermain bersama oleh orang tuanya cenderung menunjukkan sikap yang lebih sopan saat memasuki usia sekolah.

Membangun bonding yang kuat dengan anak

Selama bermain, kita jadi lebih banyak tahu loh tentang kehebatan dan keunikan si kecil. Jangan kaget ya, kita bahkan bisa amaze sama cara berpikir mereka yang kadang out of the box. 


Selain itu, membiasakan ngobrol dengan anak di sela-sela bermain juga bisa menjadi kebiasaan positif loh. Anak merasa didengarkan dan diperhatikan. Sehingga mereka akan menjadi anak yang terbuka sama kita sebagai orang tuanya.


Serunya Bermain Play Curio
Meningkatkan hormon bahagia

Hati yang bahagia itu adalah daya tahan tubuh yang paling ampuh di masa pandemi ini. Bermain dan tertawa bersama membuat kita dan si kecil bahagia loh. Saat bermain, kita bisa menunjukkan kasih sayang kita pada si kecil. Hal ini dapat meningkatkan hormon oksitosin yang membuat kita merasa bahagia.

Membantu Mengembangkan Bakat Anak

Saat bermain bersama anak, kita jadi lebih memahami bakatnya. Kaya anakku nih, sejak balita sudah sukanya mainan yang tipenya bisa di-rebuild. Dan, pas main bareng, saya amaze loh lihat hasil karya dia membuat Lego. Cita-citanya memang pengen jadi ahli robotik katanya!

Ide Seru Bermain Bersama Anak di Rumah

Menyenangkan ya melihat si kecil bisa bebas beraktivitas di luar rumah sebelum pandemi ini. Pasti mereka juga merindukannya dan bisa jadi merasa jenuh juga selama di rumah aja. Tapi, sebagai orang tua kita harus banyak akal nih. Berikut beberapa ide seru bermain bersama anak di dalam rumah:

Membuat Mainan D-I-Y Sendiri

Waktu itu, memang ada tugas untuk membuat prakarya, jadilah aku berkreasi membuat Foosball D-I-Y bareng anakku. Lumayan loooh, bisa kita simpan dan mainkan sewaktu-waktu. Caranya juga mudah banget kok tinggal ikutin video tutorialnya aja. 


Main Foosball ini bisa jadi salah satu aktivitas seru bermain di rumah loh, Moms! 

Bermain Peran Bareng Si Kecil

Untuk moms yang punya anak lelaki, kita bisa ajak mereka main peran loh. Kaya anakku tuh, kita suka pura-pura lagi jadi arkeolog yang berpetualang mencari fosil dan telur dinosaurus. Atau moms yang anaknya perempuan, inget kan dulu gimana serunya main masak-masakan? Nah, bisa dipraktikkan nih sekarang sama si kecil.

Bermain Gadget Bareng

Untuk bermain gadget, pastinya kembali ke kebijakan parenting moms di rumah masing-masing ya. Tapi, kali ini saya mau share nih main gadget yang fun tapi juga edukatif dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR).


Satu Set Kartu AR Play Curio Safari

Play Curio merupakan produk asal Korea berupa kartu belajar observasi alam yang bisa dimainkan bersama si kecil di rumah dengan memanfaatkan teknologi AR. Satu set Play Curio Safari terdiri dari 4 jenis fauna dengan total 64 hewan.


Harga 1 set Play Curio Safari ini juga bersahabat loh ternyata karena lagi ada promo nih! Cukup menyiapkan budget 9800 won atau sekitar 125 ribuan saja kita bisa memberikan pengalaman bermain dengan gadget yang menyenangkan loh.


Permainan ini bisa dimainkan oleh anak berusia 3 hingga 7 tahun yang memang sedang masa-masanya memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Anak-anak bisa mengetahui seluk beluk setiap hewan. Bonusnya, Play Curio Safari ini bisa melatih anak-anak mengenal berbagai kosa kata dalam bahasa Inggris.  


Ini dia nih fitur yang akan jadi favorit semua anak, kita bisa mendekor area bermain di rumah menjadi kebun binatang virtual dengan fitur AR Zoo. Pasti seru ya, kita bisa mengajak anak berdiskusi sambil mengamati gerak-gerik hewan yang seolah berseliweran di dalam rumah kita!


Kalo anakku, sudah pasti deh seri kartu favoritnya ya seri dinosaurus. Seru kan, serasa memelihara dinosaurus dirumah loh! Nah, untuk moms yang tertarik untuk tahu lebih lanjut tentang Play Curio ini bisa kirim email ke contact@play-curio.com ya. 

You May Also Like

0 Comments