Bermain Bersama Dino Dengan Play Curio

by - November 21, 2020

Rasa-rasanya, hampir semua anak menyukai dinosaurus. Termasuk anak lelaki kesayanganku, yang sejak dulu fans garis keras dinosaurus. Dia suka banget tuh main play role jadi arkeolog yang menemukan fosil dino.

Bermain adalah cara terbaik dan menyenangkan untuk belajar. Anak-anak bisa menyalurkan energinya yang besar dengan bermain, dan membuat mereka merasa bahagia. Selain itu, bermain juga bisa menambah pengetahuan dan membuat anak belajar saat menghadapi masalah.

Mengenal Dunia Fauna & Dinosaurus

Ternyata, bermain bersama anak itu penting loh. Sedih loh rasanya kalo anak protes bahwa dia kangen main bareng kita. Tapi, terkadang orang tua suka membuat sesi bermain menjadi tidak menyenangkan!

Orang tua terkadang lupa esensi dari sebuah permainan, yaitu merangsang naluri anak untuk bereksplorasi. Jadi, kita gak bisa tuh hanya sekedar menemani anak bermain. Ada 3 hal penting yang harus diingat yaitu adanya interaksi, partisipasi dan keterlibatan.

Kita tidak bisa hanya menemani mereka, sementara kita tetap sibuk dengan gadget. Menurut psikolog anak, setidaknya luangkanlah waktu minimal 10 menit setiap harinya untuk bermain bersama anak.

Manfaat Bermain Bersama Anak

Senang ya melihat si kecil sedang aktif-aktifnya? Mumpung nih masih masa work from home, kita punya banyak kesempatan untuk bermain bersama anak. Ternyata banyak sekali loh manfaatnya bermain bersama anak, yaitu

Membuat kenangan masa kecil yang memorable

Waktu tidak akan pernah terulang kembali. Mari kita buat kenangan masa kecil yang indah untuk anak. Ayo, kita seringkali kan mengabadikan momen spesial anak? Memori masa kecil yang indah akan menjadi kenangan yang gak terlupakan bagi si kecil.


Bermain bersama anak dapat membantunya meningkatkan skill interaksi sosialnya. Dan ada fakta yang menarik nih moms, ternyata balita yang sering diajak bermain bersama oleh orang tuanya cenderung menunjukkan sikap yang lebih sopan saat memasuki usia sekolah.

Membangun bonding yang kuat dengan anak

Selama bermain, kita jadi lebih banyak tahu loh tentang kehebatan dan keunikan si kecil. Jangan kaget ya, kita bahkan bisa amaze sama cara berpikir mereka yang kadang out of the box. 


Selain itu, membiasakan ngobrol dengan anak di sela-sela bermain juga bisa menjadi kebiasaan positif loh. Anak merasa didengarkan dan diperhatikan. Sehingga mereka akan menjadi anak yang terbuka sama kita sebagai orang tuanya.


Serunya Bermain Play Curio
Meningkatkan hormon bahagia

Hati yang bahagia itu adalah daya tahan tubuh yang paling ampuh di masa pandemi ini. Bermain dan tertawa bersama membuat kita dan si kecil bahagia loh. Saat bermain, kita bisa menunjukkan kasih sayang kita pada si kecil. Hal ini dapat meningkatkan hormon oksitosin yang membuat kita merasa bahagia.

Membantu Mengembangkan Bakat Anak

Saat bermain bersama anak, kita jadi lebih memahami bakatnya. Kaya anakku nih, sejak balita sudah sukanya mainan yang tipenya bisa di-rebuild. Dan, pas main bareng, saya amaze loh lihat hasil karya dia membuat Lego. Cita-citanya memang pengen jadi ahli robotik katanya!

Ide Seru Bermain Bersama Anak di Rumah

Menyenangkan ya melihat si kecil bisa bebas beraktivitas di luar rumah sebelum pandemi ini. Pasti mereka juga merindukannya dan bisa jadi merasa jenuh juga selama di rumah aja. Tapi, sebagai orang tua kita harus banyak akal nih. Berikut beberapa ide seru bermain bersama anak di dalam rumah:

Membuat Mainan D-I-Y Sendiri

Waktu itu, memang ada tugas untuk membuat prakarya, jadilah aku berkreasi membuat Foosball D-I-Y bareng anakku. Lumayan loooh, bisa kita simpan dan mainkan sewaktu-waktu. Caranya juga mudah banget kok tinggal ikutin video tutorialnya aja. 


Main Foosball ini bisa jadi salah satu aktivitas seru bermain di rumah loh, Moms! 

Bermain Peran Bareng Si Kecil

Untuk moms yang punya anak lelaki, kita bisa ajak mereka main peran loh. Kaya anakku tuh, kita suka pura-pura lagi jadi arkeolog yang berpetualang mencari fosil dan telur dinosaurus. Atau moms yang anaknya perempuan, inget kan dulu gimana serunya main masak-masakan? Nah, bisa dipraktikkan nih sekarang sama si kecil.

Bermain Gadget Bareng

Untuk bermain gadget, pastinya kembali ke kebijakan parenting moms di rumah masing-masing ya. Tapi, kali ini saya mau share nih main gadget yang fun tapi juga edukatif dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR).


Satu Set Kartu AR Play Curio Safari

Play Curio merupakan produk asal Korea berupa kartu belajar observasi alam yang bisa dimainkan bersama si kecil di rumah dengan memanfaatkan teknologi AR. Satu set Play Curio Safari terdiri dari 4 jenis fauna dengan total 64 hewan.


Harga 1 set Play Curio Safari ini juga bersahabat loh ternyata karena lagi ada promo nih! Cukup menyiapkan budget 9800 won atau sekitar 125 ribuan saja kita bisa memberikan pengalaman bermain dengan gadget yang menyenangkan loh.


Permainan ini bisa dimainkan oleh anak berusia 3 hingga 7 tahun yang memang sedang masa-masanya memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Anak-anak bisa mengetahui seluk beluk setiap hewan. Bonusnya, Play Curio Safari ini bisa melatih anak-anak mengenal berbagai kosa kata dalam bahasa Inggris.  


Ini dia nih fitur yang akan jadi favorit semua anak, kita bisa mendekor area bermain di rumah menjadi kebun binatang virtual dengan fitur AR Zoo. Pasti seru ya, kita bisa mengajak anak berdiskusi sambil mengamati gerak-gerik hewan yang seolah berseliweran di dalam rumah kita!


Kalo anakku, sudah pasti deh seri kartu favoritnya ya seri dinosaurus. Seru kan, serasa memelihara dinosaurus dirumah loh! Nah, untuk moms yang tertarik untuk tahu lebih lanjut tentang Play Curio ini bisa kirim email ke contact@play-curio.com ya. 

You May Also Like

38 Comments

  1. wah seru banget pake fitur AR, pasti anak-anak jadi lebih suka bermain sambil belajar juga ya Bun :D

    ReplyDelete
  2. Aku di rumah lagi seneng main kartu Uno, dulu sering juga waktu anak masih kecil bermain bersama pake fitur AR gini. Sekarang udh pada gede mainannya beda lagi. 😁

    ReplyDelete
  3. Aku paling suka bermain peran. Dan yang paling disukai peran detektif dan penjahat.

    Memang seru sih bermain bersama anak-anak.

    ReplyDelete
  4. Seru banget emang main sama si kecil. Banyak pesan edukatif yang tersampaikan dan bonding juga makin lekat 😘

    ReplyDelete
  5. Nanti ketika anak udah pada besar pun momen bermain ini yang ngangenin. Beras awaktu cepet banget berlalu. Padahal rasanya masih pengen main sama anak

    ReplyDelete
  6. Play Curio menarik banget si mom, penasaran dengan kebun binatang virtual dengan fitur AR Zoonya kaya apa.. Terima kasih sharingnya ya ^^

    ReplyDelete
  7. Bener Teh, Ponakan daku mah waktu kecil demen banget sama main dinosaurus, sampai waktu ke perpusnas (sebelum pandemi) dikasih bacaan dino dia serius bacanya 😁

    ReplyDelete
  8. Dinosaurus masih jadi hewan favorit untuk permainan anak-anak ya dari dulu... Pengen beli buat si dedek besok nih.

    ReplyDelete
  9. Lah sama mba. Anakku juga suka banget sama dinosaurus. Apalagi habis nonton filmnya good dinosaur. Pagi siang malam minta dino mulu hihi. Lucu nih kayaknyaa mainannya. Pasti ngga bosen2 si bocil

    ReplyDelete
  10. Solusi nih biar anak main gadget tapi tetap ada "isinya" ya gak sekedar nonton youtube aja tapi ada wawasannya

    ReplyDelete
  11. Ternyata affordable banget harganyaaa
    cuma 125K dan kita bisa bermain asyiikkk bareng anak.
    Waahh ini sih quality time yg bikin kita enjoy banget!

    ReplyDelete
  12. Kalau aku sekarang agak menghindari maianan yang kecil model kartu gini. Entah kenapa di rumah tuh sering banget ilangnya.

    ReplyDelete
  13. Aku pernah liat ini waktu ada pameran di BSD. Bagus sekali untuk anak-anak belajar :)

    ReplyDelete
  14. Wah, asyik sekali ya, bermain pakai AR gini. jadi ingat zaman dulu kalau ada yang pulang haji dapat mainan yang menyenangkan terkait indera mata. Ini zadoel sekali.
    Tapi konsepnya agak mirip dengan mengikuti perkembangan teknologi, tentunya.
    yang penting harga masih terjangkau.

    ReplyDelete
  15. Anaku juga punya mainan dino dan telurnya. Semua anak menyukai si dino ini.
    Produk dr Play curio harganya sangat terjangkau banget, 125rb bisa mendapatkan permainan yg penuh edukasi dan bonding.

    ReplyDelete
  16. Wah menyenangkn sekali, bisa bermain sambil belajar. Anak anak gak bakalan nolak kalo diajak mai Play curio..

    ReplyDelete
  17. Lucu ya kak mainan anak anaknya. Main sambil belajar deh jadinya biar anak anak betah, bisa juga nih buat kasih kado :3

    ReplyDelete
  18. Bermain memang salah satu hal penting dalam fase perkembangan anak ya..sehingga tak boleh kita lalai akan hak anak utk bermain. Dan saya penasaran nih dg play-curio ini..cari2 info lagi ah..

    ReplyDelete
  19. bagus ya permainannya mbak. dunia anak memang dunia bermain ya jadi memang tugas kita memberikan fasilitas bermain yang bermakna bagi anak anak terutama anak dalam masa usia dini

    ReplyDelete
  20. Selama di rumah aja orang tua emang harus lebih kreatif yah dalam menciptakan berbagai macam permainan supaya anak makin betah. Seru banget nih kayaknya main Play Curio bareng anak-anak

    ReplyDelete
  21. jaman sekarang banyak sekali penggunaan AR di kehidupan sehari2 ya mbak, semakin canggih saja semakin hari :)

    ReplyDelete
  22. Bisa jadi solusi bermain setelah sekian lama di rumah saja pasti bosan dan perlu sesuatu yang beda dan menarik ...

    ReplyDelete
  23. pas banget lagi play program di rumah lagi bahas soal zoology ada dinosaurus nya juga bisa melalui play curio safari nih

    ReplyDelete
  24. Wow canggih nih mainannya pakai fitur AR Zoo. Pasti bocil bakal antusias main sambil belajar ini.

    ReplyDelete
  25. Aku belum ada anak tapi kadang main sama Keponakan. Macem-macem, mulai dari masak-masak, gambar sampai gadgetan bareng. Lucu juga kalau main Dino Play Curup Safari

    ReplyDelete
  26. anakku karena anak cewek nggak begitu suka main dinosaurus. sukanya main boneka. anak cowok sulung, dulu waktu dia masih kecil belum musim mainan dinosaurus. dia mainannya kereta api thomas

    ReplyDelete
  27. Anak2 terutama anak laki laki biasanya hobi sama dinosaurus. Anak2 saya juga suka walau lebih suka mobil mobilan

    ReplyDelete
  28. Play Curio, harganya lumayan terjangkau ya, jadi ajang memperkenalkan hewan kepada anak-anak. 64 macam lagi! Ke kebun binatang aja capek muterin semuanya hehe..

    ReplyDelete
  29. anakku juga suka Mbak main lego, kalau buat bentuk-bentuk itu pasti selalu berbeda, gak pernah buat sesuatu yang sama di lain waktu, suka dino juga dia, anak cowok ya gitu.
    pengen cariin Curio Safari juga ah, pasti senang banget dia ini kalau dikasih mainan seperti ini :)

    ReplyDelete
  30. Anak anak zaman sekarang mainannya pada canggih ya, sudah gak zaman 2 atau 3D skrg pada pake AR gini

    ReplyDelete
  31. Mainan ini bikin kita jadi nggak main gadgetmelulu ya Mbak
    Anak-anak maupun adek-adek jadi bertambah wawasannya. Jadi penasaran lebih lanjut mau beliin ponakan seru kayaknya

    ReplyDelete
  32. Paling seru bermain bersama anak ini karena adanya interaksi, partisipasi dan keterlibatan.
    Bermain menggunakan Play Curio, semua aspek bisa terpenuhi. Mama pun happy.

    ReplyDelete
  33. I love playing with the kids and most of the time I try to make some times to play with my munchkins at home. Thank you for sharing all these beautiful ideas

    ReplyDelete
  34. Seru banget nih bermain Dino bersama Play Curio Safari ya. Sayang anakku udah terlalu gede nih, padahal ini ibunya yang malah penasaran pengin nyobain. :))

    ReplyDelete
  35. Wah mainan anak Korea hehe.
    Sekarang mudah juga didapatkan di sini ya mbak?
    Bener sekali anak2 kadang gak terlalu peduli apa yang dimainkannya asalkan bisa bareng emaknya aja udah sangat senang, tercipta bonding yang baik yaaaa

    ReplyDelete
  36. Ih lucu ya gambar Dinonya. Anak-anak di rumah bakalan suka deh. Kepengen lihat detail cara mainnya deh. Nyari di Youtube ah. Cari-cari harga dan belinya juga :D

    ReplyDelete
  37. waaa seru banget deh ini kayanya, kebetulan keponakan aku lagi suka banget sama dino dino kaya gini, pasti seneng nih hihihi, lucu dinonya

    ReplyDelete
  38. bermain bersama dengan anak memang sangat penting ya, anakku juga salah satu penyuka dino hihihi seru banget kl sudah mempraktekkan dino suara atau jalan dino

    ReplyDelete