Resep Lezat Bakwan Caisim Kobe Untuk Si Kecil

by - October 31, 2021

Ayo, siapa coba yang suka ngomel kalau anaknya kabur pas disuruh makan sayur? Hahaha, harap bersabar ya Moms, ini ujian! Padahal, sayur dan buah-buahan mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan selama masa pertumbuhan loh.

Alhamdulillahnya sih sejak masa MPAsi, aku tuh tim emak-emak yang rajin ngeblend beraneka sayur dan buah-buahan untuk anakku. Alhasil, anakku sekarang menjadi anak yang gak pilih-pilih makanan. Atau istilahnya picky eater ya, Moms.

Bayangin aja, zamannya MPAsi, aku tuh rajin bikin pure zukini, brokoli, labu kabocha, bayam, pisang, apel, alpukat, wortel. Dan sesekali di mix dengan ati ayam atau ikan untuk lauknya. Tapi, tetap konsultasi dengan dokter anak ya. Biasanya ak memperkenalkan satu jenis pure dulu selama 3 hari agar anak terbiasa dengan rasanya. Kalau anak gak ada gejala sembelit, diare atau alergi, baru deh berani nyoba di mix.

tips mengatasi anak susah makan sayur
Cara Ampuh Menghadapi Anak Yang Susah Makan Sayur

5 Tips Ampuh Mengatasi Si Picky Eater Yang Susah Makan Sayur

Moms, ternyata ada loh cara ampuh mengatasi anak yang susah makan sayur, jangan dimarahi ya nanti justru dia makin menjadi gak suka sayur sampai dewasa loh! Ayo, siapa coba yang pernah ngancam si kecil yang susah banget disuruh makan sayur? Atau jangan-jangan ada parents yang pake cara 'nyogok' makanan or mainan biar si kecil mau makan sayur?

 1. Sajikan sayuran/buah sejak kecil. Nah, trik ini pas banget kaya yang aku contohin di atas ya Moms. Jadi, sedari masa MPAsi, anak sudah dikenalkan dengan rasa sayuran dan buah-buahan. Nah, kalo momen ini sudah terlewati, gada kata terlambat kok Moms, yuk mulai kenalin dan beri contoh kepada si kecil bahwa kita juga makan sayur dan buah-buahan.

2.  Jelaskan manfaat sayur melalui teknik mendongeng. Anak-anak senang sekali mendengar dongeng yang dibacakan orang tuanya. Nah, kita sebagai smart parents bisa banget nih menyelipkan cerita tentang sayuran dan manfaatnya saat memnbacakan dongeng untuk si kecil.

3. Tawarkan beraneka sayuran. Jangan emosi dulu ya Moms, saat anak memuntahkan sayuran yang kita berikan. Kuncinya adalah sabar dan konsisten, tawari berbagai macam sayuran, sampai anak menyukai sayuran favoritnya. Jangan lupa berikan pujian untuk memotivasi si kecil ya.

4. Jadilah contoh yang baik. Tunjukkan bahwa kita sebagai orang tua menikmati makan sayur-sayuran. Ajak si kecil makan sayur bersama. Anak tentunya akan mencontoh perilaku orang tuanya kok lambat laun.

5. Be creative! Nah, smart moms bisa nih membuat kreasi makanan berbahan dasar sayur untuk menarik minat anak makan sayur. Misal, si kecil sangat suka dengan omlet, kita bisa loh menyelipkan beberapa jenis sayuran seperti wortel dan brokoli sebagai campuran omletnya. Nah, special buat smart moms, aku mau share nih resep lezat yang dijamin bakal bikin anak-anak ketagihan makan sayuran.

Resep Lezat Bakwan Caisim Kobe

Siapa sih yang gak suka bakwan? Sebagai orang Indonesia, gorengan bakwan pastinya sudah sangat familiar kan. Nah, kali ini kita bikin resep bakwan yang bahan utamanya caisim atau sawi hijau. Salah satu sayuran yang dijamin gak bakal lagi dihindarin sama anak-anak deh kalo pake resep ini, Moms!

resep bakwan caisim kobe
Resep Bakwan Caisim Kobe

Kobe Tepung Bakwan Kress terbuat dari racikan bumbu alami dan tanpa bahan pengawet untuk membuat aneka variasi perkedel dan bakwan. Tepung Kobe ini tuh diolah dengan teknologi modern sehingga menjamin kerenyahan hasil gorengan kita loh. Dijamin gak kalah kress sama abang tukang gorengan dan pastinya jauh lebih sehat karena dibuat pake cinta ya, Moms!

Rasanya gurih dan gak pahit, jadi pasti anak-anak pasti suka deh. Tekstur Bakwan Caisim Kobe ini garing banget, jadi cocok juga buat dijadiin cemilan untuk si kecil. Tinggal sediain cocolan saos kesukaan si kecil deh, kalo untuk anak-anak yang sudah agak besar bisa divariasikan juga sih dengan BonCabe. Ini namanya Bakwan Next Level!

Manfaat Caisim Bagi Kesehatan

Caisim memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk si kecil, mulai dari Vitamin A, Vitamin B-6, Vitamin C, Magnesium, Kalium , Sodium dan serat. Apalagi kalo diolah jadi Bakwan Caisim Kobe, bisa-bisa ini jadi menu favorit baru si kecil loh.

  • Mencegah obesitas dan diabetes. Memang sih anak yang gemuk itu sungguh menggemoykan ya, tapi jangan sampai obesitas ah Moms. Caisim bisa mengurangi penumpukan kolesterol jahat, bebas lemak, dan baik untuk yang mengalami kelebihan berat badan.
  • Mencegah penyakit jantung. Kandungan Beta karoten dan glucosinolate dalam Caisim ternyata bisa mencegah penyakit kardiovaskular loh!
  • Mencegah kanker. Caisim mengandung antioksidan dan zat katalase yang jika dimasak akan menghasilkan molekul bioaktif yang dapat mencegah sel kanker. Wow, harus rajin makan Caisim nih.
  • Mencegah penyakit asma dan Alzheimer. Kandungan asam sinamat pada Caisim berfungsi untuk anti peradangan dan mencegah kerusakan sel di otak.
Nah, sekarang sudah punya jurus ampuh kan untuk mengatasi anak yang susah makan sayur? Selamat mencoba ya, Moms! 

You May Also Like

50 Comments

  1. hai, thanks sudah mampir di blog yoayoproject. Silakan berkomentar dan baca-baca artikel lainnya juga boleh. Yang gak boleh itu nulis link hidup di kolom komentar ya. Thank you

    ReplyDelete
  2. Kobe selalu berkreasi dalam bumbu masakan Indonesia, memang benar sayuran penting dan perlu pembiasaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Kobe tuh selalu masuk jadi produk yang masuk ke troli pas belanja bulanan saya sih

      Delete
  3. kerennn.... rajin bikin pure zukini, brokoli, labu kabocha, bayam, pisang, apel, alpukat, wortel, demi kesehatan ananda

    saya juga selalu paakai Kobe, karena Kobe menjadi yang pertama memproduksi tepung bumbu di Indonesia, rasanya enak dan komposisi rasanya pas.

    ReplyDelete
  4. Banyak juga ya manfaat caisim!
    baru tahu kalau Caisim mengandung antioksidan dan zat katalase yang jika dimasak akan menghasilkan molekul bioaktif yang dapat mencegah sel kanker.

    Mau rajin makan caisim ah, apalagi pake tepung Kobe, pasti lezaaatttttttttt

    ReplyDelete
  5. Baru tau ada kreasi bakwan pakai sawi hijau, biasanya pakai wortel, kecambah sama kubis. Dan praktis masaknya ya mbak pakai tepung Kobe. Pasti renyah dan gurih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya biasanya wortel, mainstream banget emang hahaha.
      Eh pakai kubis itu enak ya Mba, kubis doang digoreng krispi aja enak, nyam.
      jadi pengen cobain ini juga, kebetulan ada tepungnya di rumah :D

      Delete
  6. Lihat fotonya saja, udah kebayang enaknya, hehehe. Memang tepung kobe ini enak, lo. Buat bakwan jagung juga enak. Bisa buat dikreasikan memang tepung ini, tuh.

    ReplyDelete
  7. Mau coba nih bakwan caisim hehe. Kalau kobe selalu kami pakai. Memang enak bakwannya kl pake tepung kobe hehe

    ReplyDelete
  8. Kami pecinta tepung Kobe karena renyah gurihnya beda, tapi selama ini kalaupun dibikin bakwan rasanya masih pakai sayuran yang standar aja. Jadi kepingin nyobain juga nih, buat variasi asupan sayuran anak-anak yang pasti suka karena tepung bumbunya udah familiar

    ReplyDelete
  9. Asiknya tepung kobe ini selain harga murah, takaran sachetnya pas banget. Gak kekurangan, gak kelebihan. Habis begitu sekali digunakan.

    ReplyDelete
  10. Wah pas banget, beberapa waktu lalu, saya beli produk KObe, hadiahnya Kobe Tepung Bakwan Kress, dan pas juga di kulkas ada caisim, mau coba ah besok.
    Bagus juga buat camilan sehat anak-anak :)

    ReplyDelete
  11. Wah aku tuh paling suka gorengan nih ,,tapi belum pernah coba bikin bakwan sayur apalagi bakwan caisim pake tepung Kobe. Jadi pengen praktek besok ah..asli ngiler liat foto bakwan caisim Kobenya..

    ReplyDelete
  12. Caisim dibuat bakwan. Dimana bakwan memang makanan favorit sejuta umat. Termasuk golongan anak-anak. Ya pasti doyan mereka.

    Apalagi tepungnya pake Kobe. Wes tah lah. Kaum dewasanya juga bakal rebutan sih. Hehehhe

    ReplyDelete
  13. kalau dikreasikan dengan tepung kobe, anak2 jadi lebih lahap makan sayur, ya

    ReplyDelete
  14. Tepung Kobe jadi andalanku buat masak, bikin gorengan garing dan gurih. Jadi pengen nyoba caisim buat bakwan juga ini

    ReplyDelete
  15. Saya kira bakwan itu bakso kak. Hehhe. Kalau di tempat saya bakwan itu bakso sih. Eh ternyata beda. Bisa saya coba nih kak resepnya.

    ReplyDelete
  16. Aku waktu zaman MPASI anakku lebih milih bikin sendiri juga mbak, biasanya beras merah campur susu, favorit anakku dulu resep MPASI dari prof Agus. Nah sekarang lagi seneng bikin cemilan, produk kobe di rumah banyak aku mbak segala tepung putih, pisang goreng, tempe kriuk sampe bakwan ahaha

    ReplyDelete
  17. Jadi ibu-ibu tuh musti kreatif dan banyak akal ya. Dulu, jaman anak saya masih kecil-kecil, saya sering stok wortel mini yang memang terkenal manis dan enak. Diserut lalu dimasukkan ke bubur atau nasi tim. Sejak itu anak-anak saya jadi doyan sayur terutama wortel.

    Nanti pengen coba ah bumbu KOBE ini. Buat bakwan sayur kelihatannya pas.

    ReplyDelete
  18. Caisim ini pakcoy ya Mba? Belum pernah nih saya bikin bakwan caisim selama ini cuman dibikin oseng atau sayur aja. Boleh juga nih nanti cobain bikin di rumah pakai tepung Kobe.

    ReplyDelete
  19. dapat ide baru nih bikin bakwan pakai sawi caisim, terimakasih mba bsa jadi alternatif nih buat anak saya yang kadang makannya agak picky eater jg

    ReplyDelete
  20. Nah bener nih anak semakin dipaksa maka akan semakin membenci makan sayur, karena itu saya mencoba beberapa cara positif yang bikin anak doyan makan sayur.

    ReplyDelete
  21. Belum pernah bikin nih daku bakwan varian seperti itu Teh.
    Mau ah coba juga resepnya, biar jadi menu nikmat nih bakwan Caisim

    ReplyDelete
  22. Beberapa ponakanku ada yg picky eater mbaaa
    mamanya pusiiing kreasi menu
    alhamdulillah, ini ada ide brilian nih
    makasii makasii

    ReplyDelete
  23. waahh mantap nih ide masaknya bunda, apalagi sayur termasuk makanan yg peer bgt buat anak kecil. klo udah dijadikan bakwan kriuk begini, jd lebih menarik juga buat saya hehehe

    ReplyDelete
  24. Gorengan selalu enak, ya. Disukain semua umur. Pas banget untuk anak yang susah makan sayur. Dibikin gorengan biasanya bakal suka

    ReplyDelete
  25. Waaa kita samaan nih selalu mengkreasikan sayur dalam bentuk bakwan. Anak-anak selalu mau makannya tapi kalau dikuah entahlah selalu ada aja alasan, tapi kalau bakwan cepat habis sekejab

    ReplyDelete
  26. Yummy ini ngeliatnya hehe, bakwan caisin kobe sudah rasanya lezat, sehat juga ya soalnya pakai sayuran hihi. Enak nih ngemil ini sekeluarga!

    ReplyDelete
  27. Wah, tipsnya boleh juga nih Bun, kebetulan si Kakak lagi GTM, susah makan. Dan sekarang pilih-pilih gak mau sayur huhu.. nnti dicoba selipkan manfaat sayur pada cerita/ dongeng. Makasih bun

    ReplyDelete
  28. Alhamdullilah mpo sedari kecil suka sayuran. Apalagi bakwan sayur. Habis Mpo embat apalagi pakai sambal kacang

    ReplyDelete
  29. Ngga sengaja udah nyobain tepung Kobe varian yang ini, waktu belanja bulanan ke super market. Ternyata memang enak nih anak2 di rumah pada suka :D

    ReplyDelete
  30. eh .. ternyata caisim bisa buat bakwan juga ya, biasa aku buat campuran mie saja, pengen coba ah ... bikin caisen bakwan

    ReplyDelete
  31. bakwannya memang enaaak ya mba.. apalagi kalau makannya hangat - hangaat dan ditemani teh hangat jugaa

    ReplyDelete
  32. wah, resepnya patut dicoba ini. Kalau anakku Saki, enggak gitu rewel sih makan sayur, cuma belum pernah aku kasih caisim, jadinya emang suka nolak kalau dikasih sayur caisim. Kalau di tepungin begini, siapa tahu dia juga suka. Makasih ya mbak

    ReplyDelete
  33. Anak saya termasuk yg malas makan sayuran nih mba.
    Baru terpikir setelah membaca ini, caisim bisa diolah jadi bakwan dengan tepung kobe. Membuatnya praktis, anak suka. Makasih tipsnya mba.

    ReplyDelete
  34. Ide bagus mba ini buat anak yang picky sayuran yah jadi pengen coba bikin bawang cantiknya..kobe emang andalan banget sedari dulu aku pake tepung yg satu ini

    ReplyDelete
  35. Wahhh wajib banget cobain nih, anakku suka yang crispy². Makan ini jadi crispy nya Dapet tapi sehat juga ��

    ReplyDelete
  36. Biasanya di rumah bikin bakwan pakai campuran wortel dan kol. Belum pernah pakai caisim. Lain kali nyobain pakai caisin, deh!

    ReplyDelete
  37. Waahh...menarik nih, aku kalo bikin bakwan biasanya ya pake toge dan wortel plus sedikit daun bawang. Ini pake caisim? Mau nyoba bikin juga ahh siapa tau anakku jadi suka juga.

    ReplyDelete
  38. Wah gampang banget resepnya. Mumpung di rumah juga ada sawi hijau jadi pengen nyoba. Salam hangat kak:)

    ReplyDelete
  39. Aku tipe yang percaya bahwa sayur-sayuran ketika diolah dengan tepat, pasti nggak ada istilah anak nggak mau makan sayur. Hehe. Dan resep ini bikin aku pengin cobain langsung, Mbak! :D

    ReplyDelete
  40. Istri saya nyetok Kobe, biasanya untuk bikin tempe tepung atau kadang bikin telur tepung ala RM Padang.

    ReplyDelete
  41. Saya dari kecil udah dibiasakan makan sayur sama mama. Alhamdulillah sampe sekarang masih suka sayur hehe. Cuma memang bener sih kalo anak yg gak suka sayur tuh sebagai ibunya kita harus pintar2 cari ide masakan yg bisa dia sukai tp ttp bergizi yaa

    ReplyDelete
  42. Kobe Tepung bakwan kress memang andalan bikin bakwan enak. Praktis, tinggal tambah sayuran saja. Selain caisim pakai bayam juga enaaak...

    ReplyDelete
  43. Duuh enak nih kayaknya, akupun di rumah kalau bikin bakwan pilihnya tepung bumbu Kobe. Lebih enak, gurih dan renyah..

    ReplyDelete
  44. Wah ini banger yg saya cari nih
    Gimana anak bisa makan sayur dgn senang krn diolah dgn bumbu enak gini.auto nyobain deh sy

    ReplyDelete
  45. emang ya kalau buat anak tuh mesti diakal-akalin biar mau makan sayur. Pilihan dan saran yang tepat mbaa. nanti kucobaa ahhh, bisa jadi cemilan juga kalo lagi nulis hihi

    ReplyDelete
  46. wah anak-anak pasti lahap nih kalo makan bakwa caisim kobe gini, nggak ada lagi kabur gegara makan sayur hehe. buat cemilan juga ok pastinya

    ReplyDelete
  47. Pilihan camilan sekaligus teman makan yang menyenangkan sih si bakwan dengan berbagai pilihan sayuran yang bisa dipilih semisal caisin begini. Apalagi kalau bikinnya pakai Kobe. Rasanya selain kriuk juga gurih.

    ReplyDelete
  48. Bukan hanya anak sih, ini mah emaknya juga doyan wkwkwk paling suka klo bikinnya sore-sore trus dimakan hangat sambil ngeteh dan ngobrol seru bareng anak

    ReplyDelete