Cara Membuat Baju Tie-Dye Kekinian

by - December 28, 2020

Tren fashion tie-dye di Indonesia kembali bertebaran dimana-mana. Tie-dye yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 60-an, kembali digandrungi para pecinta fashion jaman now. Pada masanya, fashion bermotif tie-dye ini populer di kalangan hippies.

Tie-dye merupakan teknik pewarnaan pakaian dengan cara ikat celup atau di Indonesia dikenal dengan teknik jumputan. Jika jaman dulu, tie-dye hanya diaplikasikan di bahan-bahan tertentu, sekarang teknik ini banyak diterapkan di bahan kaos.

Tren fashion ini mulai bermunculan sejak pandemi, dimana orang mencari kesibukan selama dirumah saja. Dan mulailah berkreasi dengan teknik tie-dye. Ternyata, kita juga bisa loh bikin sendiri. Ini dia cara membuat baju tie dye yang kekinian dan hype beast.
cara membuat baju tie dye
Trend Fashion Tie-Dye di Tahun 2020 (source: unsplash.com)

Cara Membuat Baju Tie-Dye

Sekarang kan kita lebih banyak beraktivitas dirumah nih, bisa loh kita berkreasi membuat tie-dye sendiri. Nah, sebelumnya yuk siapkan peralatan dan bahan-bahannya yang umumnya sih ada di rumah, yaitu karet gelang, botol plastik/botol semprotan, pewarna pakaian, pemutih, sarung tangan karet dan fashion item yang akan kita tie-dye.
  1. Siapkan kaos/sweater/hoodie berwarna putih polos. Sebaiknya pilihlah baju yang berbahan katun, rayon atau sutera agar warna bisa melekat sempurna. Sebelum diwarnai, cuci bajunya terlebih dahulu tersebut agar bersih dari noda ya.
  2. Kenakan sarung tangan karet selama proses pewarnaan untuk menghindari terjadinya iritasi kulit.
  3. Agar warna tie-dye tahan lama, rendam baju terlebih dahulu dalam larutan pengawet sederhana selama 30 menit. Kamu bisa membuat sendiri loh, caranya campurkan 250 ml soda abu dengan 4 liter air hangat.
  4. Buat campuran pewarna pakaiannya, lalu pilih 3 warna dasar merah, kuning dan biru. Ada beberapa toko yang menjual pewarna ini dalam bentuk botolan yang siap pakai. Kita juga bisa mencapur ketiga warna dasar tersebut untuk mendapatkan warna ungu, oranye dan hijau. 
  5. Gunakan kreativitasmu dan ikat baju dengan karet-karet gelang. Ingat ya, ikatan tersebut akan mempengaruhi motif tie-dye dan juga mencegah warna bercampur satu sama lain.
  6. Semprotkan botol berisi pewarna pakaian sesuai yang kreasimu. Lalu diamkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk mendapatkan warna pastel, cukup diamkan selama kurang lebih 2 jam. Tapi, jika kamu mau warna yang cerah, diamkan selama kurang lebih dibawah 12 jam. Jika kamu mau warna yang lebih gelap, maka diamkan selama 12 hingga 24 jam.
  7. Langkah terakhir, masukkan baju yang sudah diwarnai ke dalam plastik atau kantong zip lock. Tujuannya agar baju tidak kotor dan warna lebih cepat menyerap ke serat kain.

3 Cara Membuat Motif Baju Tie-Dye Yang Hype Beast

Untuk tampil hype beast dengan baju tie-dye, kita harus pintar memilih motif, model baju dan perpaduan warnanya. Berikut ada beberapa motif tie-dye yang hype beast dan kekinian, yaitu:
  1. Motif Tie-Dye Spiral, cara membuatnya cukup mudah. Letakkan baju di atas permukaan yang rata, lalu cubit/genggam bagian tengah baju dan gulung hingga membentuk spiral. Ikat dengan karet di sekeliling baju hingga menjadi 8-10 bagian. Lalu, semprotkan cat sesuai kreasimu dan masukkan ke dalam plastik. 
  2. Motif Tie-Dye Ombre, untuk membuat motif ombre, kita harus membentangkan baju di permukaan yang rata. Lalu, semprotkan pewarna pakaian pilihanmu dari bawah, dan gunakan kuas untuk meratakan pewarna tersebut hingga ke atas. And voila, kamu akan mendapatkan motif ombre yang indah. Lumayan untuk melatih kesabaran juga nih, guys!
  3. Motif Tie-Dye Firecracker, untuk motif ini cukup mudah, kita hanya perlu menggulung baju secara horizontal dari samping. Lalu, ikat kedua ujung atas dan bawah dengan karet. Semprotkan warna pilihanmu di bagian atas dan bawah.
Bosan dengan outer lama? Yuk kita tie-dye aja! (source: unsplash.com)
Seru juga ya berkreasi dengan tren fashion kekinian ini. Kira-kira apa lagi ya yang bisa kita customize dengan teknik tie-dye? Well, maybe sepatu kanvas putihmu tampaknya sebuah ide fashion yang hype beast nih! Nah, jangan lupa yang gak kalah penting nih, yaitu perawatan baju-baju tie-dye kita. Cucilah pakaianmu dengan sabun deterjen lembut yang mampu mempertahankan warna cemerlang dari motif baju tie-dye favoritmu.

Saran saya, pakailah Rinso Molto Detergen Cair Perfume Essense. Kombinasi apik dari Rinso cair dan Molto dengan teknologi Smart Foam yang meminimalisir busa. Segarnya perpaduan aroma raspberry dan violet cukup tahan lama. Dan, cuma perlu sekali kucek pakaian bersih dan warna tetap cemerlang. Plus pastinya menjaga kelembutan serat pakaian juga loh! 





You May Also Like

73 Comments

  1. Aku lihat di marketplace sekarang banyak yg jual pakaian dengan motif tie dye ini. Lagi ngetrend ya ternyata. Bikinnya juga nggak repot2 banget, beberapa jam langsung jadi ya

    ReplyDelete
  2. Wah soda abu campur air hangat bs jd pengawet warna ya ..baru tahu nih .��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw aku suka juga dengan model ini lagi ngetrend ya ternyata....praktis juga

      Delete
  3. Waaahh, sering banget nih saya liat konten orang bikin baju tie dye, kapan hari liat di mana ya? hasilnya bagus banget.
    Lagi booming juga kayaknya ya.

    Kalau saya pecinta pakaian corak tie dye, apalagi kalau warnanya dan coraknya unyu gitu.

    ReplyDelete
  4. Iya bener, belakangan ini ngetrend sangaatt ya baju tie dye ini.
    Daku juga jadi pengin bikin DIY
    Bisa menyesuaikan selera kita kan, motifnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, ada polanya, yang kain dilipat persegi, atau diikat-ikat bulat, pernah liat di IGnya siapa ya kemaren itu, asyik juga sih, bisa bikin sendiri, warna dan motifnya, terus dibikin baju, kayaknya keceh :D

      Delete
    2. Dan ofkorss lebih puasss kalo bikin customized gitu kaan
      Limited editian banget ceunaahh

      Delete
    3. iya, motifnya pasti beda-beda karena dikerjakan dengan tangan dan tergantung pola lipatan juga, bener-bener limited edition

      Delete
  5. Kalau anak muda cocok dengan model pakaian begini. Kalau buat emak emak di desa?
    Berharap sih bakal ada tutorial baju tie dye gini tapi buat gamis
    Wkwkwkwkkk... Bisa ga ya?

    ReplyDelete
  6. Setujuuu, yang enggak boleh lupa adalah perawatan baju-baju tie-dye kita. Pnting mencuci pakaian dengan sabun deterjen lembut yang mampu mempertahankan warna cemerlang dari motif baju tie-dye favorit biar awet dipakainya

    ReplyDelete
  7. Wah terimakasih sharingnya mba. Baju tie dye emang enak diliat, nyeni, dan cantik. Btw, artikelnya faedah banget n keep on writing♥

    ReplyDelete
  8. jadi kebayang nih campur-campurin warna lalu, voilaaaa berubah deh jadi tie dye ya Hype ya Mbak, seruu pasti niih kalau buat sendiri ya, jadi bangga dengan buatan sendiri :D

    ReplyDelete
  9. Wah ternyata ada beberapa triknya ya biar baju tie dye hasilnya bagus. Sekarang kan lagi ngehits banget nih motif tie dye, kalo bikin sendiri kayaknya lebih seru

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu Mbak kalau teknik celup itu namanya tie dye. Motif gitu mirip gak sih sama baju-baju dian pelangi? Arau seperi batik khas Kalsel yang sasirangan?

    ReplyDelete
  11. Anakku pernah bikin kaos tie dye nih, kreatif dia. Ternyata ga terlalu sulit hahaha yang penting niatnya. Motif tergantung sama lipatan dan ikatan bahan serta warna. Makanya lucu2 ya dipakainya hihihi :D

    ReplyDelete
  12. Keliatannya seru kalau bikin sendiri. Sepertinya butuh tutorial nya nih kak.. Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem Kak, saya juga jadi penasaran dan pengen coba sendiri teknik celup, tie dye ini :)

      Delete
  13. Benar Kak sekarang lagi hits banget fashion dengan corak Tie-dye ini. Dari kemarin pengen coba bikin, tapi takut gagal. Hahaha

    Ntar saya pengen coba ikutin tips ini, semoga saja bisa berhasil. :)

    ReplyDelete
  14. Lagi ngetrend ya baju2 tie dye...pengen nyobain bikin sendiri sepertinya seru banget deh

    ReplyDelete
  15. Dulu mengenal motif ini dengan nama 'jumputan' kalo sekarang ngetrend ya istila tie dye ya.. TFS mba, mudah2an ku bisa nyoba buat sendiri..

    ReplyDelete
  16. Wuiih kreatif bgt nih selama pandemi bikin ginian ya. Aku ga pernah kepikiran bikin jumputan buat baju2. Boljug nih kalo bosen sm warna baju2 yg lama

    ReplyDelete
  17. Waaah bisa jadi kegiatan seru selama di rumah saja ya. Aku suka motif2 tie dye. Terlihat santai & gaul.

    ReplyDelete
  18. wah kereen.. kalo bosen sama baju yang ada skr, ini bisa jadi solusi nih ^^ thank you sudah berbagi DIY baju tie dye yah

    ReplyDelete
  19. Motifnya bisa kita bikin beda biar tampak lain ya. Baju lama bakal tampak seperti model baru nih

    ReplyDelete
  20. Kalau membuat tie dye sendiri sebenarnya memang bagus karena bisa berkreasi sendiri, tapi kalau daku malasnya pas mencampurkan pewarnanya haha.

    ReplyDelete
  21. kepikiran jilbab dibuat motif tie dye, ada ga sih?
    aku duluuu waktu kecil pernah buat sapu tangan tie dye pakai wenter. heheh jadul banget yak.

    ReplyDelete
  22. mirip shibori ya?

    saya juga masih suka bikin tie dye kalo ada baju yang terkena noda, tapi masih senang memakainya. Walau gak selalu berhasil sih :D

    ReplyDelete
  23. Wah aku kmrn dapat paketan utk bikin baju tie dye nih tapi blm aku bikin hahaha, kyknya ntr buat anak2 aja supaya mereka hepi berkreasi bikin2 di rumah :D

    ReplyDelete
  24. aku baru mau bikin nih mba, pas banget dapet kiriman busy box tie die t shirt gitu, makasi lho infonya, besok langsung eksekusi.

    ReplyDelete
  25. Aku belum pernah nyoba bikin sih.. Kurang PD pakai baju motif tie dye hehehe tapi ngga ada salahnya kapan-kapan dicoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kalau bikin sendiri entah kenapa gak bisa sebagus yang kalau perajin beneran yang bikin ya?
      Mungkin kurang kreatif atau gak bakat nyeni aj haha

      Delete
  26. motif tie dye ini banyak beredar dimana ya mbak, sampe sprei juga mulai di buat motif tie dye ini ahahaa kl ada cara bikinnya mending bikin drpd beli ya, jatuhnya juga lebih murah

    ReplyDelete
  27. Aku kepengin punya motif tie-dye inih tapi belum kesampaian. Kayaknya asik juga yah bikin sendiri? Perawatannya kudu pakai detergen yang ramah ke serat kain dong yah...

    ReplyDelete
  28. Waaah ternyata jg gampang-gampang susah sih bikinnya haha.. makin banyak motifnya ya makin kreatif jg yg buat, kereen deh!

    ReplyDelete
  29. wiiih asik banget nih baju tie dye ini emang lagi hits banget ya akhir akhir ini, kalo bisa bikin sendiri jadinya lebih bangga makenya hihi

    ReplyDelete
  30. Pernah beberapa kali lihat video bikin baju tie dye gini, tapi belum pernah praktek. Bikinnya kayaknya mudah, perawatan agar setelah jadi, warnanya nggak luntur ini yang susah

    ReplyDelete
  31. Kayaknya mau coba tapi pakai kaos lama aja. Jadi kalo salah ga nyesel...wkwkwk...Atau kain 1X1 m aja bisa untuk kerudung...Trims sharingnya

    ReplyDelete
  32. Motif tie dye itu unik banget menurutku, apalagi pas dapat warna yang kalem. Boleh juga sih warna yang ngejreng hehe.

    ReplyDelete
  33. Saya pernah mengikuti workshop pembuata n TIE DYE ini. Langkah-langkah sungguh menarik dan menantang serta menuntut imajinasi. Details banget pengerjaannya. Tapi begitu lihat hasilnya? Waahh seneng banget

    ReplyDelete
  34. I saw this tie dye fabrics everywhere indeed. Thanks for all the steps mba

    ReplyDelete
  35. Keren warnanya mbak...ternyata bisa buat sendiri ya. Pantas saja saat ini bertebaran baju motif tie dye, tertanya emang lagi trend ya...jadi pengen ubah baju polos dengan motif tie dye...

    ReplyDelete
  36. wah, makasi tipsnya. jadi pengen bikin juga nih bagus motif tie dye. sekarang lagi tren ya....aku pengen warna2 yang soft. kelihatan mudah sekali bikinnya..

    ReplyDelete
  37. Motif Tie-Dye yang kekinian ini memang cantiik sekali.
    Aku liat beberapa yang berani berekspresi, hasilnya memang TOP banget.

    ReplyDelete
  38. Lagi hits banget ya motif Tie Dye ini mulai dari pakaian sampai masker juga banyak yang motif ini.

    ReplyDelete
  39. Kreatif banget deh yang bisa bikin baju tye dye ini. Aku karena di rumah aja jadinya pake baju seadanya wkwkw.

    ReplyDelete
  40. Memang lagi hype ya motif tie dye ini..Waktu ini beli baju rumah motif ini dan suka dengan desainnya. Ternyata bikin sendiri pun bisa ya. Dan pasti lebih pas nyucinya kalau pakai Rinso Molto Detergen Cair Perfume Essense.

    ReplyDelete
  41. Iya nih, saat ini kok tie dye kembali naik daun yaa.. Bahkan digunakan untuk setelan baju wanita, yang bisa untuk piyama sekaligus buat jalan-jalan itu lho mbaaa..

    ReplyDelete
  42. Beberapa tren fashion di era dulu, ternyata masih diminati saat ini ya, salah satunya adalah gaya tie dye ini. Kalo mau bikin sendiri pun bisa dilakukan di rumah.

    ReplyDelete
  43. Wah skr makin booming yak kak... Dulu tahun 2015 aku pernah dikasih kaos warna ciprat2 gitu, ala-ala baju pantai kupikir. Belakangan, baru kutahu kalau namanya teknik tie-dye ....

    ReplyDelete
  44. Dari kemarin mau coba bikin tapi belum keturutan, kayaknya seru nih buat aktivitas bareng anak

    ReplyDelete
  45. Aku pengen nyoba nih untuk sprei di rumah. Dari kemarin udah pesen pewarna tekstil di marketplace

    ReplyDelete
  46. Wah sepertinya mudah buatnya, tp gak tahu juga klo prakteknya. Hehe.. Jadi pingin coba. Bbrp kali liat teman pake motif gini kok cantik juga ya

    ReplyDelete
  47. Ya ampun, daku kudet. Ga ngerti dan ga ngeh dengan trend yang satu ini. Huhu. Jadi dapat insight baru deh ini. Thanks, Mba Syntako, jadi terinspirasi nih akyu. Hehe.

    ReplyDelete
  48. Saking hype nya metode pewarnaan ikat celup ini dulu, di sekolah saya diajarkan dan praktek membuatnya. Tapi memang waktu itu bikin cuma untuk pemenuh tugas saja sih, belum pernah coba untuk pakaian yang dipakai sendiri

    ReplyDelete
  49. Motif tie dye ini emang fresh aja ngeliatnya ya Mbak... Saya punya lho gamis tie dye sama mukena tie dye, cantik bangett. Kl kotor, no nyucinya pake Rinso dong ^^

    ReplyDelete
  50. Tie dye tuh sama nggak sih dengan shibori? aku pernah ikut pelatihan membuat batik shibori beberapa tahun lalu. Hasilnya lumayan sih. Aah, jadi pengen bikin lagi deh

    ReplyDelete
  51. jadi inget prakarya jaman sekolah dulu. ternyata sekarang jadi tren. tau gitu dari dulu saya praktekkan terus dan dijadikan peluang usaha. kan lumayan yaa..

    ReplyDelete
  52. Pernah belajar tp di kain 1X1 m aja sih. Akhirnya kainnya kupakai kombinasi u baju tunik. Bagus aja jadinya...
    Penasaran pengen nyoba warna lain. Tiap percobaan jadinya beda lagi sih...

    ReplyDelete
  53. Makin kreatif dengan tutorial ini. Hehe.. sepertinya simpel tapi unik baju tie dye...keren

    ReplyDelete
  54. Asik kali ya kalau semua warna berpadu. Jadi pengen bikin, banyak kaos di rumah nih, daripada nganggur juga. Siapa tahu malah jago bikin tie dye dan jadi penghasilan haha

    ReplyDelete
  55. Lagi happening banget yak tie dye inii. Seruu juga kalau bikin sendriii. Padu padan warnanya itu lhoo lucuu

    ReplyDelete
  56. Wah baru tahu kalau ini sekarang ngetren lagi dulu anak-anak pernah praktek ini bersama teman-temannya

    ReplyDelete
  57. Soda abu itu apa ya mba, taunya soda api..😆 belinya di toko apa ya mba, maaf kudet nih

    ReplyDelete
  58. Sering lihat nih kreasi baju tie dye di tiktok kayanya gampang banget ya bikinnya, seru buat mengisi waktu luang juga tapi belum berani coba bikin sendiri

    ReplyDelete
  59. Ternyata anak muda bnyk yah yg jd penggemar tie dye..kupikir yg usia 40 taun keatas. Krn kan model baheula itu

    ReplyDelete
  60. Baca ini aku jadi teringat kalau ada bahan-bahan pewarna untuk membuat baju tiedye ini. Cuma belum sempat eksekusinya nih, lihat perpaduan warna tiedye tuh cantik-cantik banget.

    ReplyDelete
  61. wah asik banget bikin kaos tie dye, apalagi buat anak2 pasti seneng deh aku belum pernah coba. beli kaos sama pewarnanya dulu nih

    ReplyDelete
  62. saya pernah nyoba bikin tie dye juga, tapi sebutannya shibori... ngiket karetnya mesti kenceng banget kalo enggak kenceng, motifnya enggak jadi... huhuhhuhu

    ReplyDelete
  63. Nah iya, lagi happening banget ya tie dye ini. Padahal ini fashion zaman duku hehehe ternyata najk daun lagi. Jadi ingt bertahun lalu bikin tie dye sama teman2 komunitas craft

    ReplyDelete
  64. keren juga teknik pewarnaan tie dye.. tinggal pinter-pinter mengatur motif dan warnanya...

    ReplyDelete
  65. Motif tie dye ternyata bisa diciptakan dengan tiga teknik ya. Dari tiga teknik tersebut menghasilkan corak yang beragam. Kalo saya punya jilbab motif tie dye pemberian teman yang punya usaha ini.

    ReplyDelete
  66. Tye dye awal muncul fashion hijabers hits banget, digawangi desainer muslimah Dian Pelangi. Aku sempat kooeksi pasmina sampai kulot dulu

    ReplyDelete