Resep Rahasia Bisnis Kuliner Ala William Gozali

by - September 18, 2020

Guys, selama pandemi ini kalian lebih sering order makanan melalui ojek online gak sih? Haha, to be honest aku sih sering banget! Alhasil timbangan jadi betah di sebelah kanan nih. Tapi, artinya bisnis kuliner di masa pandemi tuh tetap survive loh.

Nah, pas banget tuh kemarin aku ikutan FunTalk #AyoMajuBersama Homecredit Bareng William Gozali dengan topik Resep Jagoan Bisnis Makanan. Pastinya kenal dong sama William Gozali, chef dan content creator yang sukses bisnis kuliner bernama Sunny FatDay.


FunTalk #AyoMajuBersama Homecredit

Menurut WillGoz, bisnis kuliner itu akan selalu dilirik karena selalu ada konsumennya. Buktinya aja, di masa pandemi gini lebih banyak konsumen yang order via ojek online. Apalagi di masa PSBB gini, banyak tempat makan pun harus tutup mengikuti protokol kesehatan.

Ada dua hal utama yang harus dipertimbangkan sebelum kita ikut-ikutan latah bisnis makanan. Rasa dan Harga! Ibarat dua sisi mata uang, keduanya sama-sama penting. Keduanya bisa menarik konsumen sekaligus bisa juga sebaliknya.

William Gozali memutuskan menjadi chef karena dia terkesan sama masa kecilnya yang harus makan makanan rumah dan jadinya suka banget sama masakan mamanya. Dari situ, dia jadi terinspirasi untuk belajar jadi chef dan gimana caranya mengolah makanan jadi super delicious!

Jeleknya bisnis kuliner di Indonesia, kita tuh suka latah. Sebut aja boba, martabak kekinian, kopi. Just because kuliner-kuliner tersebut lagi hits, bermunculanlah banyak kuliner yang jualan itu. Tapi, kadang ya gitu asal ikut-ikutan aja. 

Padahal kita paham dong, kesan pertama tuh penting banget. Mereka yang suka latah berbisnisnya jadinya kurang memikirkan dari segi rasa, kualitas produknya sampai packagingnya. Rasa adalah raja, man!

tips bisnis kuliner online
Tips Sukses Bisnis Kuliner Online

William Gozali bilang hari gini memang kita harus manfaatin social media. Bikinlah akun brand kuliner kamu di instagram. Aktif bikin konten dan promosiin kuliner kamu. Sesekali boleh juga loh kita siapin budget untuk endorse influencer dan selebgram.

So, untuk kamu yang memang passionnya di bisnis kuliner, #AyoMajuBersama di masa pandemi ini. Jangan pernah menyerah, tapi pastikan kamu punya perhitungan bisnis yang bijak juga ya.

Jujur, aku aja jadi ketagihan loh nonton FunTalk #AyoMajuBersama Homecredit. Karena topiknya menarik dan obrolannya light banget. Ikutin akun instagram @homecreditid untuk update FunTalk minggu depan ya.

Spesial nih buat kamu, iya kamu yang ketinggalan sesi FunTalk #AyoMajuBersama Homecredit Bareng William Gozali nih kalian bisa tonton ya di IGTV @homecreditid.



You May Also Like

50 Comments

  1. Aku pun lbh sering order by gofood sejak pandemi��. Wah bener bgt teh, sekarang bisnis kuliner banjir bgt. Tp nggak semua yg care sama cita rasa n kualitas. Jd kdg abis sekali beli aku malas untuk repeat order. Thanks sharingnya teh

    ReplyDelete
  2. Ikhlas adalah hal yang sulit, tapi harus kita lakukan. Yang terpenting adalah menekankan kepada para konsumen bahwa menu-menu yang kita jual ini sudah sesuai protokol kesehatan yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  3. Betul banget kalau rasa adalah raja. Banyak tuh yang ikut-ikutan karena lagi booming. Kalau aku, jika buka usaha ya milih yang memang aku suka dan bisa bikin rasanya enak

    ReplyDelete
  4. Banyak memang yang beralih profesi ke bisnis kuliner sekarang ini karena bisa dikerjakan dari rumah ya. Tapi memang kalau asal buka aja, bisa-bisa gak bertahan lama, banyak yg harus diperhatikan seperti poin-point di atas. Setuju sekali!

    ReplyDelete
  5. Bener banget nih, aku lihat bisnis yang tetep bisa jalan di masa pandemi ya kuliner ini. Karena pangan masih masuk kebutuhan pokok sih ya. Mungkin sekarang harga jadi pertimbangan banget

    ReplyDelete
  6. Bisnis kuliner lagi booming di masa pandemi ini, tapi memang butuh strategi-strategi juga ya buat mengembangkan bisnisnya ya.
    Karena saking banyaknya yang melirik bisnis ini, jadinya kudu butuh inovasi lebih buat bersaing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan salut banget sama Home Credit yang mengadakan fun talk bermanfaat kayak gini, dengan pembicara yang kece pula :)
      Ini membantu banget buat para pengusaha kecil di bidang kuliner, terutama di masa pandemi gini :)

      Delete
  7. Kalau ditanya soal jajan makanan pakai ojek online, iya banget nih. Melepas rindu sama menu menu yang dulu sering dimakan dine in sekarang belum berani datang ke sana.

    Nah, sepakat soal Rasa adalah Raja. Kalo sampe konsumen kangen sama menunya, berarti rasanya sudah ok.

    ReplyDelete
  8. Semenjak pandemi, aku juga jadi sering pesan makanan karena kangen dine-in di restoran favorit. Keren tips-tipsnya Willgoz, aku banyak belajar masak dari channel youtube-nya dia.

    ReplyDelete
  9. wuah mantab nih..
    memang godaan mau beli makanan selain tau rasa nya, tapi juga karena promo .

    ReplyDelete
  10. Nah iya banget masa pandemi ini mulai banyak yang latah bisnis rumahan dan go online, memang aman dan nyaman.
    Setuji, Harga dan Rasa adalah hal yang perlu diperhatikan. OKonsumen bakalan repeat order kalo keduanya pas dilidah dan dihati yaaa.

    ReplyDelete
  11. iya ya, rasa dan harga. Bermain di keduanya ini tantangan banget bagi pelaku UMKM bidang kuliner.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah di masa pandemi begini banya orang yang senang memesan via online karena simple ya dan tak perlu kontak atau pergi-pergi tapi tetap butuh tips yang joss biar produsen dan kosnsumen sama-sama senang.

      Delete
  12. Memang di masa sekarang ini para pemilik usaha harus bener-bener manfaatkan media sosial untuk promosi yaaah, karena sekarang mah semuanya sudah serba online

    ReplyDelete
  13. aku suka nontonin channel youtubenya wigoz, asik cara masaknya, simple, rsepnya enak.

    ReplyDelete
  14. Aku suka memasak dan melihat resep2 baru di inet. Tp belom jago-jago bgt sih klo masak

    ReplyDelete
  15. Betul banget, bisnis kuliner mah gak ada matinya. Selalu eksis biarpun di masa pandemi karena semua orang butuh makan. Tinggal pinter2 aja bikin resep yang rasanya enak atau enak banget dan itu rasa kudu konsisten. Naaahhh rasa yang konsisten itu siy blom ada di masakanku...ahahha...yakali bisa konsisten, aku masaknya aja lebih sering bahan dan bumbu suka2 apa yang ada di kulkas...masih bisa dihitung jari resepku yang ditulis pake takaran2 jelas. Heheheh. Yang pasti bidang apapun sekarang harus memanfaatkan media sosial dan kerjasama secara online, klo mau tetep survive plus produknya lebih dikenal banyak orang.

    ReplyDelete
  16. Semenjak pandemi ini rasanya setiap hari didapur terus sambil liat tips dan resep resep masakan, ehh pas masak jadi terinspirasi buat bisnis kuliner online deh hehe

    ReplyDelete
  17. Salah satu chef favoritku, Punya citi khas sendiri. Janji jiwa toast yg collab sama doi jugaa enak bgt

    ReplyDelete
  18. Bisnis kuliner kekinian dengan inovasi yang kita miliki, ini bisa bikin perkenalan untuk para penikmat kuliner.
    Tips bisnis kuliner agar makin cuan walau sedang pandemi, keren FunTalk.

    ReplyDelete
  19. menurutku kalo bisnis makanan tuh soal rasa kudu diutamakan yah, mbak. baru deh setelahnya bisa menyentuh soal marketingnya..

    ReplyDelete
  20. nambah ilmu baru nih kemaren aku ngikutin juga livenya homecredit bareng willgoz hihihi, salah satu youtuber yang aku rajin tonton nih videonya hihihi

    ReplyDelete
  21. Wah bisa bgt dipraktekin nih kak, beneran pgn bgt mulai bisnis kuliner tp suka bingung mulai darimana😭

    ReplyDelete
  22. Yes, point pentingnya di rasa, banyak promo, aktif sosmed dan ramah ojol. Itu sih yang aku rasakan ketika pernah buka usaha. Walau saat pandemi ternyata kena imbasnya juga hehe

    ReplyDelete
  23. Empat tips bisnis kuliner yang wajib dicatat nih. William Gozali salah satu pakar yang memang oke ya. Liat sharingnya juga bisa jadi insight buat kita.

    ReplyDelete
  24. Setuju banget kalau makanan yg dijual harus ramah ojek online, apalagi di masa pandemi kayak gini

    ReplyDelete
  25. Waah tipsnya sepakat banget aku. Intinya melek digital dan teknologi yaa. Poin rasa adalah raja juga bener banget, harus bisa jaga rasa. Akupun semasa berbisnis kuliner juga ekstra menjaga hal itu

    ReplyDelete
  26. Topiknya mantap banget sih kak? Kapan ada lagi ya? Orang awam boleh juga ah ikutan dengerin?

    ReplyDelete
  27. Jadi inget dulu pernah bikin rumah makan, jadi sedikit banyak tau lah suka duka bisnis kulier ini. Beneran sekarang mah bisnis apa pun harus aktif di media sosial ya... hehe..

    ReplyDelete
  28. Dari sisi penjual, order via gofood memang meningkat di masa pandemi.

    ReplyDelete
  29. Jujur aku kalau kulineran sekali rasanya nggak pas di lidah nggak aku ulangi mbak, rasa emang nomer satu ya kalau bisnis kuliner ini

    ReplyDelete
  30. Itu acaranya Talkshow gitu ya bukan live demo masak? Kapan ya ada acara kayak gitu lagi?

    ReplyDelete
  31. Aku dong, jadi rajin pesen makanan via ojek online. Cuma ya gitu. Kadang dapat yang rasanya nggak sesuai harapan. Kalo udah dapat yang cocok, ya itu-itu lagi pesennya.

    ReplyDelete
  32. Yess... kalau mau laris bisnis kuliner memang sekarang kudu atur strategi, coz pesaing banyak :) tapi sekali sukses BOOOm deh :)

    ReplyDelete
  33. Keren banget ya Chef WillGoz ini. Tips-tipsnya mantap dan wajib diterapkan nih oleh para pengusaha makanan. Apalagi para newbie di tengah pandemi. Biar bisa maju dan tetap survive

    ReplyDelete
  34. Bisnis makanan masih prospek kok apalagi yang online. Aku juga pengen merambah ke bisnis ini :D

    ReplyDelete
  35. Bener banget aku setuju sama chef wil pokonya. Apalagi berbisnis ditengah pandemi gini lagi ramai-ramainya maka dari itu kita yang punya bakat terutama masak gini harus banget nih di show up

    ReplyDelete
  36. Wah keren-keren banget ya tipsnya. Emang sih bisnis kuliner itu modal gak terlalu besar tapi untungnya bisa berkali-kali lipat. Cocok ih untuk yg bisa masak

    ReplyDelete
  37. Aku juga tertarik bisnis kuliner cuma harus dipikir secara matang dulu biar ga asal ikutan aja.. biar long lasting, ga cuma musiman hehe

    ReplyDelete
  38. Bener banget kak selama pandemi ini makin banyak bisnis kuliner dan laris manis, memang kuniler itu tidak ada habisnya asal rasanya enakn

    ReplyDelete
  39. Bisnis kuliner ini sebenernya jangan asal langsung ngikutin yang viral ya, perlu strateginya biar marketnya tetap ada. Terus ya tentu saja, medsos untuk bisnis termasuk makanan bagus sekali untuk branding

    ReplyDelete
  40. Will goz menginspirasi banget aku suka trus masakan rumahan gitu aku cocok banget yang penting bumbunya musti mantap

    ReplyDelete
  41. Keluargaku sering banget pesen gofood. Apalagi saat pandemi seperti ini, gak bisa kemana-mana dan sering banyak diskon yang menggiurkan hehehhee

    ReplyDelete
  42. di masa pandemi ini bisnis kuliner emang yang paling laris manis ya Mbak, gimana lagi di rumah kan kita tetap butuh makan :D
    seru ya Mbak diskusinya ini jadi banyak ilmu ya yang diperoleh.

    ReplyDelete
  43. Beneran emang, bisnis kuliner itu emang ngga ada matinya. Tapi untuk bertahan juga harus bisa punya value sendiri.

    ReplyDelete
  44. Sebagai salah satu pelanggan tetap pesan makanan via online, setuju banget kalo bisnis kuliner ini menjanjikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi di masa pandemi ini, jadi punya waktu banyak buat berkreasi membuat menu kuliner yang bisa dijual lagi ya

      Delete
  45. setujuuuu hihihi, kebetulan ak juga mulai usaha kuliner rumahan, alhamdulillah diterima pasar. jadi harus tetep semangat.

    ReplyDelete
  46. Aku banget. Jadi sering banget ngegof*od hehe. Tapi jadi sering juga coba resep baru dan sempet kepikiran buat bisnis juga. Tapi belum pede. Hehe

    ReplyDelete
  47. Bisnis kuliner saat ini memang paling menjanjikan, krn kodratnya manusia yg harus makan, biar punya or gak punya uang tetap harus makan, aq juga rencana mau jual2 kuliner

    ReplyDelete